Pengertian Software : Macam, Fungsi dan Contoh

Pengertian Software
Pengertian Software

Pengertian Software : Macam, Fungsi dan Contoh

Kembali lagi di situs ilmu pengetahuan ID. Persis sebagaimana judul yang kita lihat bersama, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Pengertian Software : Macam Jenis, Fungsi dan Contohnya. Semoga apa yang akan kami hadirkan berikut ini dapat membantu para pelajar dimana pun berada. Terkhususnya para pelajar yang berada di Indonesia, Amerika, dan Malaysia. Kenapa 3 negara ini? Yah, karena 3 negara inilah yang paling banyak mengakses situs Ilmu Pengetahuan ID.

Untuk menghemat waktu, mari langsung saja simak uraian selengkapnya dibawah ini.

 

Pengertian Software

Software atau yang biasa disebut dengan perangkat lunak adalah sebuah istilah khusus yang digunakan untuk menyebut suatu data yang diformat, serta tersimpan secara digital, seperti : program komputer, dokumen yang berada didalamnya, serta beragam informasi yang dapat terbaca dan ditulis melalui sistem komputer.

Dengan kata lain, secara garis besar pengertian software adalah suatu part/bagian sistem komputer yang tidak berwujud, namun memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kinerja dari sebuah perangkat keras komputer (hardware).

 

Pengertian Software Menurut Para Ahli

a. Roger S. Pressman

Roger S. Pressman adalah salah seorang insinyur software yang juga merupakan seorang penulis, konsultan dan EVANNEX. Menurutnya, pengertian software atau perangkat lunak adalah suatu perintah program di dalam perangkat komputer, yang apabila dieksekusi oleh penggunanya akan menghasilkan fungsi atau unjuk kerja sesuai dengan yang diharapkan oleh si pengguna.

b. Wiwit Siswoutomo

Menurut penulis buku “Step by Step Joomla! Programming” yaitu Wiwit Siswoutomo, pengertian software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer. Sebab, tanpa adanya software atau perangkat lunak, komputer hanyalah sebuah hardware yang “mati” dan tidak dapat mengeluarkan fungsi yang sesungguhnya.

Note: Definisi pengertian software menurut para ahli diatas mungkin tidak 100% sama sebagaimana ucapan atau kata yang telah dituturkan oleh para tokoh diatas. Hal ini dikarenakan, kami telah mengubah serta melengkapi beberapa kosa kata dari pengertian tersebut. Meskipun begitu, maksud dan tujuan yang terkandung dari pengertian software yang telah kami cantumkan diatas, masihlah sama/tidak melenceng dari apa yang dimaksudkan oleh para ahli atau tokoh diatas.

 

Artikel Pengertian Software : Macam, Fungsi dan Contoh

 

Macam-Macam Software

Setelah mengenal/mengetahui pengertian software, berikutnya kita juga perlu mengetahui jenis atau macam-macam software. Secara garis besar, jenis/macam software terbagi menjadi 2; ditinjau berdasarkan jenis/sifatnya, dan ditinjau berdasarkan distribusinya.

Software Ditinjau Berdasarkan Jenis/Sifatnya

a. Operating System : Jenis perangkat lunak ini umumnya digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasi tiap-tiap komponen pada perangkat komputer. Termasuk didalamnya mengelola fungsi dari perangkat komputer. Contoh dari jenis software atau perangkat lunak operating system seperti : Linux, Windows, DOS, dan UNIX.

b. Application Program : Perangkat lunak jenis ini biasanya memiliki fungsi-fungsi khusus, seperti: software akuntansi, software presentasi, dan software-software sejenis lainnya. Adapun contoh dari jenis software application program antara lain seperti: Microsoft Office Excel, Microsoft Office Word, OpenOffice.Org, DLL.

c. Programing Language : Jenis software ini juga biasa disebut bahasa pemrograman. Fungsinya yaitu memberi instruksi standar yang turut melibatkan sintak dan semantik, guna mendefinisikan program aplikasi sebuah komputer / Application Program. Beberapa contoh softrware dalam jenis ini antara lain seperti: PHP, Java, dan Microsoft Visual Basic.

Software Ditinjau Berdasarkan Distribusinya

a. Freeware : Software atau perangkat lunak jenis ini umumnya bisa dimiliki dan digunakan oleh siapapun tanpa ada batas masa penggunaan. Hanya saja, software jenis ini cenderung memiliki kemampuan atau fungsi yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan versi berbayar.

b. Adware : Perangkat lunak jenis ini tidak jauh berbeda dengan software jenis freeware. Hanya saja, mereka yang menggunakan adware biasanya akan mendapati iklan di dalam komputer/perangkatnya, saat menjalankan software jenis ini.

c. OpenSource : Software jenis ini adalah perangkat lunak yang bersifat terbuka. Maksudnya adalah software jenis opensource kode sumbernya dapat dibuka, dimodifikasi, disebarluaskan, serta ditingkatkan fungsi dan kinerjanya.

d. Spyware : Perangkat lunak jenis ini dirancang untuk memata-matai segala bentuk aktivitas yang terjadi pada sebuah perangkat/komputer. Dalam beberapa kondisi, penggunaan spyware memang dibutuhkan untuk mengungkap sebuah tindak kejahatan. Namun, tidak sedikit pula yang menyalahgunakan perangkat lunak jenis ini, untuk melakukan sebuah tindak kejahatan.

e. Shareware : Hampir mirip dengan freeware yang dapat digunakan secara gratis. Hanya saja, software jenis shareware memiliki batas masa penggunaan (biasanya 30 hari). Apabila masa penggunaannya telah habis, software jenis ini biasanya akan berhenti berjalan. Software jenis ini biasa dibagikan secara gratis.

 

Fungsi Software

Setelah memahami pengertian software dan macam-macamnya, tentu kita juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari software secara umum. Berikut di bawah adalah beberapa fungsi software secara umum yang telah kami rangkum buat Anda.

1. Sebagai basis fungsi dari perangkat komputer yang membuatnya dapat beroperasi.

2. Mengontrol seluruh perangkat keras/hardware sehingga dapat bekerja/berfungsi secara serempak.

3. Sebagai penghubung hardware ke beberapa software lainnya, dan sebaliknya.

4. Membaca perintah software lain, untuk kemudian diolah sehingga mampu dimengerti oleh perangkat keras/hardware.

5. Mengidentifikasi/mengenali program yang terdapat pada sebuah perangkat komputer.

 

Contoh-Contoh Software

Kita sudah mengetahui pengertian software, macam-macamnya, dan barusan fungsi-fungsi software secara umum. Poin pembahasan terakhir yaitu, contoh-contoh software. Berikut di bawah ini adalah contoh-contoh software yang sudah sangat familiar di telinga kita.

1. Microsoft Office Word : Perangkat lunak pengolah kata andalan milik Microsoft yang biasa digunakan untuk membuat serta mengedit dokumen.

2. Microsoft Office Excel : Perangkat lunak yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik.

3. Microsoft Office PowerPoint : Perangkat lunak yang dikembangkan oleh microsoft untuk membuat presentasi.

4. Photoshop : Perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh Adobe Systems, dengan fungsi khusus sebagai pengedit foto atau gambar, serta fitur penambahan efek.

5. VLC Media Player : Perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemutar berkas multimedia. Mulai dari video (termasuk DVD dan VCD), dan audio ( baik dalam format MPEG, DivX, Ogg, dan format lainnya).

6. Notepad++ : Software penyunting teks dan kode sumber yang berjalan pada sistem operasi Windows.

7. Windows Media Player : Perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar yang dikembangkan oleh Microsoft.

 

Penutup Materi Seputar Pengertian Software, Macam, Fungsi dan Contohnya

Mungkin demikian saja ilmu pengetahuan yang bisa kami sampaikan seputar seluk beluk software, mulai dari Pengertian, Macam, Fungsi dan Contoh-contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu para pelajar dimana pun berada. Tetap semangat belajar, raih cita-cita mulia dan taklukan dunia dengan ilmu pengetahuan.

Share artikel ini untuk membantu kami agar berkembang lebih baik lagi

Baca Juga : 

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com