Fakta Menarik Tentang Singa

Fakta Menarik Tentang Singa

Fakta Menarik Singa
Pexels.com

Halo semua,  kembali lagi di Ilmu Pengetahuan ID. Media edukasi yang berisikan beragam seputar wawasan ilmu pengetahuan, mulai dari biologi, sosiologi, PKn, Geografi, Sejarah, umum, ensiklopedia bebas, kesehatan, dunia hewan, hadits dan materi pelajaran bahasa.

Dikenal sebagai raja hutan, singa bisa hidup sampai usia 20 tahun lamanya. Mereka biasa berkelompok menjaga daerah kekuasaannya. Dan Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas mengenai singa. Lebih tepatnya pembahasan kali ini kita berjudul : 20 fakta menarik tentang singa.

20 Fakta Menarik Tentang Singa

1. Dari 8 singa jantan, biasanya yang bertahan hidup hingga dewasa hanyalah satu ekor saja. Kebanyakan dari mereka (singa jantan) akan mati setelah dikeluarkan dari kelompoknya, pada usia sekitar 2 tahun.

Fakta Menarik Singa
Unsplash.com

2. Seekor singa betina memiliki kekuatan untuk melumpuhkan seekor kerbau dengan berat hingga 1 ton. 

3. Diperkirakan ada sekitar 600 ekor singa terbunuh setiap tahunnya yang diakibatkan oleh wisatawan dalam perburuan trofi.

4. Jika manusia memiliki sidik jari sebagai tanda untuk mengidentifikasi identitas seseorang, berbeda halnya dengan singa. Di dasar kumis mereka terdapat bintik-bintik hitam yang berpola, dan pola inilah yang akan menjadi keunikan sekaligus tanda bagi seekor singa.

5. Diantara jari kaki singa terdapat kelenjar aroma Interdigital, yang menjadi alasan bagi singa untuk menggaruk-garuk pohon.

6. Permukaan lidah singa yang kasar, mampu mengupas kulit saat dia menjilat.

Gambar singa
Pexels.com

7. Singa memiliki nama ilmiah panthera Leo. Dan menjadi salah satu anggota keluarga dari 5 kucing besar. Empat anggota lainnya adalah Harimau, macan tutul, macan tutul salju dan jaguar.

8. Liger adalah hasil silang antara singa dengan harimau. Liger ini mampu berenang dengan baik, seperti karakteristik yang dimiliki Harimau.

9. Seekor singa betina yang di kawin silangkan dengan jaguar akan menghasilkan seekor jaglion.

10. Kawin silang singa betina dengan macan tutul jantan akan menghasilkan seekor anak leopon. Leopon ini memiliki ciri fisik kepala seperti seekor singa, namun badannya memiliki tutul tutul seperti macan tutul.

11. Rambut seekor singa jantan akan mulai tumbuh pada usia 18 bulan, dan akan terus tumbuh hingga berusia 5 tahun.

Fakta Menarik Tentang Singa
Pexels.com

12. Sampai saat ini hanya tersisa 2 spesies jenis singa di dunia. Yang pertama adalah singa Asia. YANG kedua adalah singa Afrika. Dan masing-masing dari 2 Spesies ini masih memiliki sub spesies.

13. Singa adalah hewan yang aktif berburu pada malam hari dan memiliki tingkat keberhasilan berburu hingga 50%.

14. Dari 24 jam dalam sehari, singa hanya aktif bergerak 2 jam saja. Dan sisa 22 jam yang dimilikinya, dihabiskan dengan tidur.  Yang itu artinya singa adalah hewan yang sangat malas atau santai.

15. Jika manusia berhubungan intim 1 kali sehari sudah lemas, berbeda halnya dengan. Hewan ini mampu melakukan hubungan intim atau perkawinan 50 kali dalam 1 hari atau 100 kali dalam 2 hari. Hal ini dilakukan singa jantan untuk memastikan agar betinanya hamil.

16. Jika kamu mengira hewan paling berbahaya di daratan Afrika adalah singa, kamu telah salah besar. Karena pada kenyataannya, dalam setahun singa hanya membunuh sekitar 100 orang, sedangkan kuda nil bisa membunuh sampai 500 orang pertahunnya. Tapi hal itu tidak menjadikan kuda nil sebagai hewan terganas di dunia. Karena faktanya hewan yang paling ganas di dunia adalah nyamuk, di mana hewan ini bisa membunuh sekitar 725.000 orang per tahunnya.

Gambar Singa
Pexels.com

17. Kalau menurutmu gajah memiliki suara yang keras, sudah tahukah kamu bahwa raungan seekor singa yang paling keras bisa mencapai jarak 8 km jauhnya.

18. Sebuah insiden terjadi pada tahun 2015, di mana saat itu seekor singa berhasil menyerang dan membunuh seorang wanita Amerika melalui celah jendela mobil Jeep.

19. Seekor singa mampu melihat 6 kali jauh lebih baik, dibandingkan manusia saat berada di dalam kegelapan.

20. Meskipun memiliki gelar si raja hutan, seekor singa sesungguhnya tidaklah tinggal di dalam hutan, melainkan tinggal di padang rumput dan dataran terbuka.

Fakta Menarik Tentang Singa
Pexels.com

Itulah 20 fakta menarik tentang singa yang bisa kita hadirkan kali ini. Semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita seputar dunia hewan. terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa di rubrik pengetahuan kita lainnya, bye!