Pengertian Tenaga Kerja

Pengertian Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah penduduk usia produktif atau yang telah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja maupun aktif mencari kerja yang masih mau dan mampu untuk melakukan pekerjaan. Mengenai usia minimal untuk tenaga kerja setiap negara memiliki batasan umur yang tidak sama. Misalnya, di India batasan umur usia kerja adalah 14 sampai dengan 60 tahun. Di Amerika, sejak 1967 menentukan batas umur minimum bagi pencari kerja adalah 16 tahun tanpa batas umur maksimum.

Tenaga kerja (man power), terdiri dari angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Golongan angkatan kerja adalah:
a) golongan yang sedang bekerja; dan
b) golongan yang menganggur dan mencari pekerjaan.

Sedangkan, yang tergolong bukan angkatan kerja adalah:
a) golongan yang sedang duduk di bangku sekolah;
b) golongan yang sedang mengurus rumah tangga; dan
c) golongan yang usianya telah lanjut.

Dalam rangka memberdayakan usia tenaga kerja, pemerintah mengambil langkah guna memberikan kesempatan dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya usia tenaga kerja (produktif) dengan cara sebagai berikut:
a) pelatihan tenaga kerja;
b) pemagangan; dan
c) perbaikan gizi dan kesehatan.

Penduduk yang termasuk usia kerja adalah penduduk dengan usia 15 – 64 tahun. Sebagiannya termasuk golongan angkatan kerja dan sebagian lagi bukan angkatan kerja. Golongan angkatan kerja, artinya penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja, belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Menurut ketentuan pemerintah Indonesia, penduduk yang sudah memasuki usia kerja adalah mereka yang telah berusia 15 tahun sampai dengan 65 tahun. Usia kerja yang tidak termasuk pada angkatan kerja terdiri dari tiga unsur, yaitu:
a) ibu rumah tangga;
b) pelajar dan mahasiswa; dan
c) pensiunan.

Jumlah angkatan kerja suatu negara tergantung pada jumlah penduduknya, dan struktur penduduk berdasarkan jenis kelamin dan usia. Makin besar jumlah angkatan kerja yang benar-benar aktif bekerja, makin kecil beban ketergantungan. Sebaliknya, makin kecil jumlah angkatan kerja yang aktif bekerja, makin besar beban ketergantungan bagi pemerintah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi angkatan kerja adalah:
a) jumlah penduduk;
b) struktur penduduk;
c) usia penduduk; dan
d) tingkat pendidikan.

 

DAFTAR PUSTAKA
Sudut Bumi IPS Terpadu : untuk SMP dan MTs Kelas VIII/penulis, Kurtubi ; penyunting Tim  Guru IPS Internal Al  kautsar⁄[  et al]. • Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009 .