Syirik : Dosa Terbesar Dalam Islam

Syirik

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. Kembali lagi di rubrik hadits Ilmu Pengetahuan ID. Selaras dengan judul kita di atas, kali ini kita akan memaparkan hadits-hadits yang berkaitan dengan dosa terbesar di dalam islam, yakni : SYIRIK. Kita berharap kepada Allah, dan memohon kepadaNya agar dijauhkan dari perbuatan dosa tersebut. Karena apabila seseorang terjatuh dalam perbuatan dosa tersebut (syirik), dan meninggal dalam keadaan belum bertaubat,. Maka dirinya akan kekal selamanya di dalam neraka jahannam. Na’udzubillah

Langsung saja, berikut kumpulan hadits yang berkaitan dengan syirik.

 

Rasulullah shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Bersabda:

إِنِّي لَسْتُ أَخْشَى عَلَيْكُم أَنْ تُشْرِكُوا وَلَكِنيِّ أَخْشَى عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا أَنْ تَنَافَسُوهَا

Terjemahan : “Sungguh aku tidak takut (khawatir) kalian akan menyekutukan Allah (setelah aku meninggal nanti), Tapi yang aku takutkan adalah kalian akan berlomba-lomba memperebutkan dunia.” (Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan Ahmad).

 

Hadits Berkaitan Dengan Syirik, Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ ثَلَاثًا قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَجَلَسَ وَكَانَ مُتَّكِئًا فَقَالَ أَلَا وَقَوْلُ الزُّورِ قَالَ فَمَا زَالَ يُكَرِّرُهَا حَتَّى قُلْنَا لَيْتَهُ سَكَتَ

Terjemahan : Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, dari ayahnya Radhiyallahu ‘anhu , ia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perhatikanlah (wahai para sahabat). Maukah aku tunjukkan kepada kalian dosa-dosa yang paling besar? (Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengulangi ucapannya sebanyak tiga kali). Kemudian para sahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: “Syirik_kepada Allah, durhaka kepada kedua orang tua,” Kemudian Beliau duduk (padahal sebelumnya beliau dalam keadaan bersandar), lalu beliau berkata, “Perhatikanlah! Dan perkataan palsu (yakni : Ucapan Dusta),” Beliau selalu mengulanginya, sampai kami berkata, “seandainya beliau berhenti”.

 

Hadits Berkaitan Dengan Syirik Dari Jabir Radhiyallahu ‘anhu

مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ

Terjemahan : “Barangsiapa yang mati (wafat) dalama keadaan tidak berbuat syirik kepada Allah dengan sesuatu apa pun, niscaya ia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang mati (wafat) dalam keadaan berbuat syirik pada Allah, niscaya ia akan masuk neraka” {Hadits Riwayat Muslim no. 93}.

 

Hadits Tentang Syirik Kecil, Diriwayatkan Oleh Imam Ahmad

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ الله وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ؟ قَالَ الرِّياَءُ

Terjemahan : “Sungguh, yang paling aku takutkan menimpa kalian adalah syirik kecil”. Mereka berkata (maksudnya bertanya): “Apa syirik kecil itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Riya’.

 

Hadits Tentang Berdoa Kepada Selain Allah, Diriwayatkan Oleh Imam Al-Bukhari

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَدْعُو مِنْ دُوْنِ اللهِ نِدًّا دَخَلَ النَّارَ

Terjemahan : “Barangsiapa yang mati (wafat) dalam keadaan berdo’a kepada sesembahan apapun selain Allah, maka ia masuk neraka”.

 

Hadits Berkaitan Dengan Syirik, Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim

عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أنه قال: اجتنبوا السبع الموبقات -يعني: المهلكات- قلنا: وما هن يا رسول الله؟ قال: الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات

Terjemahan : “Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda: “Hindarilah tujuh perkara yang mencelakakan” yakni: Membinasakan” Kami bertanya: Apa itu wahai Rasulullah? Beliau bersabda, ” Menyekutukan Allah (Syirik), sihir, membunuh orang yang diharamkan oleh Allah kecuali karena alasan yang dibenarkan, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang dan menuduh (zina) perempuan yang baik yang menjaga kehormatan dirinya serta beriman”.

 

Hadits Tentang Syirik Dari Jabir Radhiyallahu ‘anhu

مَنْ لَقِيَ اللهَ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَقِيَهُ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ

Terjemahan : “Barangsiapa yang menemui Allah (meninggal/wafat) dalam keadaan tidak berbuat syirik kepadaNya, maka ia masuk surga, dan barangsiapa yang menemuiNya (meninggal/wafat) dalam keadaan berbuat syirik (belum bertobat) maka ia masuk neraka. (Hadits Riwayat Muslim).

 

Ayat Tentang Perbuatan Syirik (QS : An-Nisa : 116)

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ

Terjemahan : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik kepada-Nya dan Dia akan mengampuni dosa lainnya yang berada di bawah tingkatannya bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya.

 

Allah Haramkan Surga Bagi Para Pelaku Syirik Yang Tidak Bertaubat

إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّهُ عَلَيهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

Terjemahan : ““Sesungguhnya barangsiapa yang menyekutukan Allah, maka sungguh Allah telah mengharamkan surga baginya dan tempat kembalinya adalah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zhalim tersebut.” (AlQuran Surah Al Maidah: 72)

 

Anjuran Agar Beramal Sholih dan Menjauhi_Syirik Di Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 110

فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاء رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَداً

Terjemahan : “Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya, hendaklah dia beramal shalih dan janganlah mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya.

 

Faedah Hadits dan Ayat Tentang Perbuatan Syirik

Beberapa faedah yang bisa kita petik dari hadits dan ayat di atas antara lain adalah sebagai berikut

1. Syirik_adalah memalingkan suatu bentuk ibadah kepada selain Allah. Baik ibadah yang bersifat fi’liyah (perbuatan), Qouliyah (perkataan), maupun yang bersifat I’tiqodiyah (Keyakinan).

2. Syirik adalah perbuatan dosa terbesar yang harus diwaspadai dan dijauhi oleh setiap muslim

3. Riya’ adalah dosa yang paling dikhawatirkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menimpa orang-orang sholeh.

4. Riya’ adalah perbuatan syirik, dan termasuk ke dalam perbuatan syirik_kecil.

5. Seorang yang meninggal dalam keadaan berbuat_syirik (belum bertaubat), maka ia pasti akan masuk ke dalam neraka.

6. Seorang yang meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, niscaya ia akan masuk ke dalam surga.

 

Penutup Materi Hadits Tentang Syirik

Demikianlah uraian hadits dan ayat yang berkaitan dengan perbuatan syirik, semoga dapat mencerahkan dan memberi faedah dalam kehidupan kita. Sehingga kita dapat terhindar dari perbuatan_syirik, baik itu perbuatan syirik besar dan perbuatan syirik_kecil. Jazakumullah khoiron katsiron.

Share artikel tentang syirik ini di sosial mediamu, agar kaum muslimin sadar betapa bahayanya dosa syirik.

Baca Juga: 

Editor : Alumni Ma’had Jamilurrahman Assalafy, Wirokerten, Bantul, Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com