Kereta Api Tercepat Di Dunia

10 Kereta Api Tercepat Di Muka Bumi Versi Watpedia
Pexels.com

10 Kereta Api Tercepat Di Dunia

10 Kereta Api Tercepat Di Muka Bumi – Siapa yang tidak tahu mobil Formula 1? Kendaraan ini bahkan mendapatkan julukan jet darat karena kecepatannya. Tapi Tahukah Anda, meskipun mobil Formula 1 ini mendapatkan julukan jet darat, ternyata masih ada kendaraan darat lain yang memiliki kecepatan jauh melebihi mobil Formula 1. Kira-kira Secepat apa kendaraan tersebut? Untuk mencari tahu simak terus artikel ini hingga selesai.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas mengenai kendaraan darat tercepat di dunia. Kendaraan yang berukuran sangat panjang ini tercipta karena terinspirasi oleh salah satu hewan yaitu ular. Benar!! Kereta api. Kali ini kita akan membahas mengenai 10 kereta api tercepat di muka bumi tahun 2018. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak pembahasan kita di bawah ini.

10. THSR 700T (Taiwan)

Di urutan 10 kita memiliki sebuah kereta api produksi Jepang yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 300 km/jam. Kereta api super cepat ini diproduksi oleh perusahaan Jepang oleh Kawasaki Heavy Industries, Nippon Sharyo, dan Hitachi, Ltd. Sebuah insiden kecil pernah dialami oleh kereta api THSR 700T ini. Di mana saat itu, roda satu kereta tergelincir saat melakukan pengereman darurat. Beruntungnya tidak ada yang mengalami luka dalam insiden tersebut. Setelah 1 jam mengalami perbaikan kereta api pun akhirnya sampai di stasiun dengan selamat. ( 4 Maret 2010).

Kereta Api Tercepat Di Dunia
Source : Wikipedia.org

9. ICE 3 / Intercity-Express 3

Kereta api super cepat berikutnya adalah Intercity-Express 3  atau yang disingkat dengan ICE 3. Kereta api ini mampu melesat hingga kecepatan 318 km/jam atau sekitar 200 mph. Berbicara mengenai fasilitas, kereta api ini dilengkapi dengan sebuah panel, yang memiliki huruf putih dan huruf Braille dengan ukuran yang lebih besar dan lebih terlihat. Monitor LCD di antechambers biasa berwarna kuning, diganti dengan monitor LED yang penuh warna dan berukuran lebih besar. Pada monitor tersebut, kita bisa melihat peta, nomor kereta, kecepatan, dan informasi terkait lainnya.

Dan Tahukah Anda? Kereta api ini diproduksi oleh perusahaan konglomerat Jerman yang berkantor pusat di Berlin dan Munich, Siemens.

Kereta Api Tercepat Di Dunia
Kereta Api Tercepat Di Dunia

8. Alstom Euroduplex

Kereta api super cepat ini memiliki panjang 200,19m, dan dilengkapi dengan 556 kursi. Mulai aktif dari tahun 2011-sekarang, kereta api ini melayani rute dari Frankfurt ke Marseille dengan kecepatan laju hingga 320km/jam. Meskipun kereta api ini terdaftar dengan kecepatan 320 km/jam, namun pada 4 Mei 2018, kereta ini mampu melaju dengan kecepatan 357 km/jam, dan  memecahkan rekor kecepatan kereta api di Afrika pada saat itu.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

7. Shinkansen Hayabusa Seri E5

Mulai beroperasi sejak 5 Maret 2011. Kereta api yang diproduksi oleh Hitachi , Kawasaki Heavy Industries ini memiliki berat 453 ton dan mampu melaju dengan kecepatan mencapai 320 km/jam. Bukan hanya itu, kereta api ini dilengkapi teknologi “hidung” yang bertujuan sebagai peredam suara dan getaran saat memasuki terowongan, sehingga para penumpang yang berada di dalam kereta akan lebih merasakan kenyamanan.

Kereta Api Tercepat

6. Talgo Avril

Tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas audio & video di setiap kursinya, kereta api yang berasal dari Spanyol ini juga mampu menampung hingga 600 orang penumpang dalam satu kali keberangkatan dan melaju hingga kecepatan 350km/jam. Bukan hanya itu, kereta api ini bahkan digadang-gadang sebagai kereta api berkecepatan tinggi teringan di dunia. Di negara asalnya (spanyol) kereta ini dipanggil dengan sebutan “Pato” karena memiliki bentuk semacam hidung bebek pada bagian lokomotifnya, yang dimana hal ini bertujuan untuk meminimalkan tekanan gelombang udara.

Baca Juga : Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia

5. Siemens Velaro E/AVS 103

Kereta api super cepat ini diproduksi oleh perusahaan Jerman, siemens. Dan terdaftar dengan kecepatan Maximum hingga 380 km/jam. Meskipun begitu, pada bulan Juli tahun 2006, kereta ini mampu menembus kecepatan hingga 403,7km/jam. Dan tercatat menjadi kereta api tercepat di dunia pada saat itu. Tapi rekor ini tidak bertahan lama, sebab pada 3 April 2007 kereta api TGV Prancis mampu menembus angka 574,8 km / jam (357,2 mph). Wow sekali..!

Kereta Api Tercepat Di Dunia

4. AGV Italo (Italia)

Kereta api super cepat yang diproduksi oleh Alstom ini, memiliki panjang 132,100m dan mampu melesat dengan kecepatan 360 km/jam. Kereta api ini mampu memuat 245-446 penumpang dalam satu kali keberangkatan. Bukan hanya soal kecepatan, kereta api ini juga memiliki struktur bodi yang ringan dan “ramah lingkungan”. Sebab 98% dari struktur body kereta api ini (aluminium dengan komposit karbon) dapat didaur ulang kembali.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

3. Harmony CRH 380A (China)

Sebagai kereta api tercepat nomor 3 di dunia, kereta api yang bertenaga listrik ini mampu menembus kecepatan 380 km/jam. Meskipun begitu, pada saat uji coba, kereta api yang diproduksi perusahaan lokomotif CSR Qingdao Sifang ini mampu menembus angka 416 km/jam.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

2. Shanghai Maglev Train

Di tahun ini (2018), kereta api Shanghai maglev train menempati urutan kedua Sebagai kereta api tercepat di dunia. Terdaftar dengan kecepatan hingga 431km/jam, kereta api ini meluncur diatas jalur magnet, sehingga dapat melesat dengan halus tanpa mengalami gaya gesek dengan rel.

Sebuah insiden juga pernah terjadi terkait kereta api maglev Shanghai train ini, di mana pada tanggal 11 Agustus 2006, salah satu kompartemen kereta api Maglev ini terbakar pada jam 14:40, setelah meninggalkan Bandara Internasional Pudong ke arah Pudong Longyang Road Station. Beruntung tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

1. Japan Maglev Train

Jika kita mengenal istilah jet darat disematkan pada mobil Formula One, maka ketahuilah kereta api Japan maglev train mampu melesat dua kali lebih cepat dibandingkan mobil Formula One. Sudah kebayang gimana cepatnya? Kereta api ini tercatat, mampu menembus angka 601 km/jam. Sama seperti kereta api tercepat nomor 2, Japan maglev train ini laju melesat diatas jalur magnet.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

 

Penutup

Demikianlah artikel singkat kita kali ini mengenai kereta api tercepat di dunia. Semoga informasi yang kami hadirkan dapat bermanfaat, membantu, dan menambah wawasan pengetahuan kita. Terima kasih atas perhatiannya dan jangan lupa ikuti terus perkembangan ilmu pengetahuan hanya di situs ilmu pengetahuan ID.

By : Admin contoh-contoh.com