Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Kulit

Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kulit
Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kulit

Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kulit

Apakah kulit kita terasa kasar? Atau kulit kita terlihat kusam? Padahal kita sudah mencoba berbagai macam produk kecantikan. Bahkan, kita telah menghabiskan cukup banyak uang untuk membeli peralatan dan kosmetik wajah kita. Ada apa? Mengapa bisa begini ? Apakah kita menggunakan merek yang salah?

Baca Juga : Masker Wajah Alami

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit kita. Dan faktor ini terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah faktor eksternal (dari luar), hal ini mencakup kosmetik dan segala bentuk perawatan yang bersifat interaksi langsung antara kulit dengan produk atau sesuatu yang kita jadikan bahan treatment. Yang kedua adalah faktor internal (dari dalam), dalam hal ini mencakup makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita, atau suatu perawatan yang bersifat injeksi kedalam tubuh. Jika memang masalahnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu dimana kondisi kita yang sudah memakai berbagai macam produk kecantikan, namun kulit yang kita miliki tidak kunjung halus dan indah. Besar kemungkinannya, kita masih mengkonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan kulit. Atau kemungkinan lainnya, kita memiliki kulit type sensitif, yang membutuhkan perhatian lebih ekstra dalam perawatan.

Jadi inti yang ingin saya sampaikan diatas adalah, kecantikan dan kesehatan kulit tidak hanya bergantung pada kosmetik yang kita gunakan. Terkadang kita perlu mengoptimalkan perawatan dari dalam dibandingkan perawatan dari luar. Coba lihat isi kulkas kita, atau lihat tukang buah yang nongkrong di dekat rumah, apakah ada makanan yang dapat menutrisi kulit? Saya yakin sangat banyak. Kalau begitu mulai sekarang, coba optimalkan perawatan kulitmu dari dalam. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit membahas seputar makanan dan minuman yang sebenarnya baik untuk perawatan kulit kita. Mari simak dibawah ini

1. Stroberi, Jeruk, Cabai Merah, Brokoli

Kolagen didalam tubuh, berperan penting untuk menjaga sifat elastisitas kulit. Dan kolagen ini sendiri terbagi menjadi dua. Yang pertama, Kolagen yang bisa didapatkan dari asupan makanan dan yang kedua, kolagen yang dihasilkan dari reaksi kimia didalam tubuh kita. Dan untuk menghasilkan kolagen yang terbentuk dari reaksi kimia didalam tubuh, kita memerlukan yang namanya vitamin C. Maka dengan memenuhi kebutuhan vitamin C, berarti kita telah membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk kecantikan kulit kita. Dan berikut ada beberapa contoh buah Dan sayuran yang kaya akan vitamin C.

  • Strawberry
  • Jeruk
  • Anggur
  • Brokoli
  • Cabai
  • Dan masih banyak lagi

2. Biji Bunga Matahari Dan Almond

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan. Kedua unsur ini (Vit E dan Antioksidan) memiliki fungsi penting didalam tubuh sebagai pelindung kulit dari serangan radikal bebas dan menutrisinya agar tetap terlihat cantik dan awet muda. Cukup konsumsi 2 sendok makan biji bunga matahari, atau 23 bijih kacang almond setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dan Antioksidan kita setiap hari.

3. Singkong, Sayuran Hijau Dan Sayuran Orange/Jingga

Ubi kayu dan bayam adalah sayuran yang kaya akan beta karoten dan antioksidan. Para peneliti membuktikan, betakaroten memiliki peranan penting didalam tubuh kita dalam menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari iritasi dan kemerah-merahan. Dan sebagian peneliti juga mengungkapkan :  betakaroten mampu melindungi kulit dari sengatan matahari dengan meningkatkan pertahanan basal terhadap kerusakan kulit yang disebabkan sinar UV.

4. Sereal, Daging Unggas, Tiram

Makanan-makanan ini kaya akan protein, zinc,  zat besi, dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit. Kandungan Zinc berfungsi sebagai pendukung dalam memproduksi sel-sel kulit baru dan akan melepaskan sel-sel kulit mati. Dan kandungan zat besi didalam makanan ini, akan bekerja sebagai pengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan merona. Gimana, mau coba makan tiram?

5. Ikan Salmon, Makarel, Kacang Kenari

Makanan jenis ikan dan kacang-kacangan pada umumnya mengandung asam lemak omega-3, yang dimana asam lemak ini bertugas melawan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan stress.

6. Sereal Gandum Yang Masih Mengandung Dedak

Salah seorang peneliti Australia menemukan, bahwa diet rendah glikemik (kadar gula dalam sebuah pangan) akan membantu mengurangi jerawat. Salah satu alasannya: makanan yang rendah glikemik memiliki hubungan secara tidak langsung dengan menurunnya hormon androgen. Dengan menurunnya hormon androgen, kulit pun akan lebih stabil dan tidak rentan dengan munculnya jerawat (red-). Dan salah satu makanan terbaik dengan kadar glikemik yang rendah adalah sereal gandum yang masih mengandung dedak.

7. Air Mineral

Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kusam, kering, bahkan bersisik. Dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, kulit kita akan terhidrasi dengan baik dan terlihat lebih lembab. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh pun, akan membantu sirkulasi didalam tubuh dan mendistribusikan vitamin juga mineral, keseluruhan jaringan tubuh. Konsumsilah minimal 8 gelas air mineral setiap hari.

 

Penutup

Demikianlah artikel kali ini mengenai Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kulit. Semoga membantu dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas perhatiannya dan ikuti terus rubrik kesehatan di situs Ilmu Pengetahuan ID.

By : Admin Watpedia.Com