Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya merokok

 

Bahaya Merokok

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan – Kami rasa seluruh pakar kesehatan telah sepakat bahwa merokok dapat menyebabkan bermacam penyakit kronis seperti: Kanker paru, stroke, jantung koroner, dan penyakit kronis lainnya yang tidak bisa kita sebut satu persatu. Namun anehnya, walau orang orang mengetahui akan bahaya merokok tersebut, hanya sedikit dari mereka yang berhasil lepas dari jeratan candu tembakau itu.

Pada kesempatan kali ini, kita bukan sedang ingin membahas mengenai tips agar bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Karena kali ini kita akan menjelaskan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, guna semakin meyakinkan para “pemakai” bahwa kebiasaan yang mereka pertahankan akan sungguh sungguh melenyapkan kesehatan diri sendiri dan orang orang yang kita cintai. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita simak penjelasan bahaya merokok bagi tubuh dibawah ini.

 

Bahan Bahan Yang Terkandung Di Dalam Rokok

Bila kita ingin membahas lebih dalam mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Alangkah baiknya jika kita sedikit mengenal kandungan apa saja didalam rokok tersebut sehingga menjadikannya sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Dan untuk sekedar mengingatkan, harap para pembaca jangan terkejut saat mengetahui bahwa ada banyak zat kimia berbahaya yang terkandung didalam rokok. Sebab, apa yang kita sampaikan ini merupakan fakta yang dibangun atas dasar penelitian ilmiah.

  • Amonia : Senyawa kimia yang biasa dijadikan bahan pembersih rumah
  • Arsenik : Elemen kimia yang biasa dijadikan bahan campuran racun tikus
  • Aseton : Bahan yang biasa ditemukan didalam cairan pembersih kuteks
  • Toluene : Senyawa kimia yang biasa ditemukan didalam bahan cat
  • Nikotin : Senyawa kimia yang biasa ditemukan didalam insektisida
  • Tar : Senyawa kimia bahan dasar aspal
  • Asam Asetat : Senyawa kimia yang digunakan sebagai campuran cat rambut
  • Benzene : Senyawa kimia yang mudah terbakar dan biasa ditemukan pada semen karet
  • Methanol : Senyawa kimia bahan dasar roket
  • Hexamine : Senyawa kimia bahan dasar korek barbekyu
  • Lead : Senyawa Kimia bahan campuran baterai
  • Karbon monoksida : Senyawa kimia yang bersumber dari asap knalpot
  • Kadmium : elemen kimia yang merupakan komponen aktif didalam asam baterai
  • Butane : Senyawa kimia yang sangat mudah terbakar
  • Naftalena : Senyawa kimia yang menjadi bahan campuran kapur barus

 

Dampak / Bahaya Merokok Bagi Kondisi Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa merokok merupakan salah satu penyebab terbesar kematian di dunia hingga saat ini. Telah banyak study dan penelitian yang membuktikan bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan kita. Dan penyakit yang paling umum diderita para pecandu rokok antara adalah kanker paru paru, kanker tenggorokan, asma, infeksi paru paru, demensia, stroke, disfungsi ereksi, dan lain lain.

Dan tahukah kamu? bahwa bahaya merokok sebenarnya tidak hanya dirasakan oleh si perokok aktif saja, sebab mereka yang menghirup asap rokok dari si perokok aktif juga akan merasakan dampak buruk sebagaimana yang dialami si perokok aktif, bahkan sebagian mengatakan perokok pasif mengalami dampak yang lebih buruk dibanding yang dialami si perokok akif.

Salah seorang dosen Cancer Institute dari New South Wales, Australia mengatakan: Saat kita menghisap asap rokok, meski hanya satu kali hisapan saja, tubuh yang kita miliki akan mengalami kondisi seperti dibawah ini.

1. Melemahnya sistem imun. Tubuh kita akan menjadi  lebih rentan terserang berbagai macam penyakit.
Paparan senyawa kimia yang terdapat didalam asap rokok dapat menyebabkan rambut halus disaluran pernapasan menjadi rusak.
2. Kadar oksigen didalam darah menjadi berkurang.
Tensi darah dan tekanan detak jantung akan meningkat, tapi aliran darah ke pembuluh darah kapiler menjadi berkurang.

 

Merokok Menurunkan Sistem Imun Tubuh, Koq Bisa?

Didalam sepuntung rokok memang terdapat banyak sekali racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, bahaya merokok bagi kesehatan yang paling dominan sebenarnya disebabkan oleh karsinogen dan karbon monoksida. Dimana saat kedua zat ini terhirup masuk kedalam saluran pernapasan, akan memicu terjadinya kerusakan organ dan fungsi, baik itu jantung, pembuluh darah, dan penapasan.

Dan dampak yang muncul dari itu semua adalah tubuh akan lebih rentan terkena penyakit, karena sistem imun harus bekerja dua kali lebih keras, yaitu melawan bibit penyakit, sekaligus melawan racun dari paparan asap rokok. Kondisi inilah yang akan mengakibatkan melemahnya sistem imun didalam tubuh.
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunnya sistem imun didalam tubuh bisa ditandai dari lemahnya kemampuan tubuh dalam melawan bibit penyakit penyebab infeksi. Dan umumnya, kondisi ini terjadi dikarenakan rusaknya komponen imunitas dan organ didalam tubuh, yang dipicu dari kebiasaan merokok.

Dibawah ini kita akan sebutkan beberapa dampak atau bahaya merokok bagi kesehatan

a. Kerusakan Pernapasan

Salah satu gejala awal dari bahaya merokok adalah rusaknya saluran pernapasan. Dimana kerusakan ini akan menjadi penyebab utama melemahnya sistem imun didalam tubuh. Belum cukup sampai disitu, racun yang terkandung didalam rokok akan menyebabkan iritasi dan munculnya cairan lendir di saluran pernapasan yang akan menyebabkan terjadinya infeksi paru paru dan tenggorokan. Bahaya merokok ini bahkan juga merusak silia didalam paru paru. Dimana silia merupakan rambut rambut halus didalam saluran pernapasan yang bertugas menangkap setiap debu halus. Maka apabila semakin banyak asap rokok masuk kedalam saluran pernapasan kita, semakin besar pula resiko infeksi menyerang paru paru kita.

b. Menghambat Aliran Darah

Salah satu zat yang paling berbahaya didalam rokok adalah nikotin. Dimana senyawa kimia yang satu ini bekerja dengan membuat darah menjadi lebih kental. Sehingga, kandungan mineral, nutrisi, dan oksigen yang disebarkan melalui darah akan lebih sulit untuk diserap oleh tubuh secara optimal. Dan salah satu dampak dari bahaya merokok ini adalah terjadinya peradangan atau inflamasi pada organ bagian luar maupun bagian dalam tubuh.

c. Berkurangnya Anti Bodi Tubuh

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengurangi jumlah antibodi didalam tubuh kita. Dimana antibodi ini merupakan protein dalam darah yang bekerja dengan mengidentifikasi serta menetralkan segala benda asing yang masuk kedalam tubuh, seperti: bakteri dan virus. Nah, dengan kebiasaan merokok yang kita lakukan, hal itu akan mengurangi jumlah anti bodi dan mengakibatkan tubuh akan mengalami proses penyembuhan lebih lama dari biasanya ketika tubuh sedang sakit.

d. Mengurangi Kadar Antioksidan

Senyawa antioksidan bisa kita peroleh dari asupan makanan dan minuman seperti: buah jeruk, blueberry, strawberry, kismis, teh, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, akibat merokok membuat kadar antioksidan didalam tubuh menjadi lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak merokok. Hal inilah yang menjadi penyebab seorang perokok lebih rentan jatuh sakit dan menjadi sulit mengalami proses pemulihan.

e. Meningkatkan Sel Darah Putih

Sama halnya dengan antibodi, tugas sel darah putih adalah melawan infeksi yang terjadi didalam tubuh. Dan salah satu bahaya merokok yang paling rawan adalah peradangan dan kerusakan organ dalam tubuh, dimana kondisi ini akan mengakibatkan peningkatan sel darah putih secara signifikan. Dan apabila peningkatan sel darah putih terus berlanjut. akan mengakibatkan sel darah putih mengalami penurunan respon terhadap agen penyakit. Dan jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan serangan jantung, stroke, bahkan kanker.

f. Pemicu Kondisi Autoimun

Bahaya merokok tidak hanya merusak saluran pernapasan saja, lebih daripada itu, dapat menjadi pemicu utama kondisi autoimun. Dimana hal ini disebabkan oleh racun karsinogen dan tar yang terdapat didalam sebatang rokok. Karsinogen dan tar akan bekerja dengan merusak sistem imun tubuh, sehingga kondisi inilah yang memicu munculnya berbagai penyakit autoimun seperti : rematik dan multiple sclerosis.

 

Penutup Bahaya Merokok

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Semoga setelah membaca tulisan ini, semakin kuat pula keinginan teman teman untuk mulai meninggalkan kebiasaan merokok. Karena pada hakikatnya, bahaya merokok bukan hanya membahayakan kesehatan kita, melainkan juga orang orang disekitar kita. Oleh karenanya, selamat berjuang dan sampai jumpa lagi.

Partner : Contoh-Contoh.Com