FAQ (Pertanyaan Umum)

Apakah Ilmu Pengetahuan ID menerima kontributor lepas?

Sejauh ini kami belum menyediakan kontributor lepas untuk tulisan di situs ini. Namun, bila Anda ingin memberi sumbangsih dalam mencerdaskan anak-anak bangsa Indonesia, Anda bisa mengirimkan tulisan Anda ke ⇒ “Kirim Artikel.

 

Tema tulisan apa yang bisa dimuat Ilmu Pengetahuan ID?

Sampai saat ini, kami berfokus mengakomodasi 8 kategori ilmu pengetahuan, seperti kategori sosial, biologi, PKn, Umum, Geografi, Fauna, dan kesehatan. Bila Anda ingin mengirimkan tulisan, Anda bisa pilih kategori yang telah kami sebutkan diatas, dan menyesuaikan tema yang Anda sanggupi.

 

Seperti apa kriterian tulisan untuk situs ilmu pengetahuan ID ?

Harus original, belum diterbitkan di media lain, dan tidak plagiat atau copas.

 

Berapa panjang artikel yang memenuhi syarat publikasi?

Panjang artikel minimal 1000 kata dan maksimal 5000 kata. Kami akan menyeleksi dan mengoreksi apakah tulisan yang Anda kirimkan memenuhi syarat publikasi kami.

 

Pencantuman Referensi?

Mencantumkan Referensi adalah wajib bagi seluruh tulisan. Namun dalam beberapa hal tertentu, Anda tidak perlu mencantumkan referensi. Kami akan menilai, apakah tulisan Anda memerlukan referensi atau tidak.

 

Berapa lama saya harus menunggu jawaban editor?

Maksimal 6 hari setelah dikirim (masa hari kerja). Tulisan Anda otomatis tidak kami publikasi jika editor tidak merespons dalam waktu 6 hari.

 

Konten yang termasuk PLAGIARISME?

Ilmu Pengetahuan ID akan terus memperbarui syarat-syarat penulisan agar terhindar dari tuduhan plagiarisme. Kami memakai sejumlah pedoman akademik. Jadi mohon diperhatikan bila Anda berniat mengirimkan tulisan kepada kami:

 

Kriteria Tulisan Plagiarisme?

  • Memasukkan atau menempelkan serangkaian kata atau kalimat yang ditulis oleh orang lain tanpa tanda kutip
  • Mengambil sebagian atau seluruh karya orang lain tanpa keterangan atau sumber
  • Menggunakan data yang dibuat oleh pihak lain, lalu mengklaim sebagai karya pribadi.

 

Hak Cipta

Mayoritas konten yang kami hadirkan berasal dari buku buku pendidikan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, makalah umum, ebook dan riset Author. Kecuali konten yang berasal dari pihak ketiga (kontributor luar).

Untuk kepentingan non-komersil, siapa saja bebas mengutip dari tulisan ilmu pengetahuan ID. Namun dengan syarat, harap memberikan backlink menuju artikel yang telah ia kutip.

Bila ternyata pengutipan konten memiliki tujuan komersil, harap terlebih dulu menghubungi whatsapp +62 888 787 6008