Keanekaragaman Hayati

Diperkirakan lebih dari satu juta spesies hidup atau pernah dihuni planet kita. Kedua jenis tanaman, hewan, jamur, mikroorganisme dan organisme lain merupakan sumber keanekaragaman hayati tak ternilai harganya.

Kegiatan penelitian dan pengumpulan data pada sumber daya alam, yang disebut bioprospecting, terus digalakkan. Ini adalah upaya berkesinambungan untuk kedua pengembangan ilmu alam atau tujuan komersial. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh para ilmuwan yang telah mengikuti perkembangan garis ilmu keanekaragaman hayati, gambaran dari berbagai sumber daya alam.

 

Keanekaragaman Hayati

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tak ternilai. Apakah Anda tahu bahwa spesies tanaman berbunga di dunia dengan pertumbuhan sekitar 10% di Indonesia? Bahkan Indonesia memiliki jumlah tertinggi dari spesies mamalia di dunia, sekitar 515 spesies, 12% dari mamalia di dunia. Dengan sekitar 600 spesies reptil dan 270 spesies amfibi yang, menempatkan Indonesia di posisi ketiga di dunia untuk kekayaan reptil dan manusia keanekaraga- di lima untuk amfibi kekayaan keanekaraaman. Jumlah spesies kupu-kupu di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia, 121 spesies, 44% endemik (Jalal Cape, 2002).

Masih banyak kebutuhan lain yang potensial untuk dieksplorasi dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Hanya cara kita mengelola dan menggunakan potensi ini. Dengan mempelajari keanekaragaman hayati, kami harap Anda tahu potensi kekayaan keanekaragaman hayati, dapat menggunakannya dengan bijak dan berperan aktif dalam melestarikan keanekaragaman hayati untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.


Berbagai jenis keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati mencakup tiga tingkatan, yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis dan keanekaragaman ekosistem.

1. Keragaman gen
Apakah Anda mencoba untuk hati-hati memeriksa fitur yang terdapat dalam paket ayam (Gallus gallus). Jika Anda dapat menemukan perbedaan dalam karakteristik mereka?

Bagaimana dengan warna bulu, jenis kelamin, ukuran tubuh atau bentuk pial (cengger), apakah ada perbedaan? Meskipun kasus ternyata pada ayam masih memiliki beberapa perbedaan karakteristik. Ada bulu ayam hitam, putih, coklat atau kombinasi dari ini. Demikian pula, jenis kelamin, ada pria dan wanita sedikit a. Ada ayam berpial bar, kacang polong berpial (biji) atau mawar berpial (mawar).
Perbedaan dalam fitur termasuk bentuk, penampilan dan sifat individu dalam suatu spesies disebut variasi. Variasi disebabkan oleh perbedaan struktur dan komposisi gen (genotip). sifat-sifat individu yang muncul dan dapat dikenali dari luar disebut fenotip. Individu dalam suatu spesies yang memiliki perbedaan karakteristik dari varietas dikenal. Tingkat keanekaragaman hayati meliputi keragaman gen, spesies, dan ekosistem.

Gen perbedaan struktur kromosom penyebab variasi. Variasi adalah perbedaan dalam bentuk, penampilan, sifat antara individu dari spesies yang sama. Contoh lain dari beras (Oryza sativa). Banyak variasi alam yang kita temukan, mulai dari ukuran telinga, rasa, ketahanan terhadap penyakit, aroma beras dan usia produktif. Banyak varietas padi dibudidayakan dikenal dan masyarakat dengan manfaat dan kelemahan dari sifat spesifik masing-masing varietas sebagai varietas mambe- Ramo, IR 36, IR 64, Cisadane, padi gogo dan lain-lain. Perbedaan besar dalam karakteristik antara individu dalam suatu spesies menunjukkan keragaman gen.
2. Keanekaragaman jenis
Tentu, Anda pernah melihat jagung. Bandingkan bentuk, penampilan dan sifat antara jagung dan padi. Apakah ada perbedaan dalam karakteristik mereka? Tentunya Anda dapat menemukan banyak perbedaan karakteristik antara kedua jenis tanah. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.