Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Manfaat Mempelajari Biologi
Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Kembali lagi di situs ilmu pengetahuan ID. Berikut ini adalah materi singkat mengenai penjelasan Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu para siswa dalam menjawab pertanyaan terkait manfaat mempelajari biologi. Berikut selengkapnya.

 

Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Berkembangnya suatu ilmu diharapkan memberikan kontribusi kepada kesejahteraan bagi kehidupan. Dengan berkembangnya berbagai cabang ilmu biologi, maka akan semakin bertambah besar pula peluang manfaat yang disumbangkan oleh biologi, antara lain.
1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
4. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.

Seseorang yang memahami biologi akan bersikap dan bertindak lain dalam menghadapi permasalahan kehidupan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki pemahaman biologi. Contohnya, ketika munculnya wabah SARS, anggota masyarakat disarankan menggunakan masker. Orang awam mungkin beranggapan dengan menggunakan masker mereka tidak akan terkena SARS. Sementara itu bagi yang memahami akan virus, mereka menyadari hanya untuk mencegah meluasnya virus SARS saja, dan mereka selalu waspada dengan menjaga kebersihan serta mempersiapkan tindakan yang tepat bila menjumpai gejala SARS di masyarakat.

Manfaat Mempelajari Biologi
Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya

Selain manfaat, kemajuan ilmu pengetahuan terkadang mengandung sisi negatif yang tidak diharapkan. Perkembangan biologi dalam teknik rekayasa genetika tidak diragukan lagi dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Jika teknik ini disalah-gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mungkin dapat menghasilkan bibit- bibit yang malah membahayakan bagi kehidupan makhluk hidup. Dan bila hal ini terjadi, kesejahteraan hidup yang seharusnya disumbangkan ilmu pengetahuan, justru malah menyengsarakan kehidupan makhluk hidup (khususnya manusia).

Untuk menghindari penyelewengan dan penyalahgunaan teknologi, khususnya dibidang biologi, baru-baru ini dikembangkan aturan-aturan baku atau etika yang harus diperhatikan oleh para ahli yang tertarik pada objek kajian biologi yang disebut bioetika. Dalam bioetika memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi.

 

Penutup

Demikianlah materi singkat terkait Manfaat Mempelajari Biologi dan Bahayanya. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya, tetap semangat belajar, raih cita-cita mulia, dan taklukan dunia dengan ilmu pengetahuan!

 

Daftar Pustaka

Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X / Penulis Moch Anshori, Djoko Martono ; Editor Irwin Ardianto ; Ilustrator Iwa. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Partner : Contoh-Contoh.Com