Ojek Online : Fakta Menarik Seputar Driver Ojol

Ojek Online
Fakta Menarik Seputar Ojek Online

Memasuki era 4.0 perkembangan industri perekonomian semakin ketat dan bersaing. Salah satunya yaitu perkembangan industri transportasi online. Bisa dikatakan, siapa sih warga +62 yang tidak tahu ojek online?  Sistem perojekan online yang kini sangat diminati baik oleh customer, maupun dari pihak driver itu sendiri. Pasalnya, dengan adanya ojek online para customer dapat dimudahkan untuk pergi ke tempat tujuan atau pun sekedar mengantar barang/paket dengan biaya yang relatif murah. Bahkan bukan hanya itu, perusahan ojek online juga bekerjasama dengan tempat-tempat makan atau restoran, sehingga customer yang menggunakan aplikasi dapat dengan mudah memesan menu favoritenya, hanya dengan sentuhan jari.

Tapi tahukah kamu? Dibalik segala kemudahan yang didapatkan oleh customer atau pengguna aplikasi, ada suka duka yang dialami oleh para “pahlawan berjaket tersebut. Berikut di bawah ini adalah beberapa fakta menarik, seputar pahit dan manis kehidupan seorang driver ojol.

Baca Juga : Negara Maju dan Negara Berkembang

Fakta-Fakta Menarik Seputar Driver Ojek Online

1. Banyak Yang Berminat Untuk Bergabung Menjadi Driver Ojek Online

Perlu diketahui, meskipun terkadang profesi sebagai driver ojek online terlihat remeh dan sepele, ternyata ada banyak sekali warga +62 yang berminat untuk bergabung menjadi mitra perusahaan. Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya jumlah pelamar atau pendaftar yang ingin menjadi bagian dari perusahaan aplikasi transportasi online tersebut. Bayangkan saja, tidak sedikit calon driver yang datang ke kantor pagi-pagi buta, dengan tujuan mendapatkan nomor antrian terdepan. Sekali membuka pendaftaran, biasanya perusahaan telah menyediakan ribuan lowongan untuk bergabung menjadi driver ojek online!

Ojek Online
Calon Driver Ojek Online Mengantri

2. Penghasilan Ojek Online

Berbicara mengenai penghasilan ojek online tentu tidak bisa kita samakan dengan mereka yang duduk dikantor, yakni : PNS. Akan tetapi, kamu juga tidak bisa sepele dengan penghasilan mereka. Sebab pasalnya, tidak sedikit diantara mereka yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan jumlah yang bisa dikatakan sangat lebih dari cukup alias Buanyak!! Terlebih lagi bila si driver mendapatkan “ikan kakap, biasanya penghasilan yang didapat bisa sangat besar meski hanya menyelesaikan 5 orderan saja. Bahkan, tahukah kamu? Ada banyak para driver ojek online yang mendapatkan keuntungan super besar dari ngojol, sampai-sampai mampu mengumpulkan modal untuk membuka bisnis usaha secara mandiri! Keren kan? Yuk Ngojol berjamaah. hehe..

Ojek Online
Penghasilan sehari seorang driver ojek online

3. Pemberlakuan Sistem Suspend

Bagi para driver ojek online, pesan suspend adalah notifikasi yang paling tidak ingin dilihat muncul dilayar ponselnya. Sebab, apabila notifikasi atau pemberitahuan pemberlakuan suspend masuk, otomatis si driver tidak akan dapat ngojol dan penghasilan pun tentu tidak akan dapat masuk. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya suspend akun yaitu pelanggaran yang dilakukan driver. Oleh sebab itu, jika kita ingin menjadikan akun kita awet dan sehat plus gacor, sebaiknya hindari pelanggaran-pelanggaran yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan.

Ojek Online
Akun Ojek Online Terkena Suspend

4. Maraknya Penipuan Terhadap Driver Ojek Online

Ini nih yang paling bikin nyesek dan kesel, plus marah. Tidak sedikit para driver ojek online terutama yang masih baru, terkena modus penipuan berupa orderan. Biasanya orderan ini meminta si driver untuk melakukan transaksi pembayaran online dengan menggunakan uang kita. Tentu saja, apabila orderan ini benar-benar jujur, pasti uang si driver akan kembali plus mendapatkan ongkos sesuai dengan tarif yang berlaku di aplikasi. Akan tetapi sangat disayangkan, banyak mereka yang melakukan orderan jenis ini (pembayaran online), menggunakan akun palsu untuk menipu driver ojek online pemula. Oleh sebab itu, para driver baru harus lebih hati-hati, agar tidak terkena modus penipuan oleh customer seperti ini.

Ojek Online
Customer melakukan penipuan terhadap driver Ojek Online

5. Rating Baik Akan Membuat Akun Semakin Gacor

Salah satu istilah paling populer di dunia ojek online adalah GACOR (GAMPANG CARI ORDERAN). Ada banyak sekali faktor-faktor yang membuat akun menjadi gacor. Mulai dari menjaga konsisten waktu ngojol, menjaga performa sesuai aturan yang berlaku, dan termasuk salah satunya yaitu menjaga rating atau komentar agar tetap baik terhadap akun kita. Semakin banyak ulasan positif terhadap kinerja kita, maka akan semakin gacor pula akun kita. Bila Anda tidak percaya, yah tidak papa.. hehe.

Ojek Online
Ulasan Positif terhadap driver Ojek Online dari customer

6. Lagi Hoki Satu Tembakan Ojek Online Bisa Dapat Upah Gede

Berbicara soal hoki atau rezeki, banyak loh para driver yang mendapatkan ikan kakap khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Sekitarnya. Jika lagi beruntung, 1 orderan saja bisa diupah sekitar 100 ribu atau bahkan lebih. Itung aja sendiri kalau dapat 10 orderan kakap sehari. Bisa pesta donk, hehe.

Ojek Online
Orderan Kakap dari Customer pada Ojek Online

7. Customer Yang B*doh

Sedikit menyampaikan kekesalan para driver ojek online kepada sebagian customer yang bod*h. Mengapa dikatakan bod*h? pasalnya, tidak sedikit para pengguna aplikasi yang salah meletakan ulasan. Entah itu memang berniat ditujukan pada si driver, atau pun pihak restoran atau rumah makan. Tapi satu hal yang pasti, banyak driver ojek online yang menjadi salah sasaran terhadap komentar atau ulasan customer b*doh. Ya! tentu saja b*doh. Karena dalam hal ini si driver hanya bertugas mengantarkan pesanan yang di order oleh si custumer. Adapun apabila terjadi kekurangan yang terdapat didalam paket, tentunya hal itu diluar kuasa atau tanggung jawab si driver. Apabila seseorang itu adalah customer yang pintar. Seharusnya ulasan negatif itu tidak ditujukan pada driver, melainkan pada restoran atau rumah makan tempat ia melakukan orderan. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh para customer,, karena dengan satu komentar buruk dari customer, dapat memperburuk kinerja akun si driver, bahkan dapat mengancam akun si driver terkena suspend. Apabila mereka terkena suspend akibat Anda, bagaimana mereka para driver menafkahi keluarganya? Sedangkan kesalahan sebenarnya bukanlah mereka yang melakukan.

Ojek Online
Ulasan yang tidak pada tempatnya

Demikianlah postingan singkat kita kali ini mengenai fakta-fakta menarik seputar driver ojek online. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Terima kasih.

Penulis  : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon Banten

Partner : contoh-contoh.com