Hadits Tentang Kejujuran (Materi Hadits)

Hadits Tentang Kejujuran
Hadits Tentang Kejujuran

Assalamu’alaikum – Kembali lagi di rubrik hadits ilmu pengetahuan ID. Seperti judul yang telah kita lihat bersama, pembahasan kali ini tidak akan jauh-jauh dari hadits tentang kejujuran, serta ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang kejujuran. Semoga apa yang kami sampaikan berikut ini dapat memberi manfaat khususnya bagi penulis, dan bagi seluruh para pembaca secara umumnya. Langsung saja, simak materi selengkapnya seputar hadits dan ayat tentang kejujuran berikut ini.

 

Hadits Pendek Tentang Kejujuran

Hadits tentang kejujuran berikut ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنْ تَصْدُقِ اللَّهَ يَصْدُقْكَ

Terjemahan : Jika engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah akan jujur kepadamu.

 

Hadits Tentang Kejujuran Akan Membawa Kepada Kebaikan

Berikut ini adalah hadits yang di riwayatkan oleh 2 Imam Ahli Hadits Mahsyur, Imam Al Bukhari dan Imam Muslim. Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan orang-orang yang berlaku jujur, dan peringatan akan bahayanya perbuatan/perkataan dusta.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Terjemahan : Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan akan mengantarkan seseorang ke surga. Dan apabila seorang senantiasa berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah/hati-hatilah oleh kalian terhadap perbuatan dusta, karena kedustaan akan membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan akan mengantarkan seseorang ke dalam neraka. Dan apabila seseorang selalu berdusta dan memilih kedustaan, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong).

 

Hadits Tentang Kejujuran Dalam Jual Beli / Perdagangan

Berikut ini adalah hadits yang menjelaskan tentang kejujuran dalam jual beli atau perdagangan. Barangsiapa yang jujur di dalam transaksi, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan di dalam transaksi tersebut, namun barangsiapa yang berdusta di dalam transaksi, maka keberkahan pun akan hilang pada transaksi tersebut.

الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا – أَوْ قَالَ حَتَّى يَتَفَرَّقَا – فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا ، وَإِنْ كَتَمَا وَكَذَبَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا

Terjemahan : Kedua orang penjual dan pembeli (masing-masing) memiliki hak pilih/khiyar selama keduanya belum berpisah. Apabila keduanya berlaku jujur dan saling berterus terang, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan pada transaksi tersebut. Namun, apabila keduanya berdusta dan saling menutup-nutupi, maka hilanglah keberkahan bagi keduanya pada transaksi tersebut. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

 

Hadits Tentang Kejujuran Dari Abu Muhammad Al Hasan Bin Ali رضي الله عَنْهما

 حفِظْتُ مِنْ رسولِ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « دَعْ ما يَرِيبُكَ إِلَى مَا لا يَريبُكَ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمأنينَةٌ، وَالْكَذِبَ رِيبةٌ » رواه التِرْمذي وقال : حديثٌ صحيحٌ .

Terjemahan : Aku menghafal hadits dari Nabi صلی الله عليه وسلم, yaitu : “Tinggalkanlah apa saja yang meragukanmu dan beralihlah kepada yang tidak kamu ragukan. Sesungguhnya Kejujuran itu (akan membawa) ketenangan dan Kedustaan itu (akan mendatangkan) kebimbangan”(Hadits Riwayat Tirmidzi, Beliau berkata Hadits Shahih)

 

Ayat Tentang Kejujuran/Kebenaran

Di dalam surah At-Taubah ayat 119, Allah berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Terjemahan : Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.

 

Selain surah At-Taubah, Allah juga berfirman di dalam surah Az-Zumar ayat 33 :

وَٱلَّذِي جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ وَصَدَّقَ بِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ

Terjemahan : Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

 

Allah juga berfirman di dalam surah Muhammad ayat 21 :

فَلَوْ صَدَقُوا اللَّهَ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ

Terjemahan : Tetapi jikalau mereka berlaku jujur kepada Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.

 

Penutup

Demikianlah untaian ayat dan hadits tentang kejujuran yang bisa kami hadirkan. Sebenarnya masih ada banyak ayat dan hadits yang berbicara tentang kejujuran, namun karena keterbatasan waktu dan ilmu, mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan. Jazakumullah khoiron katsiron atas perhatiannya.

Share artikel ini di sosial mediamu, tebarkan kebaikan dan raihlah pahala jariyah

Baca Juga :

Editor : Alumni Ma’had Jamilurrahman Assalafy Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com