Doa Turun Hujan : Arab, Latin dan terjemahannya

doa turun hujan
doa turun hujan

Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuh. Kembali lagi di rubrik hadits situs ilmu pengetahuan ID. Seperti judul yang telah kita lihat bersama, kali ini kita akan menghadirkan pembahasan atau materi terkait dengan doa turun hujan. Berhubung saat ini kita akan segera memasuki musim penghujan, tentu alangkah baiknya jika kita mempelajari dan menghapal seputar_doa turun_hujan.

Baca Juga : Hari Jumat : Hadits, Amalan, dan Keutamaannya

Langsung saja, mari simak uraian selengkapnya di bawah ini.

 

Doa Turun Hujan Teks Arab

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

 

Doa Turun Hujan Teks Latin

“Allahumma Shoyyiban Naafi’an”

 

Terjemahan Doa Turun Hujan

“Ya Allah, Turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

 

Teks Hadits Lengkap Beserta Perawinya Mengenai Doa Turun Hujan

Doa_turun hujan diatas berasal dari hadits Ummul Mu’minin ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha.

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Terjemahan : “Sesungguhnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban naafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)”. (Hadits Riwayat Bukhari no. 1032)

 

Hadits Berkaitan Dengan Turunnya Hujan, Dari Sahl bin Sa’ad

Baginda yang mulia Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Terjemahan : “Ada dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika panggilan (adzan) dan (2) doa ketika ketika turunnya hujan.” (Hadits Riwayat Al-Hakim dan Al-Baihaqi. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

Doa Ketika Hujan Yang Turun Sangat Lebat

Doa berikut ini bisa kita amalkan ketika hujan yang_turun di wilayah/daerah kita benar-benar sangat lebat. Sehingga dikhawatirkan dapat memberikan ancaman bahaya, semisalnya : Banjir, atau longsor. Berikut doa selengkapnya

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Teks Latin : Allahumma hawaalainaa wa laa ’alainaa, Allahumma ’alal aakaami wal jibaali, wadzh-dzhiroobi, wa buthuunil awdiyati, wa manaabitisy-syajari

Terjemahan : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (Hadits Riwayat Bukhari no. 1014).

 

Doa Setelah Turun Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Teks Latin : Muthirnaa Bifadhlillaahi wa Rahmatihii

Terjemahan : Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah

 

Hadits Yang Menjelaskan Terkait Doa Setelah Turun Hujan

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Terjemahan : “Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Barangsiapa yang mengatakan “Muthirnaa Bifadhlillaahi wa Rahmatihii” (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaKu dan kufur terhadap bintang-bintang. Adapun yang mengatakan “Muthirnaa binau’ kadza wa kadza” (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaKu dan beriman pada bintang-bintang.”

Perawi Hadits : Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71

 

Faedah Dari Pembahasan Ini

1. Anjuran untuk membaca doa ketika hujan

2. Hujan yang turun adalah karunia dan rahmat dari Allah

3. Salah satu waktu mustajabnya doa_adalah ketika hujan turun

4. Anjuran membaca doa “Allahumma hawaalainaa wa laa ’alainaa. Allahumma ’alal aakaami wal jibaali, wadzh-dzhiroobi, wa buthuunil awdiyati, wa manaabitisy-syajari” ketika hujan benar benar lebat dan dikhawatirkan mendatangkan bencana/marabahaya, seperti banjir dan longsor.

5. Keutamaan membaca doa “Muthirnaa Bifadhlillaahi wa Rahmatihii” setelah hujan_turun.

6. Peringatan agar tidak terjatuh pada perbuatan kufur, dengan meyakini atau menyebut “bahwa hujan turun disebabkan bintang-bintang”.

 

Penutup

Demikianlah pembahasan atau materi kita kali ini mengenai doa turun hujan, baik itu teks arab, latin, dan terjemahannya. Tidak lupa juga kami turut menghadirkan sejumlah faedah yang dapat kita petik dari pembahasan kita kali ini. Terima kasih atas perhatiannya, syukron jazakumullah khoiron.

Bagikan artikel ini ke sosial mediamu, tebarkan kebaikan untuk menuai pahala jariyah

Author : Alumni Ma’had Jamilurahman Assalafy Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com