Teks Inspirasi : Pengertian, Unsur dan Cirinya

Teks Inspirasi
Teks Inspirasi : Pengertian, Unsur dan Cirinya

Kembali lagi di situs ilmu pengetahuan ID, media edukasi bagi pelajar dan umum yang memuat beragam ilmu pengetahuan. Persis seperti judul telah Anda lihat diatas, kali ini kita akan membahas mengenai Teks Inspirasi. Mulai dari pengertian Teks Inspirasi, Unsur yang terkandung di dalam Teks Inspirasi, dan ciri ciri dari Teks Inspirasi. Semoga dengan uraian materi singkat ini dapat membantu para pembaca dalam memahami hakikat dari Teks Inspirasi.

Langsung saja, simak uraian materi selengkapnya seputar Teks Inspirasi berikut ini.

Baca Juga : Pengertian Teks Debat

a. Pengertian Teks Inspirasi

Teks Inspirasi terdiri dari dua suku kata yaitu teks dan inspirasi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang atau penulis (red-). Sedangkan inspirasi adalah sesuatu yang menggerakan hati, akal dan pikiran. Dari penggabungan dua suku kata tersebut, dapat kita fahami bahwa, teks inspirasi adalah suatu bentuk naskah atau narasi yang disusun dengan tujuan memberi inspirasi, ide, petunjuk, gagasan, ataupun buah pikiran kepada para pembacanya.

Sesuai namanya, teks inspirasi umumnya dikemas dalam bentuk cerita yang inspiratif, menggugah jiwa, dan membangkitkan sisi positif dari dalam diri seseorang. Semakin kuat unsur yang terkandung di dalam teks inspirasi, biasanya akan semakin mempengaruhi para pembacanya, dan berjanji untuk berubah menjadi menjadi lebih baik lagi. Cerita atau teks inspirasi biasanya dapat kita temui dengan mudah pada surat kabar di kolom motivasi dan inspirasi, ataupun di media online seperti website dengan kategori cerita atau kisah.

 

b. Unsur-Unsur Teks Inspirasi

Sebagaimana jenis teks atau kalimat pada umumnya, teks inspirasi juga memiliki beberapa unsur pembentuk, antara lain yaitu :

1. Orientasi

Di dalam teks inspirasi, unsur orientasi mirip dengan muqoddimah atau pembuka dari sebuah buku. Pada unsur ini, biasanya teks yang akan disampaikan mengandung gambaran umum dari inti cerita yang akan disampaikan.

2. Perumitan Peristiwa

Dalam unsur ini, teks inspirasi akan berfokus pada perjalanan kisah para tokoh. Termasuk di dalamnya yaitu peristiwa yang dihadapi para tokoh dalam menuju puncak cerita.

3. Komplikasi

Unsur teks inspirasi ketiga yaitu komplikasi. Pada bagian ini, teks inspirasi akan memasuki inti atau puncak cerita. Di dalamnya, para tokoh akan menghadapi konflik atau permasalahan, dan mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

4. Resolusi

Di dalam teks inspirasi, unsur ini merujuk pada suatu peristiwa yang memberikan faedah, sehingga menyadarkan sang tokoh bahwa ada kebaikan dibalik peristiwa yang ia alami.

5. Koda

Pada teks inspirasi, koda berperan sebagai unsur penutup. Di dalamnya biasanya terkandung pesan moral, faedah, dan kesimpulan dari keseluruhan jalan cerita.

 

Ciri-Ciri Teks Inspirasi

Untuk lebih memahami materi bahasa Indonesia mengenai teks inspirasi, tentu kita perlu mengetahui, apa saja yang menjadi ciri khas atau identik yang umum melekat pada teks inspirasi. Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri dari teks inspirasi yang dapat kita kenali.

1. Teks Inspirasi Mempunyai Judul atau Tema

Teks inspirasi umumnya mempunyai sebuah judul atau tema, yang kemudian dapat dikembangkan menjadi sebuah cerita ataupun kisah yang menarik, berfaedah dan tentunya menginspirasi.

2. Teks Inspirasi Mempunyai 5 Unsur

Teks inspirasi mempunyai 5 unsur pembentuk, yaitu : orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. Kelima unsur ini saling melengkapi dan membentuk satu kesatuan kisah yang komplit dan memberikan inspirasi kapada para pembacanya.

3. Teks Inspirasi Mempunyai Alur

Salah satu ciri dari teks inspirasi adalah mempunyai alur. Alur yang terkandung di dalam teks inspirasi menjadikan para pembaca dapat memahami lebih dalam mengenai peristiwa ataupun kejadian yang sedang berlangsung di dalamnya. Hal inilah yang seakan membuat para pembaca terhanyut di dalam kisah, dan mampu memetik kebaikan atau faedah yang terkandung di dalam teks inspirasi tersebut.

4. Teks Inspirasi Mengandung Pesan dan Hikmah

Bukan sekedar teks biasa, teks inspirasi harus mengandung pesan positif, faedah, dan hikmah kepada para pembacanya. Pesan yang terkandung pun sangat beragam, mulai dari kebahagiaan hidup, pentingnya bersyukur, jangan pernah putus asa, dan pesan-pesan positif lainnya.

5. Bersifat Naratif

Salah satu ciri khas dari teks inspirasi yaitu sifatnya yang naratif. Naratif dalam arti menjelaskan, menceritakan, dan memaparkan kisah atau peristiwa yang dialami oleh para tokoh.

6. Menceritakan Kisah Teladan Kehidupan Seseorang

Sebuah teks inspirasi umumnya menceritakan kehidupan seseorang, yang selama perjalanan hidupnya telah mengalami banyak peristiwa pahit dan manis. Teks inspirasi menjelaskan tentang bagaimana tokoh tersebut menghadapi permasalahan dan bagaimana ia mencari solusinya. Di akhir kisah atau teks inspirasi biasanya disampaikan beberapa kesimpulan ataupun pesan positif yang dapat dipetik oleh para pembacanya.

Editor : Admin Fungsi.net

Baca Juga : Contoh Teks Deskripsi