Negara Penghasil Timah Terbesar Di Dunia Adalah

negara penghasil timah terbesar di dunia adalah

Negara Penghasil Timah Terbesar Di Dunia Adalah – Timah merupakan salah satu unsur logam yang banyak ditemukan serta digunakan hampir disetiap komponen elektronik dan beragam peralatan manusia sehari hari. Misalnya: rice cooker, komputer, televisi, komponen elektronika, dan tentunya masih banyak lagi. Logam yang satu ini mempunyai karakteristik yang sangat khas, dimana ia (timah) memiliki tekstur yang jauh lebih lunak dibandingkan logam pada umumnya. Selain itu logam ini jauh lebih lentur, dan dari segi fisik bisa kita tandai dari warnanya keperak perakan. Timah juga mempunyai sifat anti korosi, sehingga tidak heran bila logam ini sering dimanfaatkan sebagai lapisan logam lainnya agar tidak mengalami karat.

Butuh Referensi Seputar Contoh-Contoh? Kunjungi Contoh-Contoh.Com

 

 

Sejauh ini, Negara China masih menempati posisi teratas sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia. Diperkirakan, dalam jangka waktu setahun Cina mampu menghasilkan timah sebanyak 125.000 ton. Adapun di posisi kedua dan ketiga ditempati oleh negara kita Indonesia dan Peru. Kedua negara ini masing masing mampu menghasilkan timah sebanyak 84.000 ton dan 23.700 ton dalam waktu setahun. Untuk penjelasan lebih lanjut dan terperinci, Berikut dibawah ini telah kami rangkum daftar 10 negara penghasil timah terbesar di dunia.

 

1. CHINA

Jumlah Timah Yang Dihasilkan :  ~125.000 ton pertahun
Pertambangan : YUNNAN TIN GROUP
Produk Timah : Timah solder (lilitan), serbuk bulat timah solder, timah murni batangan (Ingot)
Lokasi : Benua Asia
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi pertama adalah China. Negara ini merupakan produsen logam timah terkemuka di dunia. Dan tentunya, negara Cina telah banyak bekerja sama dengan perusahaan perusahaan besar di dunia, untuk memproduksi dan melakukan transaksi jual beli timah dalam skala internasional. Salah satu wilayah yang menjadi pusat pertambangan timah di Cina adalah provinsi Yunnan dan Guangxi Zhuang. Lanjut ke posisi 2.

 

2. INDONESIA

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 84.000 ton pertahun
Pertambangan : PT. Timah Persero
Produk Timah : Timbal timah rendah, timah murni batangan (ingot),
Lokasi : Benua Asia
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi kedua adalah negara kita Indonesia. Sepertiga dari produksi timah yang tersebar di dunia berasal dari negara kita. Khususnya wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Sampai saat ini diperkirakan, sekitar 90% timah yang dihasilkan negara kita berasal dari Kepulauan Bangka Belitung. Keren juga nih Pulau Bangka.

 

3. PERU

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 23.700 ton pertahun
Pertambangan : San Rafael mine / Minsur
Produk Timah : Timah, dan sejenisnya
Lokasi : Benua Amerika
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi ketiga adalah Peru. Negara ini merupakan salah satu dari tiga terbaik penghasil timah terbesar di dunia. Perusahaan /pertambangan Minsur merupakan satu-satunya produsen timah di negara ini. Mungkin kalau kamu banyak duit bisa tuh bangun tambah timah baru disana. hehe.

 

4. BOLIVIA

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 18.000 ton pertahun
Pertambangan : EM Vinto
Produk Timah : Aneka produk timah
Lokasi : Benua Amerika
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi keempat adalah Bolivia. Pertambangan Bolivia alias (COMIBOL) adalah perusahaan yang bertanggung jawab dalam mengelola rantai produktif pertambangan di negara Bolivia. Sampai saat ini diperkirakan, selama pemerintahan MNR, pertambangan COMIBOL telah berhasil mentransfer lebih dari 100 juta dolar ke YPFB (perusahaan hidrokarbon milik Bolivia). Lanjut ke posisi ke 5.

 

5. BRAZIL

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 12.000 ton pertahun
Pertambangan : Pitinga Mine
Produk Timah : Aneka produk timah
Lokasi : Benua Amerika
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi kelima adalah Brazil, tepatnya di kawasan pertambangan timah di Pitinga Mine. Pertambangan ini telah beroperasi sejak tahun 1982. Dan diperkirakan, Pertambangan Pitinga Mine memiliki cadangan timah terbesar di dunia yang belum dikembangkan. Sekitar tahun 2014 silam, endapan aluvial yang lebih mudah diakses telah habis, namun proses pertambangan bebatuan primer masih terus berlanjut. Next nomor 6.

 

6. MYANMAR

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 11.000 ton pertahun
Pertambangan : Heinda Mine
Produk Timah : Aneka produk timah
Lokasi : Benua Asia
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi keenam adalah Myanmar. Di negara ini terdapat sebuah wilayah tambang tua bernama Heinda atau Heinda Mine. Pertambangan ini merupakan tambang timah tua besar yang terletak di wilayah utara DAS Tenasserim Besar di kawasan Tanintharyi (Divisi) Myanmar. Selama Perang Dunia II berlangsung, banyak industri timah di negara Burma (sekarang Myanmar) hancur dan berimbas pada penurunan produksi timah selama beberapa dekade. Akan tetapi, sejak tahun 1999 pertambangan Heinda Mine pun kembali bangkit setelah Pongpipat Ltd mengambil alih operasi. Kita lanjut ke posisi ketujuh.

 

7. AUSTRALIA

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 6.100 ton pertahun
Pertambangan : Aus Tin Mining
Produk Timah : Timah dan aneka produk sejenisnya
Lokasi : Benua Australia
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi ketujuh adalah Australia. Perusahaan pertambangan Aus Tin Mining adalah perusahaan eksplorasi dan produksi timah yang berpusat di wilayah Australia. Pertambangan / perusahaan ini berfokus pada pengembangan Proyek Timah Taronga, penemuan dan pengembangan deposit mineral timah serta nikel-kobalt. Pertambangan Aus Tin Mining memulai produksi konsentrat timah di Proyek Granville pada Agustus 2016. Wah.. ternya masih baru..

 

8. VIETNAM

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 5.400 ton pertahun
Pertambangan : Tidak ada
Produk Timah : Aneka Timah
Lokasi : Benua Asia
Keterangan : Tidak ada

 

9. MALAYSIA

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 3.500 ton pertahun
Pertambangan : Malaysia Smelting Corporation
Produk Timah : Aneka produk timah
Lokasi : Benua Asia
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi kesembilan adalah Malaysia. Sekitar tahun 1979, negeri Jiran ini memproduksi hampir 63.000 ton timah hanya dalam waktu setahun saja. Malaysia mengambil andil 31% dari produksi timah yang tersebar di dunia saat itu. Cadangan timah negara ini menyebar ke seluruh Semenanjung barat Malaysia, terlebih khusus Lembah Kinta di wilayah Perak. Akan tetapi, sejak tahun 1980-an, siklus perdagangan timah di negara ini mengalami penurunan yang sangat drastis. Dan salah satu penyebabnya adalah ketatnya persaingan pasar dengan negara Brazil. Dalam persaingan tersebut, Malaysia terpaksa kalah hingga menyebabkan jatuhnya harga timah di Negeri Jiran tersebut.

 

10. REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO

Jumlah Timah Yang Dihasilkan : 3.000 ton pertahun
Pertambangan : –
Produk Timah : Aneka produk timah
Lokasi : Benua Afrika
Keterangan : Negara penghasil timah terbesar di dunia posisi kesepuluh adalah Republik Demokratik Kongo. Industri pertambangan di negara ini memegang peranan yang sangat penting dalam produksi timah, kobalt, berlian, tembaga, tantalum, dan emas. Sekitar tahun 2009 silam, Republik Demokratik Kongo diperkirakan memiliki $ 24 triliun cadangan mineral yang belum dimanfaatkan. Fixed!


Sejumlah data informasi yang telah kita tampilkan terkait jumlah produksi timah dilansir dari list of countries by tin production in 2016 Wikipedia. Itu saja pembahasan kita kali ini mengenai negara penghasil timah terbesar di dunia. Semoga berguna dan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa, simak terus Ilmu Pengetahuan.id untuk mendapatkan informasi bermanfaat dan menarik lainnya, yang tentunya akan semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita. Terima kasih, Bye!

By : Ilmu Pengetahuan