Danau Terbesar Di Dunia (Top 10)

Danau Terbesar Di Dunia
Danau Terbesar Di Dunia

Danau Terbesar Di Dunia – Berbicara mengenai keindahan alam, hamparan bumi yang telah Allah ciptakan, berisi begitu banyak pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari lautan yang membentang luas, pegunungan yang menjulang tinggi, sungai yang mengalir indah, hutan yang perawan, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana judul yang telah kita lihat bersama. Pada edisi kali ini. Ilmu Pengetahuan ID ingin sedikit mengulas / membahas salah satu keindahan alam yang terbentuk dari hasil aktivitas bumi selama ribuan tahun lamanya. Yap! kali ini kita akan memaparkan mengenai 10 danau terbesar di_dunia . Semoga apa yang akan kami sampaikan berikut ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita bersama. Berikut uraian selengkapnya.

Baca Juga : Sungai Terpanjang Di Dunia

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-1 : Danau Laut Kaspia

Posisi nomor 1 ditempati Danau Laut Kaspia. Danau terbesar di dunia ini sekilas terlihat seperti laut karena ukuranya yang teramat besar. Sangking besarnya, Danau Laut Kaspia ini terbagi di 5 negara sekaligus. Negara tersebut adalah Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan dan Iran. Jika kamu penasaran berapa ukurannya, nih dicatat baik-baik. Danau ini memiliki Ukuran luas 394.299 kilometer persegi, dengan panjang 1199 kilometer dan kedalaman 946 meter. Kalau dikira-kira, panjang danau ini 11 kali lebih panjang dari danau terbesar di Indonesia, Danau Toba.

 

Danau_Terbesar Di Dunia Posisi Ke-2 : Danau Superior

Danau_ini merupakan danau air tawar_terbesar ke-1 di dunia berdasarkan ukuran permukaan, dan tergolong danau air tawar terbesar ke-3 dunia berdasarkan ukuran volume. Dari data yang kita peroleh, Danau Superior ini memiliki luas 82.414 kilometer persegi dan panjang 616 kilometer. Sama halnya dengan danau Great Bear, Danau Superior ini tergolong sebagai danau tipe glasial, dimana danau terbentuk akibat dari proses glasiasi.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-3 : Danau Victoria

Terletak di benua Afrika, dan terbagi di 2 negara (Tanzania &Uganda), Danau Victoria memiliki ukuran luas 69.485 kilometer persegi, dan panjang  322 kilometer. Ukuran jumbo dari danau ini, sukses membuatnya menduduki posisi ke-3, sebagai danau terbesar di dunia.

Untuk soal usia, Danau Victoria ini masih tergolong relatif muda dibandingkan dengan danau-danau lainnya. Sebab, danau ini baru terbentuk sekitar 400 ribu tahun yang lalu. Tahukah kamu, keindahan danau ini bukan hanya terlihat dari ukurannya yang membentang sangat luas, tapi di danau ini, kita juga dapat menemukan berbagai aneka satwa liar, seperti : Kuda Nil, Berang-berang Afrika tanpa cakar, Mongoose Rawa, Sitatunga, Tikus Tebu, Bohor Reedbuck, Buaya, Kura-kura, dan masih banyak lagi.

 

Danau_Terbesar Di Dunia Posisi Ke-4 : Danau Huron

Danau yang terbagi di wilayah AS dan Kanada ini memiki luas 59.596 kilometer persegi, dengan panjang 397 kilometer. Sedangkan untuk kedalaman, danau ini tercatat memiliki dalam sekitar 229 meter. Berbeda dengan kebanyakan danau lainnya, danau huron ini mempunyai sebuah keunikan, dimana bukan sungai yang mengalir ke arah danau, melainkan danau ini mengalirkan air ke arah sungai, hingga akhirnya menuju samudra.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-5 : Danau Michigan

Danau ke-5 ini berada di wilayah Amerika Serikat dengan luas 58.016 kilometer persegi, dengan panjang 517 kilometer. Danau Michigan ini memiki air yang berwarna biru, sehingga kerap dianggap sebagai lautan. Disamping itu, danau Michigan merupakan satu-satunya danau terbesar milik Amerika Serikat, yang sepenuhnya berada di wilayah AS. Berbeda dengan danau besar amerika lainnya, yang bergabung dengan sebagian wilayah dari negara lain.

 

Danau_Terbesar Di Dunia Posisi Ke-6 : Danau Laut Aral

Diapit dua negara, Kazakhstan dan Uzbekistan. Danau_yang berada di_Asia Tengah ini, merupakan danau_terbesar ke-6 di_dunia, dengan ukuran luas 59.596 kilometer persegi, disertai panjang 397 kilometer. Namun perlu diketahui, sebelumnya laut aral ini memiliki luas sekitar 68.000 kilometer persegi, dan keadaan itu berubah, semenjak aliran sungai yang biasanya menuju ke arah laut aral dialihkan ke proyek irigasi Uni Sovyet pada tahun 2007. Surutnya Laut Aral ini disebut-sebut sebagai “Salah satu bencana lingkungan terburuk di planet air”.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-7 : Danau Tanganyika

Sangking besarnya, danau tanganyika ini terbagi di 2 wilayah negara sekaligus, yaitu; Tanzania dan Republik Kongo. Danau tanganyika ini terletak diwilayah dataran tinggi afrika, dan menjadi sumber air serta kebutuhan masyarakat yang berada disekitarnya. Menurut sumber, luas danau ini mencapai 32.893 kilometer persegi dengan panjang 676 kilometer. Disamping itu, Danau Tanganyika ini tercatat sebagai danau ke-2 terdalam di dunia, setelah danau baikal.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-8 : Danau Baikal

Diposisi ke-8 kita punya Danau Baikal. Sebuah danau yang berada di Rusia, dengan luas 31.500 kilometer persegi dan panjang 636 kilometer. Danau berukuran jumbo ini tercatat sebagai danau tertua, terdalam dan memiliki volume paling banyak di muka bumi. Sangking pentingnya di mata dunia, danau baikal ini dimasukkan kedalam daftar Situs Warisan Dunia yang terletak diwilayah selatan siberia. Danau ini disebut juga sebagai danau alam, karena terbentuk akibat dari gerakan lempeng tektonik.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-9 : Danau Great Bear

Danau ini merupakan danau terbesar yang terdapat di negara Kanada, dengan luas 31.080 kilometer persegi dan kedalaman maksimum 446m, Berlokasi tepat di 200km selatan lingkaran kutub utara, dibagian barat laut kanada, danau ini terbentuk karena proses glasiasi ataupun penurunan suhu bumi, yang dimana proses ini menghasilkan genangan air dalam ukuran raksasa, hingga seperti saat ini. Danau ini juga memiliki arus, yang airnya bergerak ke arah sungai Great Bear River.

 

Danau Terbesar Di Dunia Posisi Ke-10 : Danau Nyasa

Danau ini terletak di perbatasan 3 negara, yaitu: Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Dengan panjang 579 kilometer dan luas 30.044 kilometer persegi, danau nyasa ini menempati posisi paling corot dari 10 danau terbesar didunia. Tapi meski begitu, danau yang memiliki nama lain “Danau Malawi” ini merupakan danau terbesar ketiga di Afrika.

Adapun posisi tepat danau ini, terletak dikawasan Great Rift Valley, dimana lempeng tektonik afrika terbagi menjadi 2 bagian. Untuk usia danau nyasa ini diperkirakan telah terbentuk sekitar 40 ribu tahun yang lalu.

 

Penutup Materi Seputar Danau Terbesar Di Dunia

Dari uraian materi diatas telah dapat kita simpulkan bahwa sejauh ini yang menduduki posisi pertama dalam urutan danau terbesar di dunia adalah Danau Laut Kaspia dengan luas sekitar 394.299 km². Lalu disusul oleh Danau Superior dengan luas 82.414 km². Mungkin sampai disini saja penjelasan kita kali ini, semoga bermanfat.

Share artikel ini ke sosial mediamu, sebagai bentuk dukungan bagi kami agar terus menghadirkan konten terbaik

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com