Contoh Kata Ganti, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Contoh Kata Ganti, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Contoh Kata Ganti, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
Contoh Kata Ganti, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Kata Ganti – Kembali lagi di situs ilmu pengetahuan ID. Seperti judul yang kita lihat diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menghadirkan pembahasan mengenai kata ganti. Mulai dari pengertian kata ganti, ciri-ciri kata ganti, jenis dan contoh contoh kata ganti. Semoga dengan uraian materi singkat ini dapat membantu para pelajar Indonesia dimana pun berada. Langsung saja simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Pengertian Puisi

a. Pengertian Kata Ganti

Kata Ganti atau yang biasa disebut dengan pronomina adalah salah satu jenis atau kelas kata yang biasa digunakan untuk menggantikan posisi orang, atau pun benda didalam sebuah kalimat. Penggunaan kata ganti atau pronomina didalam sebuah teks atau kalimat biasanya bertujuan agar susunan kalimat yang diutarakan menjadi lebih efektif dan to the point.

 

b. Ciri-Ciri Kata Ganti

Sebagaimana jenis atau kelas kata lainnya, kata ganti juga memiliki ciri atau tanda yang dapat dikenali dari bentuk teksnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri yang dapat kita kenali dari kata ganti atau pronomina.

1. Kata ganti atau pronomina biasanya berfungsi sebagai subjek atau pun objek dalam sebuah kalimat.

2. Meski secara umum kata ganti biasa menempati posisi subjek atau objek, tidak menutup kemungkinan dalam beberapa keadaan pronomina menempati predikat di dalam sebuah kalimat.

3. Dalam sebuah kalimat, posisi sebuah kata ganti atau pronomina dapat berubah ubah sesuai dengan konteks kalimat. Bisa di awal, ditengah atau diakhir kalimat.

4. Dalam sebuah kalimat, kata ganti biasanya cenderung mengikuti subjek ataupun objek.

 

c. Jenis-Jenis Kata Ganti

Mengingat pentingnya posisi kata ganti atau pronomina di dalam sebuah kalimat, para ahli bahasa membagi jenis kata ganti menjadi beberapa bagian.

1. Kata Ganti Orang / Pronomina Persona

Kata Ganti Orang atau pronomina persona adalah jenis pronomina yang mengarah pada kata ganti manusia. Berdasarkan klasifikasinya, pronomina persona atau kata ganti orang ini terbagi kedalam 3 jenis.

a. Kata Ganti Orang Pertama / Pronomina Persona I

Kata ganti orang pertama atau pronomina persona I memiliki bentuk atau sifat yang baku. Pemakaian kata ganti orang pertama sangat fleksibel, dan sangat tergantung dengan situasi dan kondisi. Adapun contoh kata ganti orang pertama atau pronomina persona I yaitu : Aku, saya, daku, kami, dan kita.

b. Kata Ganti Orang Kedua / Pronomina Persona II

Pronomina persona II adalah kata ganti orang yang diajak bicara. Adapun contoh kata ganti dalam kelas ini adalah kau, kamu, Anda, dan kalian.

c. Kata Ganti Orang Ketiga / Pronomina Persona III

Kata ganti orang ketiga adalah kata ganti yang menempati posisi sebagai orang yang dibicarakan. Contoh dari kata ganti orang ketiga atau pronomina persona III adalah “dia” “ia” “beliau” dan “mereka

2. Kata Ganti Penunjuk

Kata Ganti Penunjuk atau pronomina penunjuk adalah jenis kata ganti yang berfungsi sebagai kata ganti penunjuk, baik secara umum, maupun secara khusus (tempat). Adapun contoh contoh kata ganti penunjuk seperti : di sini, di sana, di situ.

3. Kata Ganti Penanya

Pronomina Penanya atau kata ganti penanya adalah jenis kata ganti didalam sebuah kalimat yang berfungsi sebagai penanya. Dalam hal ini, objek yang ditanya bisa berbagai macam, baik itu manusia, barang benda, pilihan, atau pun objek lainnya. Adapun contoh kata ganti penanya antara lain yaitu :  Di mana, kemana, apa, siapa, kapan, bagaimana.

4. Kata Ganti Pemilik

Pronomina Pemilik adalah jenis atau kelas kata ganti yang berfungsi menyatakan kepemilikan atas sesuatu. Contoh kata ganti kepemilikan antara lain yaitu : -ku, -mu, -nyakami, dan mereka.

 

d. Contoh Kata Ganti Di Dalam Kalimat

Sub tema terakhir kita adalah mengenai contoh kata ganti di dalam kalimat. Agar para pembaca, khususnya para pelajar Indonesia semakin paham apa itu kata ganti, berikut di bawah ini kami hadirkan beberapa contoh kalimat yang didalamnya terkandung kata ganti.

a. Contoh Kata Ganti Orang atau Pronomina Persona

  • Aku adalah pemimpin pasukan garuda kencana
  • Jika kamu berkenan, saya bersedia untuk melamar dirimu
  • Mereka adalah para pahlawan negeri ini.
  • Saya berencana berlibur ke bogor bersama keluarga.
  • Cukup sudah, ini terakhir kalinya kamu melakukan kesalahan yang sama
  • Jika Anda bersungguh-sungguh, pasti ada jalan keluar.

b. Contoh Kata Ganti Penunjuk atau Pronomina Penunjuk

  • Letakkan gelas kaca ini di sana.
  • Kita akan melakukan praktek di labolatorium.
  • Disini tempat aku pertama kali melihatmu.
  • Andi belajar bahasa Indonesia di ruang perpustakaaan
  • Cari materi biologi di situs ilmupengetahuan.id

c. Contoh Kata Ganti Penanya

  • Di mana rumah kepala sekolah kita?
  • Kemana saja kamu selama ini?
  • Aku rindu, kapan kita bisa bertemu kembali?
  • Bagaimana kabarmu hari ini?
  • Siapa nama orang tuamu?

d. Contoh Kata Ganti Pemilik

  • Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan bukuku
  • Wahai Andi, tolong ambilkan penaku dari dalam laci
  • Hentikan! Jangan pernah lagi injakkan kakimu di rumahku
  • Kuharap ini yang terakhir kalinya kamu menyakiti hatiku
  • Kalau kamu mau, silahkan ambil jatahku untuk makan malamMu

Baca Juga : 400 Lebih Contoh Kata Kerja

Penutup

Demikianlah artikel kita kali ini mengenai Contoh Kata Ganti dan pengertiannya, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca dimana pun berada. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di materi pelajaran lainnya, bye!

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon Banten dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy

Baca Juga : Kata Kerja Imperatif