Hari Senin : Hadits dan Keutamaannya

Hari Senin

Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh. Kembali lagi di situs Ilmu Pengetahuan ID. Sebagaimana judul yang sudah kita sama-sama lihat.. Pada rubrik hadits kali ini kita akan membahas seputar seluk beluk hari Senin dalam pandangan Islam. Terlebih khusus, meninjau tentang hari_Senin di dalam riwayat hadits Baginda yang Mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Doa Safar dan Terjemahannya

 

Apa Itu Hari Senin ? 

Hari Senin atau yang biasa disebut dengan Senin adalah hari kedua di dalam satu pekan. Jika kita menelusur lebih dalam, kita akan mendapati bahwa kata “Senin” pada hari_Senin sebenarnya berasal dari bahasa Arab الاثنين (Itsnain). Untuk lebih jelasnya, lihat urutan hari di bawah ini.

1. الأحد (dibaca : Ahad) = Hari Ahad / Minggu

2. الاثنين (dibaca : Itsnain) = Hari_Senin

3. الثلاثاء (dibaca : Tsulasa-u) = Hari Selasa

4. الأربعاء (dibaca : Arbi’a-u) = Hari Rabu

5. الخميس (dibaca : Khomis) = Hari Kamis

6. الجمعة (dibaca : Jumu’ah) = Hari_Jumat

7. السبت (dibaca : Sabtu) = Hari Sabtu

 

Berikut ini adalah sejumlah hadits yang berkaitan dengan hari_Senin:

 

1. Hadits Yang Berkaitan Dengan Hari Senin, Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Terjemahan : “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka, setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun (niscaya) akan diampuni (dosa-dosanya). Kecuali seseorang yang antara dirinya dan saudaranya terjadi permusuhan. (Di dalam kitab An-Nihaayah, karya Ibnul Atsir).

 

2. Hadits Yang Berkaitan Dengan Hari Senin, Diriwayatkan Dari Abu Hurairah Di Dalam Shahih Muslim

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ”

Terjemahan : “Amal-amal manusia diperiksa (di hadapan Allah) setiap Jum’at (yakni : sepekan) dua kali. Yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka, (niscaya) akan diampuni setiap hamba yang beriman (kepada Allah). Kecuali seorang hamba yang antara dirinya dan saudaranya terjadi permusuhan. {Di dalam Kitab Shahih Muslim (IV/1988) Kitabul Birr was Shilah wal Aadaab}

 

3. Hadits Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anhaa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ”

Terjemahan : ”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dalam melakukan puasa (pada) hari Senin dan Kamis. {Hadits Riwayat Imam At-Tirmidzi dalam Sunannya, An-Nasa-i dalam Sunannya, Ibnu Majah dalam Sunannya, dan Imam Ahmad dalam Musnadnya}.

 

4. Hadits Yang Berkaitan Dengan Hari Senin, Dari Abu Qotadah Radhiyallahu ‘anhu

Kala itu Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa hari_Senin. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab:

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِ”

Terjemahan : “Itu (Hari_Senin) adalah hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau hari diturunkannya Al-Qur-an kepadaku. {Hadits Riwayat Imam Muslim, di dalam Kitab Siyam}

 

Keutamaan Hari_Senin Di dalam Islam

1. Hari Senin adalah hari dimana pintu-pintu Surga dibuka dan diampuni dosa setiap hamba, selama tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun. Dan tidak bermusuhan dengan saudaranya.

2. Hari dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dalam melakukan ibadah puasa sunnah.

3. Hari diperiksanya amal-amal manusia dihadapan Allah.

 

Penutup Materi Seputar Hari Senin

Demikian pembahasan singkat kita kali ini seputar Hari Senin dalam pandangan Islam. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada. Jangan lupa, ikuti terus perkembangan rubrik hadits di situs Ilmu Pengetahuan ID untuk memperluas khazanah Islamiyah yang kita miliki, serta menambah keimanan kita untuk terus beramal sholeh hingga akhir hayat. Jazakumullah khoiron..

Share artikel ini agar kebaikan semakin tersebar luas

Editor : Alumni Ma’had Jamilurrahman Assalafy, Wirokerten, Bantul, Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com