Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara penghasil emas terbesar di dunia

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia – Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi dan biasa dijadikan sebagai perhiasan bagi manusia. Di Indonesia sendiri, salah satu perusahaan tambang emas yang paling terkenal adalah PT. Freeport. Tambang ini terletak di daerah dataran tinggi tembagapura, kabupaten mimika, provinsi papua. Perusahaan tambang ini memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak hingga keseluruh penjuru dunia.

Tapi Tahukah anda, meskipun PT. Freeport ini menghasilkan emas yang sangat banyak, jumlah emas tersebut belum cukup menjadikan indonesia masuk kedalam jajaran 10 negara penghasil emas Terbesar didunia. Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan pengetahuan kita kali ini, sebagaimana judul yang telah kita lihat bersama. Kita akan membahas mengenai daftar negara_penghasil emas terbesar di dunia. Dan untuk menghemat waktu, mari langsung saja kita menuju inti topik pembahasan. Baca Juga : Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia 

 

10 Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

 

1. Negara Penghasil Emas Terbesar di Posisi Pertama Adalah China

Tidak hanya negara dengan jumlah penduduk Terbesar didunia, China juga menjadi negara yang paling banyak memproduksi emas dalam satu tahun. Meski tidak memiliki cadangan emas seperti australia, China mampu memproduksi emas sekitar 450 Ton dalam 1 tahun.

Cadangan emas di negara ini sekitar 1.900 ton dan memiliki 5 wilayah pertambangan utama, yaitu : Shandong, Henan,Jiangxi, Yunnan, dan Fujian.

 

2. Duduk di Posisi Kedua Sebagai Penghasil Emas Terbesar Di Dunia, Yaitu : Australia

Negeri kangguru  yang bersebelahan dengan indonesia ini, memiliki cadangan emas paling banyak dari 10 negara penghasil emas Terbesar di dunia saat ini. Bayangkan saja, ada 9.800 ton emas didalam perut bumi australia. Dan mampu menghasilkan emas 270 ton dalam satu tahun.

 

3. Rusia Menempati Posisi Ketiga Sebagai Negara Penghasil Emas terbesar Di Dunia

Tidak hanya terkenal dengan suhu yang ekstrim saat memasuki musim dingin, negara ini ternyata juga menyimpan banyak cadangan emas. Diperkirakan rusia memiliki cadangan emas berkisar 5.000 ton, dan dapat memproduksi 245 ton emas dalam satu tahun. Adapun wilayah pertambangan utamanya terbagi menjadi 6 tempat : Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia.

 

4. Hasilkan 211 Ton Emas Dalam Setahun, Amerika Serikat Duduk Di Posisi Empat 

Bergerak ke arah Benua Amerika, lebih tepatnya kali ini di wilayah Amerika Serikat. Negara tempat patung liberty berdiri ini memiliki cadangan emas sekitar 3.000 ton, dengan wilayah pertambangan utama tersebar di 5 tempat : Nevada, Alaska, California, colorado, dan south dakota. Diperkirakan negara ini mampu menghasilkan 211 ton emas setiap tahunnya.

 

5. Tidak Ketinggalan, Kanada Ikut Meramaikan Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar

Dengan luas 9.970.610 km persegi,kanada memiliki hasil alam yang sangat berlimpah, termasuk didalamnya EMAS. Memiliki pertambangan emas utama di Ontario, tercatat bahwa kanada menyimpan cadangan emas berkisar 2.000 ton. Dan mampu menghasilkan emas dengan taksiran rata-rata 160 ton EMAS per tahunnya.

 

6. Masih Seputaran Benua Amerika, Peru Duduk Di Posisi ke Enam

Terletak di benua amerika,tepatnya amerika selatan bagian barat, negara ini aktif bergerak dalam sektor pertambangan, listrik dan komunikasi. Majunya pertambangan di negara ini, ditandai dengan produksi emas negara yang mencapai angka sekitar 150 ton per tahun. Produksi emas yang kian tinggi, menjadikan peru sebagai negara penghasil emas Terbesar ke-6 di dunia.

 

7. Tidak Hanya Berlian, Afrika Selatan Juga Jawara Dalam Soal Produksi Emas

Negara yang unik dan memiliki 11 bahasa resmi ini, memiliki hubungan diplomatik yang baik dengan negara kita indonesia sejak tahun 1994. Tidak hanya unik karena memiliki 11 bahasa resmi, negara ini juga istimewa, sebab didalamnya terdapat 6.000 ton cadangan emas. Dan diperkirakan  mampu memproduksi 150 ton emas setiap tahunnya. Dan sekedar informasi tambahan diluar soal tambang, negara ini memiliki masalah besar terkait wabah HIV yang terus menyebar “tak terbendung”, diperkirakan 4,79 juta jiwa dinegara ini telah terjangkiti HIV.

 

8. Uzbekistan Juga Nangkring Di Posisi Delapan Sebagai Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang terletak antara asia tengah dan eropa timur ini merupakan negara yang terkurung oleh gunung dan gurun. Tapi meskipun begitu, negara yang satu ini diberikan kelebihan berupa cadangan emas yang sangat banyak. Sangking banyaknya, negara ini masuk dalam urutan ke-8 sebagai negara penghasil emas Terbesar di dunia. Tercatat dengan cadangan emas 1700 ton, uzbekistan bisa memproduksi dengan taksiran 102 ton emas pertahun.

 

9. Meksiko Berada Di Posisi Kesembilan 

Negara yang terkenal dengan kekayaan kulinernya ini, ternyata juga memiliki kekayaan tambang emas yang sangat berlimpah. Diketahui, bahwa negara meksiko ini memiliki cadangan emas sekitar 1400 ton. Dengan hasil produksi rata-rata berkisar pada angka 92 ton emas per tahunnya.

 

10. Ghana Menempati Posisi 10 Dalam Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang satu ini terletak di afrika barat dengan ukuran luas wilayah hampir dua kali luas pulau jawa. Sebagai salah satu penghasil coklat terbesar di dunia, ternyata ghana juga termasuk salah satu negara_penghasil emas terbesar di dunia. Bayangkan saja, negara ini mempunyai cadangan emas berkisar 2000 ton, dan mampu memproduksi emas dalam 1 tahun sekitar 90 Ton.

Demikianlah materi yang bisa kami sampaikan seputar negara penghasil emas terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita. Tetap semangat belajar, raih cita-cita mulia, dan taklukan dunia dengan ilmu pengetahuan!

Bagikan artikel ini di sosmedmu untuk membantu kami agar berkembang lebih baik lagi 🙂

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon Banten, dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, Yogyakarta.

Partner : Contoh-Contoh.Com