PERUSAHAAN : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

PERUSAHAAN
PERUSAHAAN


Pengertian Perusahaan

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering mendengar istilah perusahaan, bahkan mungkin di dekat tempat tinggalmu terdapat sebuah perusahaan atau orang tuamu memiliki sebuah perusahaan. Tahukah kamu apa sebetulnya yang dimaksud dengan perusahaan itu? Dan apa bedanya dengan badan usaha?
Perusahaan adalah suatu kesatuan ekonomi yang melakukan kegiatan pengolahan faktor-faktor produksi menjadi barang dan jasa tertentu. Adapun badan usaha merupakan suatu kesatuan yuridis (hukum) sebagai wadah organisasi dari sebuah perusahaan. Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah menghasilkan barang atau jasa. Oleh karenanya, perusahaan dapat dimaknai sebagai tempat menyelenggarakan proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Adapun badan usaha tujuannya memperoleh laba. Setiap badan usaha dalam rangka menggapai tujuannya biasanya mendirikan perusahaan dan boleh jadi memiliki beberapa perusahaan.
Untuk mendirikan suatu perusahaan, kita harus memiliki modal uang yang cukup untuk membeli dan mendatangkan faktor-faktor produksi yang diperlukan untuk proses produksi. Selain itu, sebelum mengoperasikan usahanya, sebuah perusahaan juga harus menetapkan terlebih dahulu aspek hukumnya atau syarat-syarat badan usahanya, sehingga antara badan usaha dan perusahaan akan senantiasa menyatu dalam suatu wadah organisasi.

Baca Juga : Perusahaan Minyak Terbesar Di Dunia


Jenis-Jenis Perusahaan

Berdasarkan kegiatan usahanya, terdapat beberapa jenis perusahaan sebagai berikut:
a. Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya mengambil dan memanfaatkan secara langsung hasil-hasil kekayaan alam. Contoh perusahaan perikanan laut, perusahaan pertambangan dan pengeboran minyak seperti Pertamina, perusahaan pertambangan emas seperti PT Freeport, perusahaan pemanfaatan hasil hutan, dan sebagainya.

b. Perusahaan Agraris

Perusahaan agraris yaitu suatu perusahaan yang kegiatan usahanya mengolah sumber daya yang tersedia di alam. Contoh perusahaan pertanian yang memanfaatkan dan mengolah tanah untuk kebutuhan pertanian, perusahaan perikanan darat seperti pertambakan, perusahaan perkebunan seperti perkebunan sayuran.

c. Perusahaan Industri

Perusahaan industri yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya mengolah atau menambah nilai guna barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contoh perusahaan tekstil yang mengolah bahan mentah benang, menjadi kain atau pakaian tertentu. Perusahaan otomotif yang merakit komponen-komponen kendaraan menjadi kendaraan yang siap pakai. Contoh perusahaan industri PT Semen Padang Cibinong (Industri Semen) dan PT Indo Food (indutri makanan).

d. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya melakukan transaksi jual beli barang tanpa mengubah bentuk dan sifat barang tersebut dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Contoh toko buku, supermarket, dan toko pakaian.

e. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya bergerak dalam bidang pelayanan jasa tertentu. Contoh jasa transportasi seperti PT Kereta Api Indonesia, jasa rumah sakit seperti Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, bengkel motor, salon kecantikan, dan rental mobil.

DAFTAR PUSTAKA

Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII /Semester 1 dan 2 / penulis Herlan Firmansyah, Dani Ramdani ; editor, Emy Kusmiati, Ilustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009