Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

9 Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon – Mungkin diantara kita sudah pernah atau bahkan sering mendengar kata “amazon“. Baik itu lewat televisi, internet, atau mungkin dari pembicaraan teman-teman saat duduk berkumpul bersama. Benar, amazon terkenal sebagai wilayah perhutanan yang memiliki kekayaan aneka satwa dan tumbuhan yang sangat eksotis. Didalamnya pun terdapat sebuah sungai terpanjang ke-2 di dunia, yang bahkan sempat dijadikan sebagai latar, dalam sebuah film yang cukup terkenal.

Akan tetapi, sayangnya mayoritas kita, hanya mengetahui secara umum dan tidak mendetail mengenai apa itu amazon. Oleh karena itulah, berangkat dari keinginan membagi informasi dan wawasan seputar “dunia” Amazon, kali ini ilmu pengetahuan ID akan membahas seputar daftar hewan paling berbahaya di sungai amazon. Dan tanpa basa-basi lagi simak penjelasan lengkapnya dibawah ini. 

Daftar Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

1. Ikan Pacu

Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya Di Sungai Amazon – Ikan Pacu

Bagi teman – teman yang merasa penasaran dengan hewan ini, tidak perlu repot-repot main kebelantara hutan/sungai amazon. Karena pasalnya, populasi hewan yang satu ini telah menyebar hingga kebelahan bumi bagian eropa. Ikan pacu ini sebenarnya tidak mengancam bahaya apapun bagi kaum wanita, akan tetapi keberadaan ikan yang satu ini, dapat mengancam keberadaan para pria saat berada di perairan. 

Mengapa bisa begitu? dengerin nih,  Spesies ikan pacu ini merupakan golongan ikan omnivora atau pemakan segalanya, dan salah satu makanan yang sangat disukai ikan ini adalah buah dan kacang-kacangan. Dengan tipe gigi yang menyerupai struktur gigi manusia, ikan ini sering keliru, dan menganggap kalau alat kelamin pria adalah sumber makanan bagi mereka. Mungkin mereka kira “punya” kita itu kacang mede gan..! 

2. Ikan Payara

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Mungkin sekilas jika kita melihat tampilan hewan ini, rasanya cocok untuk disebut sebagai Vampire nya sungai Amazon. Dengan gigi panjang yang super tajam, ikan payara ini seakan menjadi kompetitor utama bagi ikan Piranha. Fisik ikan ini dapat tumbuh sampai 1,2 m, dan dibagian mulutnya dilengkapi dengan 2 gigi tajam, dengan panjang sekitar 15cm. Panjang yang cukup untuk melukai dan membunuh mangsa-mangsanya. 

3. Ikan Piranha Perut Merah

Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini. Keganasannya telah tersiar hampir keseluruh dunia melalui film-film, baik itu film kartun atau pun film hollywood. Sangking tenarnya, Ikan Piranha telah menjadi simbol yang paling melekat, saat kita berbicara mengenai sungai Amazon.

Ikan ini memiliki kebiasaan berburu secara berkelompok atau hanya menyerang saat korbannya kedapatan sedang terluka. Teman-teman jangan heran, jika melihat hewan ini menyerang, karena sekali target berhasil dilumpuhkan, seluruh daging yang melekat ditubuh korban akan habis dimakan oleh ikan piranha, apalagi kalau mereka sedang kelaparan. 

4. Belut Listrik

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Hewan ini pada umumnya dapat tumbuh dengan panjang sekitar 1 meter, namun beberapa dari mereka bisa tumbuh hingga sepanjang 2,5 meter. Spesies belut ini mampu mengeluarkan aliran listrik dengan kekuatan 650 volt kepada korbannya. Meski tidak sampai membunuh manusia, akan tetapi serangan listrik yang berkali-kali cukup menimbulkan masalah serius bagi jantung. Dan terdapat beberapa kasus mengenai orang hilang yang disinyalir akibat tersengat oleh belut ini, lalu pingsan, dan hanyut dibawa air. 

5. Hiu Banteng

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Memang secara umum, Ikan Hiu merupakan predator di perairan asin, akan tetapi, hal tersebut seakan tidak berlaku bagi hiu banteng. Spesies Hiu Banteng ini ternyata mampu beradaptasi di perairan sungai amazon. Hewan ini pernah ditemukan menjelajah sampai sungai Amazon, bahkan jarak yang ia tempuh hampir 4,000 meter jauhnya dari lautan. 

Pertanyaanya, mengapa Ikan hiu banteng bisa bertahan hidup di air tawar? Jawabannya adalah, spesies hiu banteng ini memiliki ginjal khusus yang mampu mendeteksi perbedaan kadar air dan dapat beradaptasi super cepat dengan lingkungan barunya tersebut. Hiu banteng ini pun, mampu tumbuh hingga sepanjang 3.3 meter, dengan berat mencapai 312 kilogram.

6. Ikan Candiru

Hewan berbahaya di sungai amazone

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Jika teman-teman memang berniat untuk nge-trip ke belantara amazon, khususnya di sungai. Mohon dicatat dan diingat baik-baik. Hewan yang berbahaya di sungai amazon bukan hanya spesies satwa dengan tubuh besar dan gigi yang tajam saja. Sebab didalam sungai ini juga terdapat Ikan Candiru. Kalau teman-teman belum tahu apa itu ikan candiru, nih perhatikan. Ikan Candiru adalah spesies ikan yang sangat sensitif dan mudah tertarik dengan air kencing.

Jadi, apabila ada orang yang membuang urin/kencing diperairan sungai Amazon, urin tersebut akan memancing kedatangan ikan Candiru ini. Dengan bentuk dan ukurannya yang kecil, ikan candiru bisa masuk kedalam saluran urin dan akan menghisap darah dari si korban. Menurut sumber, terdapat sebuah documentasi, dimana ada sebuah kasus, seorang pria terpaksa harus dioperasi agar bisa melepaskan ikan kecil ini dari saluran kencingnya. 

7. Berang-Berang Besar

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Sebaiknya teman-teman jangan tertipu dengan wajah lucu dari hewan yang satu ini. Sebab, berang-berang besar ini merupakan penghuni sungai amazon yang memiliki ukuran hingga 2 meter, Dan menurut kesaksian sekelompok orang, berang-berang ini pernah membunuh dan memakan seekor ular anaconda. 

Jika teman-teman merasa hal itu biasa saja, Nih perhatikan, menurut kesaksian salah satu keluarga, mereka pernah melihat sekelompok berang-berang yang melahap seekor Caiman dengan ukuran 1,5 meter, dan menghabisinya hanya dalam waktu 45 menit saja. Jadi bisa dipastikan, meski hewan ini memiliki wajah yang imut seperti admin, tenaga dan sifat buas yang dimiliki berang-berang ini tidak bisa dianggap sepele, dan layak untuk masuk dalam daftar hewan paling berbahaya di sungai amazon.

8. Ikan Pirarucu

Hewan Paling Berbahaya

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Ikan piranha, memang ikan paling populer dan terkenal berbahaya di perairan sungai amazon. Akan tetapi, selain ikan piranha masih ada ikan berbahaya lainnya yang siap mengancam nyawa, jika kita tidak berhati-hati disungai amazon. Ikan tersebut bernama Ikan Pirarucu.

Ikan raksasa ini tergolong ikan karnivora yang memiliki habitat hidup di dalam perairan sungai dan danau. Jika teman-teman belum mengetahui seberapa bahayanya ikan ini, Silahkan bayangkan, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 2,7 meter, dengan berat sekitar 90 kg. Disamping itu, selain memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari ikan piranha, ikan pirarucu ini, juga memiliki gigi-gigi yang super tajam layaknya pisau dapur hotel bintang 5.

9. Anaconda Hijau

Hewan Paling Berbahaya di Sungai Amazon

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa sungai Amazon merupakan habitat asli dari spesies ular terbesar di dunia saat ini. Benar, yang kita maksud adalah anaconda. Mungkin kita semua tahu bahwa ular phyton merupakan ular terpanjang dunia, namun anaconda memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan juga lebih berat. Bayangkan saja, ular betina anaconda mampu memiliki berat hingga 250 kg, dan  panjang 9 meter, serta diameter tubuh 30 cm, ukuran ini jauh melebihi dari ukuran spesies pejantan.

Meskipun ular ini tidak memiliki racun, namun dengan tubuhnya yang besar itu, anaconda mampu melilit tubuh mangsanya, hingga mangsanya mati lemas karena kekurangan oksigen. Jika teman-teman main ke sungai amazon, jangan lupa untuk tetap waspada dan selalu berdoa agar tidak bertemu dengan hewan yang satu ini. 

Itu aja yah temen-temen pembahasan kita kali ini mengenai 9 hewan paling berbahaya di sungai amazon, sebenernya admin lagi sakit, jadi kurang enak badan. terimakasih kunjungannya, semoga menambah wawasan kita. Bye!

Editor : Admin Fungsi.net