Hari Jumat : Hadits, Amalan, dan Keutamaannya

Hari Jumat
Hari Jumat

Assalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakaatuh. Kembali lagi di situs Ilmu Pengetahuan ID. Pada edisi kali ini seperti judul yang telah sama-sama kita lihat, kita akan membahas mengenai “Hari Jumat”. Mulai dari hadits terkait dengan hari_Jumat, keutamaan hari Jumat, amalan istimewa di hari_Jumat dan beberapa wawasan lainnya mengenai hari_Jumat. Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian materi selengkapnya mengenai hari Jumat.

Baca Juga : Doa Safar Dalam Hadits Dan Terjemahannya

 

Apa itu Hari Jumat ?

Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab “الجمعة” (Jumu’ah) yang berarti beramai-ramai atau berjama’ah. Jumat adalah hari keenam di dalam satu pekan. Dalam satu pekan terdapat 7 hari. Urutannya seperti di bawah ini.

1. Hari Ahad / Minggu

2. Hari Senin

3. Hari Selasa

4. Hari Rabu

5. Hari Kamis

6. Hari_Jumat

7. Hari Sabtu

Tidak berbeda dengan hari Jumat, seluruh nama hari dalam sepekan yang digunakan di Indonesia berasal dari bahasa arab, kecuali Minggu.  Berikut adalah nama-nama hari dalam bahasa arab.

1. الأحد (dibaca : Ahad) = Hari Ahad / Minggu

2. الاثنين (dibaca : Itsnain) = Hari Senin

3. الثلاثاء (dibaca : Tsulasa-u) = Hari Selasa

4. الأربعاء (dibaca : Arbi’a-u) = Hari Rabu

5. الخميس (dibaca : Khomis) = Hari Kamis

6. الجمعة (dibaca : Jumu’ah) = Hari_Jumat

7. السبت (dibaca : Sabtu) = Hari Sabtu

 

Berikut Ini Adalah Beberapa Hadits Yang Berkaitan Dengan Hari Jumat, Lengkap Dengan Terjemahannya :

 

1. Hadits Berkaitan Dengan Hari_Jumat dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ ( هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا)

Terjemahan : “Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca “Alif..Lam..Mim.. Tanzil” ketika shalat Shubuh di hari_Jumat pada raka’at pertama dan (membaca) “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuuroo” pada raka’at kedua. {Hadits Riwayat Muslim. No.880}

Note :
Alif..Lam..Mim.. Tanzil
 (maksudnya surah As-Sajadah)
Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuuroo (maksudnya surah Al-Insan)

 

2. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

Terjemahan : “Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Adam diciptakan pada hari itu (Jumat). Ia (Adam) dimasukan ke dalam Surga pada hari itu (Jumat), dan dikeluarkan dari Surga juga pada hari itu (Jumat). Dan Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari_Jumat”. (Hadits Riwayat Muslim)

 

3. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat dar Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ »

Terjemahan : “Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhumaa, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari ‘Ied yang Allah telah menjadikannya bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang menghadiri shalat Jumat hendaknya ia mandi. Jika ia memiliki parfum maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (Hadits Riwayat Ibnu Majah. Dinyatakan hasan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani).

 

4. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

Terjemahan : Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu Adam diwafatkan. Pada hari itu tiupan sangkakala pertama, dan pada hari itu pula tiupan sangkakala kedua. {Hadits Riwayat Abu Daud, no. 1047; An-Nasai, no. 1374; Ibnu Majah, no. 1085 dan Ahmad, 4:8. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani}

 

5. Hadits Berkaitan Dengan Hari_Jumat, Diriwayatkan oleh Abu Ya’la 

Ketika itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada Jibril ‘Alaihissalam. “Hari apa ini?”. Jibril ‘Alaihissalam pun menjawab:

هَذِهِ الجُمُعَةُ جَعَلَهَا اللهُ عِيْدًا لَكَ وَلِأُمَّتِكَ

Terjemahan : ““Hari ini adalah hari_Jumat yang Allah jadikan sebagai ‘ied (hari raya) bagimu dan umatmu”

 

6. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat Dari ‘Aus bin ‘Aus Radhiyallahu ‘anhu

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة فأكثروا علي من الصلاة فيه فإن صلاتكم معروضة علي

Terjemahan : “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari_Jumat. Maka perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari itu. Karena sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku. {Hadits Riwayat Abu Dawud dengan sanad shahih}

 

7. Hadits Berkaitan Dengan Hari_Jumat Dari Jabir Bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيْهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ.”

Terjemahan : “Hari Jumat itu ada dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang meminta sesuatu kepada Allah (di dalam waktu tersebut) melainkan Allah akan memberinya (mengabulkannya). Maka peganglah erat-erat (ingatlah baik-baik) akhir dari waktu tersebut adalah setelah ‘Ashar.” {Hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunannya (Sunan Abu Dawud VI/12) di dalam kitab ash-Shalaah, Imam An-Nasa-i di dalam Sunannya (III/99, 100) kitab al-Jumu’ah dan Al-Hakim dalam al-Musradrak (I/279).}

 

8. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu

Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ اْلإِمَامُ حَضَرَتِ الْمَلاَئِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ.”

Terjemahan : “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu segera pergi (ke masjid), maka seakan-akan ia berkurban dengan seekor unta yang gemuk. Dan barangsiapa yang berangkat (ke mesjid) pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia telah berkurban dengan seekor sapi betina. Dan barangsiapa berangkat (ke mesjid) pada jam yang ketiga, maka seakan-akan ia telah berkurban dengan seekor domba yang bertanduk. Dan barangsiapa yang berangkat (ke mesjid) pada jam yang keempat, maka seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang berangkat (ke mesjid) pada jam kelima, maka seakan-akan ia telah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/pengingat). {Di dalam Shahih Al-Bukhari (I/213) di bagian kitab Al-Jumu’ah, bab fadhlul Jumu’ah dan Di dalam Shahih Muslim (II/587) di bagian kitab al-Jumu’ah bab at-Tahjiir Yaumil Jum’ah}

 

9. Hadits Berkaitan Dengan Hari Jumat, Diriwayatkan Oleh Imam Muslim

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ.”

Terjemahan : “Shalat yang lima waktu, dan Jumat ke Jumat (yang berikutnya), dan Ramadhan ke Ramadhan (yang berikutnya) menghapuskan dosa-dosa (yang dilakukan) di antara masa tersebut, jika ia menjauhi dosa-dosa besar. (Hadits Riwayat Muslim)

 

Keutamaan Hari Jumat Di Dalam Islam ♥

1. Hari Jumat adalah sebaik baik hari. Sebagaimana telah di sebutkan dalam hadits no.2 yang telah kita sampaikan di atas.

2. Di dalam hari_Jumat terdapat satu waktu, yang dimana apabila seseorang berdoa kepada Allah, niscaya akan diijabah (dikabulkan). Lihat hadits no.7 yang telah kita sampaikan di atas.

3. Dihapuskan dosa-dosa antara Jumat yang satu ke Jumat berikutnya, selama menjauhi dosa-dosa besar. Lihat hadits no.9 yang telah kita sampaikan diatas.

4. Mendapatkan keutamaan layaknya berkurban seekor unta yang gemuk, bila melakukan mandi sebagaimana mandi janabah dan bersegera berangkat ke mesjid (di awal waktu) untuk menghadiri sholat Jumat.

5. dan masih banyak lagi

 

Amalan-Amalan Yang Dianjurkan Pada Hari Jumat ♥

1. Dianjurkan membaca surat As-Sajadah dan Al-Insan pada saat shalat subuh di hari Jumat.

2. Dianjurkan membaca surat Al-kahfi. Sebagaima hadits dari Abu Sa’id Alkhudri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين
Terjemahan: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at”. (Hadits Riwayat Hakim)

3. Dianjurkan memperbanyak shalawat. Lihat hadits no.6 yang telah kita sampaikan di atas.

4. Memperbanyak doa di Hari Jumat, karena di dalamnya terdapat waktu mustajab. Yakni, terdapat satu waktu di dalam hari_Jumat yang apabila seorang hamba meminta kepada Allah, niscaya akan Allah kabulkan. Lihat hadits no.7 yang telah kita sampaikan di atas.

 

Penutup

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Hari Jumat. Mulai dari penjelasan mengenai apa itu hari_Jumat, hadits-hadits yang berkaitan dengan hari_Jumat, keutamaannya, dan amalan yang di anjurkan pada hari_Jumat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama. Jazakumullah khoiron katsiron.. Assalamu’alaikum.

Bagikan artikel ini ke sosial mediamu, tebarkan kebaikan untuk menuai pahala jariyah 🙂

Editor : Alumni Ma’had Jamilurrahman Assalafy, Wirokerten, Bantul, Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com