Gunung Tertinggi Di Dunia : Fakta Menarik

Gunung Tertinggi Di Dunia : Fakta Menarik

gunung tertinggi di dunia
Unsplash.com

Menurut data yang kita dapat, hingga tahun 2012, Indonesia memiliki sekitar 127 gunung berapi yang masih aktif. Dan yang paling tinggi dari 127 gunung tersebut adalah puncak Jayawijaya. Tingginya sekitar 4884 m. Dan Puncak Jayawijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak didunia.

Tapi Pada kesempatan kali ini, yang ingin kita bahas bukanlah mengenai gunung ataupun pegunungan yang ada di Indonesia. Yang ingin kita bahas Disini, adalah salah satu gunung yang terdapat di antara perbatasan Nepal dan Tibet, sebuah gunung yang menjadi Puncak tertinggi di daratan muka bumi, sebuah gunung yang terpaksa menggugurkan 9 orang pendaki,  dialah Mount Everest. Pada kesempatan yang singkat ini kita akan membahas mengenai 11 fakta unik dan menarik mengenai gunung tertinggi di dunia Mount Everest.

Fakta Menarik Seputar Gunung Tertinggi Di Dunia

1. Puncak / Gunung Tertinggi Di Dunia

Untuk fakta yang satu ini mungkin hampir seluruh orang mengetahui bahwa Gunung Everest merupakan Puncak daratan tertinggi di muka bumi. Ketinggiannya bisa mencapai 8848 m di atas permukaan laut (mdpl). Sebelumnya pemerintahan Nepal memberi nama Mount Everest dengan sebutan “sagarmatha” yang jika diterjemahkan berarti Dewi langit. Berbeda dengan pemerintahan Nepal, orang-orang Tibet justru memberi nama Gunung ini dengan sebutan chomolungma yang mereka artikan mother Goddess of the Universe.

2. Dua Wanita Indonesia Mendaki Mount Everest 

2 wanita Indonesia menjelajahi  Puncak tertinggi di dunia, apa lagi kalau bukan  Mount Everest. Gunung yang memiliki tinggi 8848 m ini berhasil ditaklukan oleh dua  wanita Indonesia (meski hanya sampai camp 3), sebut saja Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari. Mereka berdua berhasil menjadi wanita pertama dari Indonesia, yang berhasil menjelajahi pegunungan Mount Everest. Mereka berdua berhasil mencapai puncak Mount Everest tempatnya pada hari Kamis (17/5/2018) pukul 05.50 waktu setempat.

3. Bantuan Suku Sherpa

Sherpa merupakan salah satu suku yang berada di kawasan Nepal dan Tibet, yang biasa hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya. Suku sherpa ini kerap membantu dan menolong para pendaki yang sedang berusaha untuk mencapai puncak Mount Everest. Mereka dikenal memiliki kekuatan fisik yang tidak seperti manusia biasa. Mereka biasa membantu para pendaki dengan membawakan peralatan mendaki dan alat untuk memasak di camp.

gunung tertinggi di dunia
Unsplash.com

4. Oksigen Yang Tipis

Perlu diketahui bahwa udara akan semakin menipis ketika daratan semakin menjauh dari permukaan laut. Semakin tinggi sebuah daratan, maka akan semakin menipis pula kadar oksigen yang tersedia. Di dalam sebuah grafik digambarkan bahwa, ketika sebuah daratan berada rendah (tidak jauh diatas permukaan laut). Maka kadar oksigen bisa mencapai 100%, sedangkan grafik yang menunjukkan kadar oksigen di Puncak Mount Everest hanya tersisa sekitar 25% saja.

5. Penuh Rintangan

Jangan kira mendaki Mount Everest sama seperti mendaki gunung gunung lainnya. Mount Everest ini adalah gunung tertinggi didunia saat ini. Bukan hanya Medan yang terjal, tebing tebing yang curam juga mengancam keselamatan apabila tidak hati-hati saat mendaki, Selain itu, suhu di puncak Mount Everest pun sangatlah dingin. Dari data yang kita dapat, suhu pada Puncak Mount Everest mampu menyentuh angka -28°C.

6. Banyak Menelan Korban Jiwa

Rasanya hampir mustahil jika gunung sebesar Mount Everest tidak mengalami banyak insiden. Sebab gunung-gunung yang kecil saja banyak mengalami kejadian yang tidak kita inginkan. Dari data yang kita dapat, hingga tahun 2017 lalu terhitung 288 orang meninggal dunia di Mount Everest. Dan fakta lainnya adalah banyak para pendaki yang meninggal saat berjuang menaiki Puncak, dan mayatnya masih berada di pegunungan Mount Everest alias tidak dibawa pulang.

gunung tertinggi di dunia
Unsplash.com

7. 18 Jalur Pendakian

Gunung yang berbatasan antara Nepal dan Tibet ini diketahui memiliki 18 buah jalur menuju puncak.

8. Seven Summits

Menjadi gunung tertinggi di dunia tentu melazimkan Mount Everest ini, masuk dalam jajaran Seven summits. Jika Anda belum mengetahui apa itu Seven summits, Seven summits adalah gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua yang ada di dunia, dan salah satu Seven summits didunia terdapat di Negeri Kita Tercinta Indonesia, yaitu Puncak Jaya, dengan ketinggian 4884 m.

9. Laba-laba Tertinggi

Di Puncak Himalaya hidup spesies laba-laba yang diberi nama binomial Euphtys omnisuperstes. Meskipun berukuran kecil, laba-laba ini sepertinya sudah menjadi penduduk permanen di ketinggian 6700 m di atas permukaan laut.

10. Bukan Gunung Tertinggi

Jika kita mengatakan Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia, hal itu benar. Tapi jika kita mengatakan Mount Everest bukan gunung tertinggi di dunia, hal ini juga benar. Karena, jika kita mau adil mengukur tubuh dari sebuah gunung secara utuh. Maka yang menjadi gunung tertinggi sesungguhnya adalah gunung Mauna Kea. Gunung ini memiliki ketinggian 4205 m diatas permukaan laut, akan tetapi, yang terhitung ini hanyalah bagian ujung atas dari Gunung Mauna Kea. Sebab sejatinya, Mauna Kea ini memiliki badan yang menjulang ke bawah dasar laut hingga 6000 m dibawah permukaan laut.

Dan jika dihitung jumlah ketinggian Gunung Mauna Kea dari dasar hingga ke Puncak, tentu kita akan menyentuh angka 10.000m. Dan angka ini jelas mengalahkan ketinggian Mount Everest (8848m).

11. Waypoint di Everest Menggunakan Mayat

Saat para pendaki menemukan sesosok mayat, biasanya mereka menggunakan mayat tersebut sebagai penanda bagi para pendaki lainnya, agar tidak tersesat dari jalur.

gunung tertinggi di dunia
Unsplash.com

Demikianlah artikel kali ini seputar fakta menarik gunung tertinggi di dunia Mount Everest. Semoga bermanfaat dan menghadirkan informasi yang berguna bagi Anda para pembaca dimana pun berada.