Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

 

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli
Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

 

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Hukum merupakan salah satu dari norma dalam masyarakat, yaitu norma hukum. Norma hukum memiliki sanksi yang lebih tegas. Hukum sulit didefinisikan karena kompleks dan beragamnya sudut pandang yang mau dikaji. Dalam bukunya yang berjudul “Inleiding tot de Studie van het Nederlandse”, Prof. Van Apeldoorn mengatakan bahwa “definisi hukum sangat sulit dibuat karena tidak mungkin mengadakan yang sesuai dengan kenyataan”. Pengertian hukum menurut para ahli hukum terkemuka berikut ini.

 

1) Pengertian Hukum Menurut E. Utrech

Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan (perintah dan larangan) yang mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat yang seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan karena pelanggaran petunjuk hidup itu dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah.

 

2) Achmad Ali

Hukum adalah seperangkat norma tentang apa yang benar dan apa yang salah yang dibuat atau diakui eksistensinya oleh pemerintah, yang dituangkan baik dalam aturan tertulis (peraturan) maupun yang tidak tertulis, yang mengikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya secara keseluruhan, dan dengan ancaman sanksi bagi pelanggar aturan itu.

 

3) Prof. Mr. E. M. Meyers

Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan dan ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat serta menjadi pedoman bagi penguasa-penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.

 

4) Leon Duguit

Hukum adalah aturan tingkah laku para anggota masyarakat yang harus ditaati oleh masyarakat sebagai jaminan kepentingan bersama dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu.

 

5) S. M. Amin, S.H.

Hukum merupakan kumpulan peraturan-peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi, dengan tujuan mewujudkan ketertiban keamanan dalam pergaulan manusia.

 

6) J. C. T. Simorangkir, S.H. dan Woerjono Sastropranoto, S.H.

Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, dan pelanggaran terhadapnya mengakibatkan diambilnya tindakan, yaitu hukuman tertentu.

 

7) Sudikno Mertokusumo

Hukum adalah sekumpulan peraturan-peraturan atau kaidah dalam suatu kehidupan bersama; keseluruhan peraturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam kehidupan bersama yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan suatu sanksi.

 

8) Pengertian Hukum Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Hukum adalah keseluruhan kaidah-kaidah serta asas-asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dan bertujuan memelihara ketertiban serta meliputi lembaga-lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai kenyataan dalam masyarakat.

Dari beberapa definisi hukum di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hukum meliputi beberapa unsur adalah sebagai berikut.
1) Peraturan mengenai tingkah laku manusia dan pergaulan hidup masyarakat.
2) Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas.
3) Peraturan-peraturan itu dilakukan oleh badan -badan resmi negara.
4) Peraturan itu bersifat memaksa.

Dengan demikian, hukum juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan peraturan yang hidup di dalam masyarakat yang dapat memaksa orang supaya menaati tata tertib dalam masyarakat serta mempunyai sanksi yang tegas (hukuman) terhadap siapa saja yang menaati hukum tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Partner : Contoh-Contoh.Com