Hadits Tentang Shalawat dan Keutamaannya

Hadits Tentang Shalawat
Hadits Tentang Shalawat

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. Kembali lagi di rubrik hadits situs ilmu pengetahuan ID. Pada kesempatan yang berbahagia ini, sesuai dengan judul yang telah kita lihat bersama,. Kami telah mengumpulkan beberapa hadits tentang shalawat yang semoga dapat memperluas khazanah islamiyah kita, sekaligus menambah keimanan kita agar tetap berpegang teguh kepada Alquran dan sunnah.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa hadits tentang shalawat beserta fadhilah atau keutamaan dari bershalawat.

Baca Juga : Hadits Tentang Kejujuran

 

Hadits Tentang Shalawat Riwayat Bukhari Di Dalam At-Tarikh Al Kabiir (6/416)

Diriwayatkan ‘Ammar bin Yasir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله وكل بقبري ملَكا أعطاه أسماع الخلائق ، فلا يصلي عليَّ أحد إلى يوم القيامة إلا أبلغني باسمه واسم أبيه : هذا فلان ابن فلان قد صلى عليك 

Artinya : Sungguh Allah telah mengutus seorang malaikat di atas kuburanku yang telah diberikan pendengaran (atas) seluruh makhluk, maka tidaklah seorang pun yang bershalawat kepadaku sampai hari kiamat, melainkan ia akan memberitahukan kepadaku namanya dan nama ayahnya, : “ini adalah fulan bin fulan telah bershalawat kepadamu”.

 

Bentuk Lafadz Shalawat Dalam Hadits Thalhah bin ‘Ubaidillah Radhiyallahu ‘anhu

Hadits Tentang Shalawat
Hadits Tentang Shalawat

اللهم صل على محمد و على آل محمد كما صليت على إبراهيم وآل إبراهيم إنك حميد مجيد , و بارك على محمد و على آل محمد كما باركت على إبراهيم و آل إبراهيم إنك حميد مجيد 

“Allaahumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa ibraahiim wa aali ibraahiim innaka hamiidun majiid, wa baarik ‘alaa Muhammadin wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarakta ‘alaa ibraahiim wa aali ibraahiima innaka hamiidum-majiid”

Terjemahan : “Ya Allah berilah shalawat (rahmat) kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan shalawat (rahmat) kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Maha Agung dan berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”

 

Hadits Tentang Shalawat Diriwayatkan Oleh Imam Al-Baihaqi

Baginda yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Terjemahan : “Perbanyaklah oleh kalian membaca shalawat kepadaku ketika hari Jum’at dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya 10 kali.

 

Hadits Tentang Shalawat Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya :“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah bershalawat kepadanya 10 kali shalawat. Dan dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan untuknya 10 derajat.” {Hadits Riwayat Imam An-Nasa’i, III/50 dan dinyatakan Shahih oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani}.

 

Hadits Tentang Shalawat Dari Abu Darda` (Sanad Hasan)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya : “Barangsiapa yang ber-shalawat kepadaku pagi hari sepuluh kali dan sore hari sepuluh kali, maka ia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” [Hadits Riwayat Ath-Thabrani dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani].

 

Ayat Tentang Tentang Shalawat Di Dalam Surah Al-Ahzab : 56

Allah berfirman :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

 

Keutamaan Bershalawat 

Hadits Tentang Shalawat
Hadits Tentang Shalawat

1. Seorang muslim yang bershalawat kepada baginda Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam 1 kali, akan mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah Subhaanahu wa ta’ala.

2. Seorang muslim yang bershalawat 1 kali, maka dinaikan derajatnya sebanyak 10 derajat.

3. Seorang muslim yang bershalawat 1 kali, maka dihapuskan darinya sebanyak 10 kesalahan.

4. Mendapatkan syafa’at Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Penutup

Demikianlah materi singkat kita kali ini seputar hadits tentang shalawat dan keutamaan bershalawat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi berkah bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya, syukron jazakumullah khoiron, Assalamu’alaikum.

Share artikel ini di sosial mediamu, tebarkan kebaikan, dan raihlah pahala

Baca Juga : Doa Selamat Dunia Akhirat

Editor : Alumni Ma’had Jamilurrahman Assalafy Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com