Sungai Terpanjang Di Dunia 2019

Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Dunia. – Kembali lagi di situs ilmu pengetahuan ID. Seperti judul yang tertera di atas, pada kesempatan kali ini kami ingin menghadirkan informasi seputar daftar sungai terpanjang di dunia. Setidaknya kami telah merangkum 10 sungai dari berbagai belahan dunia. Dengan ukuran panjang yang sangat fantastis bila dibandingkan dengan sungai yang ada di negara kita tercinta Indonesia.

Sebelum lanjut, kami ingin sekedar mengingatkan. Kamu bisa berkontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan mendukung terus media edukasi Ilmu Pengetahuan ID. Cara mudah, jika kamu merasa bahwa artikel ini bermanfaat dan membantu, jangan sungkan untuk mensharenya ke media sosialmu. Sebab dengan satu share darimu, berarti kamu telah mendorong media edukasi ini agar selangkah lebih maju dan berkembang lebih baik lagi. Mari kita bangun sama-sama Indonesia cerdas dan aktual bersama Ilmu Pengetahuan ID.

 

Pengertian Sungai

Sebelum masuk ke inti topik kali ini, tentu tidak ada salahnya jika kita mengetahui apa definisi sungai sebenarnya. Sungai adalah sekumpulan massa air tawar yang mengalir secara alamiah mulai dari sumber (hulu) air sampai ke muara (hilir). Sumber air sungai umumnya berasal dari mata air yang keluar dari dalam tanah melalui celah-celah atau retakan batuan. Selain dari resapan air hujan sumber air sungai dapat pula berupa pencairan es atau gletser. Adapun badan-badan air yang dapat berfungsi sebagai muara sungai antara lain laut, danau, atau sungai lain.

Baiklah, langsung saja kita simak bersama daftar sungai terpanjang di dunia berikut ini.

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Dunia Posisi Pertama Ditempati Sungai Amazon

Siapa yang tidak kenal dengan sungai amazon.? Dengan estimasi ukuran panjang sekitar 6.853 km, sungai ini duduk di posisi pertama sebagai sungai terpanjang di dunia. Lebih dari 60% sungai amazon berada di wilayah negara brazil. Sedangkan sisanya terbagi di beberapa wilayah seperti: Peru, Kolombia, Bolivia dan Ekuador. Berbicara soal debit air yang dialirkan oleh sungai amazon, diperkirakan sungai ini mampu melepaskan air tawar sebanyak 184.000m³/detik ke Samudra Atlantik saat musim hujan.

Hulu sungai amazon terletak di wilayah Nevado Mismi. Sedangkan hilirnya berada di wilayah Samudra Atlantik. Untuk luas daerah aliran sungai (DAS) Amazon diperkirakan sekitar 6.915.000 km². Meski sungai amazon kita letakkan di posisi pertama dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Dikalangan para ahli terdapat perselisihan dalam menentukan, manakah yang terpanjang antara Amazon dan Nil?

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Nil Di Mesir Menempati Posisi Kedua Sebagai Sungai Terpanjang Di Dunia

Berikutnya adalah sungai Nil. Sungai yang panjangnya masih diperselisihkan apakah lebih panjang dari sungai amazon atau tidak. Namun, berdasarkan hasil telusur yang kami temui, panjang sungai Nil sekitar 6.650 km. Sangking panjangnya, sungai ini membentang di sembilan negara sekaligus (Bahkan mungkin lebih). Negara negara yang dilalui oleh sungai Nil antara lain adalah : Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Sudan Selatan.

Secara etimologi nama sungai Nil sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu : Νείλος (Neilos). Bila diterjemah secara harfiah maka maknanya adalah lembah sungai. Tidak hanya dikenal dengan ukurannya yang panjang, beberapa spot dari sungai Nil juga dikenal sebagai kawasan objek wisata. Mata air sungai Nil berasal dari danau di wilayah Rwanda dan Burundi modern.

Satu hal yang unik dari sungai Nil ini adalah setiap tahunnya sungai akan mengalami banjir yang disebabkan oleh hujan musiman serta mencairnya es/salju di dataran tinggi Ethiopia. Sadar bahwa setiap tahunnya sungai akan meluap, orang orang di Mesir pun membangun tanggul-tanggul tanah. Pembangunan tanggul-tanggul tersebut bertujuan untuk menampung sebagian air banjir untuk kemudian bisa dimanfaatkan dalam proses irigasi saat musim tumbuh tiba.

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Dunia Berikutnya Adalah Sungai YangTze

Tidak hanya terkenal dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, Tiongkok/Cina ternyata juga memiliki sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini bernama sungai Yangtze. Secara geografis sungai Yangtze berada di wilayah Tiongkok dan menjadi batas Selatan kebudayaan kuno Tiongkok yang terletak diantara Sungai Kuning di wilayah Utara, dan Sungai Yangtze di wilayah selatan. Hulu dari sungai Yangtze ini berada di ketinggian sekitar 5.042 meter, dengan luas daerah aliran sungai (DAS) sekitar 1.800.000 km².

Dengan panjang sekitar 6.300 km, dan debit air sekitar 31.900m³/detik, sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang ketiga di dunia setelah sungai Amazon dan sungai Nil. Bila sungai Nil membentang di sembilan negara sekaligus (bahkan mungkin lebih), berbeda dengan sungai Yangtze yang hanya berada di satu wilayah negara saja, yaitu Tiongkok. Dalam skala global, sungai Yangtze memang duduk di posisi ketiga sebagai sungai terpanjang, namun dalam skala Asia, sungai Yangtze menduduki posisi pertama sebagai sungai terpanjang.

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Yellow, Sungai Terpanjang Ke-2 Di Cina, Dan Ke-4 Di Dunia 

Bukan hanya satu sungai saja, selain sungai Yangtze masih adalah sungai lainnya di Cina yang mendapatkan predikat sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai tersebut adalah sungai Kuning atau dalam bahasa Inggris biasa disebut Yellow River. Sungai terpanjang kedua di Cina ini memiliki estimasi panjang sekitar 5.464 km, dengan luas daerah aliran sungai sekitar 752.546 km².

Sumber air atau hulu dari sungai Kuning ini berada di Bayan Har Mountains dengan koordinat lokasi pada 34°29′31″N 96°20′25″E. Sedangkan hilir atau muara dari sungai ini terletak di Bohai Sea, wilayah Kenli District, Dongying, Shandong. Sungai kuning melintasi beberapa provinsi di negara Cina, seperti : Qinghai, Sichuan, Gansu, Ningxia, Inner Mongolia, Shaanxi, Shanxi, Henan, dan Shandong.

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Dunia Posisi Kelima Adalah Sungai Irtysh

Dengan panjang sekitar 4.248 km, sungai Irtysh di nobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia versi Ilmu Pengetahuan ID. Panjang sungai Irtysh berada di bawah sungai Yellow Cina, 5.464 km. Sungai Irtysh memiliki luas Daerah Aliran Sungai sekitar 1.643.000 km², dengan rata-rata debit air sekitar 2.150 m³/detik. Sungai Irtysh membentang di empat negara sekaligus, yaitu: Mongolia, Cina, Kazakhstan, dan Russia.

Hulu atau sumber air dari sungai Irtysh ini berada di Altai Mountains, sedangkan Hilir atau muaranya berakhir di sekitar Ob River. Anak sungai utama dari sungai Irtysh antara lain adalah Sungai Tobol , Sungai Demyanka dan Sungai Ishim . Sistem Ob-Irtysh membentuk cekungan drainase utama di Asia , yang meliputi sebagian besar wilayah Siberia Barat dan Pegunungan Altai.

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Salah Satu Sungai Terpanjang Di Dunia Adalah Sungai Mississippi Di Amerika Serikat 

Bila kita berbicara mengenai Amerika Serikat, mungkin yang terbayang adalah sosok negara besar yang konon katanya merupakan negara adidaya. Terlepas dari image tersebut, tahukah kamu bahwa di dalam negara ini terdapat salah satu sungai terpanjang_di dunia? Benar! Didalam negara Amerika Serikat terdapat sungai Mississippi dengan estimasi panjang sekitar 3.734 km atau sekitar 2.320 mil.

Hulu dari sungai Mississippi ini terletak di Danau Itasca di wilayah Minnesota, sedangkan hilirnya berada atau berujung di Teluk Meksiko. Luas daerah aliran sungai Mississippi sekitar 1.151.000 km², dengan debit air rata-rata sekitar 12.743 m³/detik. Ukurannya yang panjang membuat sungai Mississippi ini terbentang setidaknya melintasi 10 negara bagian Amerika Serikat. Negara-negara bagian Amerika yang dilintasi sungai ini antara lain yaitu: Minnesota, Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, Mississippi, dan Louisiana. Dengan ukurannya yang sangat panjang, tentu sebuah hal yang wajar bila sungai Mississippi ini memiliki beberapa anak sungai. Dari sekian banyak anak sungai tersebut, berikut di bawah ini merupakan daftar anak sungai Mississippi yang memegang peranan paling penting.

  • Sungai Minnesota
  • Sungai St. Croix
  • Sungai Wisconsin
  • Sungai Illinois
  • Sungai Missouri
  • Sungai Ohio
  • Sungai Arkansas

 

Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Rusia, Sungai Yenisei 

Salah satu sungai yang ikut duduk di deretan top global sungai terpanjang adalah Sungai Yenisei di Rusia. Sungai ini merupakan sungai terbesar yang mengalirkan air ke Samudera Arktik. Panjang sungai ini sekitar 3.438 km, dengan debit air rata-rata 19.600 m³/detik. Meskipun hulu atau sumber air dari sungai Yenisei ini berada di negara Mongolia, namun sebagian besar tubuh dari sungai Yenisei berada di negara Rusia. Adapun hilir atau muara dari sungai Yenisei ini terletak atau berujung di wilayah Yenisei Gulf, Samudera Arktik.

Sungai Yenisei melintasi beberapa wilayah/kota di negara Mongolia dan Rusia, seperti: Tuva, Krasnoyarsk Krai, Khakassia, Irkutsk Oblast, Buryatia, Zabaykalsky Krai, Kyzyl, Shagonar, Sayanogorsk, Abakan, Divnogorsk, Krasnoyarsk, Yeniseysk, Lesosibirsk, Igarka, dan Dudinka. Sungai Yenisei merupakan rumah bagi 55 spesies ikan asli, termasuk dua diantaranya adalah spesies endemik: Gobio sibiricus (a gobionine cyprinid) dan Thymallus nigrescens.

 

Sungai_Terpanjang Di Dunia

Sungai Rio del la Pelata, Masuk Dalam Daftar Sungai Terpanjang Di Dunia

Mungkin nama sungai Rio del la pelata tidak setenar nama sungai Amazon, Sungai Nil, atau pun sungai Yangtze. Namun, keberadaan sungai Rio del la pelata tidak bisa kita pandang sebelah mata. Sebab, dengan panjang 4.876 km yang dimilikinya, sungai Rio del la pelata sangat-sangat layak untuk duduk di deretan sungai terpanjang di dunia, bersama dengan sungai-sungai panjang lainnya.

Lokasi sungai ini berada di dua negara sekaligus, yakni Uruguay, dan Argentina. Sumber air Sungai Rio del la pelata berada di Pertemuan Sungai Paraná dan Uruguay, sedangkan hilirnya berakhir di Laut Argentina. Beberapa anak sungai utama dari Rio del La Pelata, antara lain:

  • Sungai Uruguay
  • Sungai San Juan
  • Sungai Santa Lucía
  • Sungai Paraná
  • Sungai Luján
  • Sungai Salado

 

Sungai_Terpanjang Di Dunia

Sungai Terbesar di Afrika Tengah Bagian Barat, Sungai Kongo

Sungai Kongo memiliki panjang 4.700 km dengan rata-rata debit air sekitar 41.200 m³/detik. Dengan melihat angka debit air yang dikeluarkan sungai Kongo, kita dapat mengetahui bahwa sungai ini adalah sungai terbesar kedua di dunia untuk skala debit air yang dialirkan. Tentunya tidak hanya unggul dalam skala debit air, sebagaimana yang kita sebutkan barusan, sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km. Panjang tersebut sudah cukup untuk memasukkan sungai_Kongo ke dalam deretan sungai_terpanjang di dunia.

Sungai Kongo ini juga dikenal dengan nama Sungai Zaire. Sungai ini memiliki luas daerah aliran sungai (DAS) sekitar 4.014.500 km²,. Hulu atau sumber air dari sungai Kongo terletak di Sungai Lualaba, sedangkan hilirnya berakhir di Samudera Atlantik. Kembali menyinggung luas Daerah Aliran Sungai Kongo, tahukah kamu bahwa luas DAS dari sungai kongo ternyata lebih luas dari wilayah negara India!!

 

Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Amur ~ Salah Satu Sungai Terpanjang Di Dunia Yang Menjadi Simbol – Faktor Geopolitik

Sungai Amur terletak di wilayah Rusia – Cina, dan melintasi beberapa kota seperti: Blagoveschensk , Heihe , Tongjiang , Khabarovsk , Amursk , Komsomolsk-on-Amur , dan Nikolayevsk-on-Amur. Sungai Amur adalah simbol sekaligus faktor geopolitik penting dalam hubungan Russia dan Cina. Sungai Amur memegang peranan yang sangat penting saat periode perpecahan Sino-Soviet pada tahun 1960-an. Keberadaan sungai Amur ini membentuk perbatasan antara Tiongkok Timur Laut dan Timur Jauh Russia. Panjang sungai ini sekitar 2.824 km atau 1.755 mil. Debit air yang dialirkan sungai Amur berkisar 11.400 m³/detik.

Sungai AMur memiliki dua sumber air (Hulu). Sumber air pertama berada di Sungai Onon dan Sungai Shilka. Sedangkan sumber air kedua berasal dari sungai Kherlen dan Sungai Ergune. Muara atau hilir dari sungai Amur berakhir di Selat Tartary di dekat Nikolaevsk-on-Amur , Khabarovsk Krai , Rusia.

 

Penutup

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai sungai terpanjang di dunia. Semoga apa yang telah kami hadirkan dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada. Ikuti terus perkembangan ilmu pengetahuan di Ilmu Pengetahuan ID. Disini kamu bisa mengakses beragam materi pelajaran, mulai dari materi SD, SMP, SMA, SMK, Kuliah, dan Umum.

Terima kasih atas perhatiannya, dan dukung terus media edukasi Ilmu Pengetahuan ID agar berkembang lebih baik lagi. Tetap semangat buat para pelajar, raih cita-cita mulia, dan taklukan dunia dengan IIlmu Pengetahuan!!

Share artikel ini di sosmedmu, bantu kami dalam menyebarkan ilmu pengetahuan

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon Banten dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy

Partner : Contoh-Contoh.Com