Negara Penghasil Sawit Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Sawit Terbesar Di Dunia – Jika merujuk pada sejarah, penggunaan minyak kelapa sawit sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Dan seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan minyak kelapa sawit pun terus meningkat tajam. Manfaat minyak kelapa sawit ini pun tidak hanya sebatas minyak nabati yang digunakan untuk masakan saja. Lebih dari itu, minyak kelapa sawit juga dimanfaatkan oleh pihak industri dalam pengolahan sabun dan deterjen. Sebelum diolah, umumnya minyak kelapa sawit akan berwarna kemerah merahan, karena mengandung kadar betakaroten yang sangat tinggi. Akan tetapi, setelah melalui beberapa tahapan proses, minyak kelapa sawit akan berubah menjadi lebih bening dan berwarna keemasan.

Sebagaimana judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas mengenai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Dan untuk menghemat waktu, langsung saja kita simak dibawah ini.

 

10. BRAZIL 

Brazil menempati posisi ke 10 sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Dengan luas perkebunan sawit sekitar 90.000 hektar, Brazil mampu menghasilkan 350.000 Ton kelapa sawit setiap tahunnya. Bahkan bukan hanya itu, di tahun 2020 Brazil menargetkan akan mengembangkan lahan perkebunan sawitnya hingga mencapai 5.000.000 hektar. Kira kira mungkin gak ya? Kita lihat aja nanti di tahun 2020.

 

9. PANTAI GADING

Dalam setahun, negara ini mampu menghasilkan 400.000 ton kelapa sawit dan menargetkan jumlah dua kali lipat di tahun 2020 mendatang. Pihak dari Pantai Gading pun optimis akan mampu merebut pasar minyak sawit di Asia Tenggara. Dan untuk mewujudkan keinginan Pantai Gading tersebut, mereka telah gencar membuka perkebunan sawit baru, yang dimana sebagian diantara perkebunan sawit tersebut disupport langsung oleh perusahaan sawit asal Malaysia dan Singapura.

 

8. GUATEMALA

Guatemala berhasil menduduki posisi ke8 sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Bukan hanya itu, negara ini juga merupakan penghasil sawit terbesar ke3 di benua Amerika, dan mampu menghasilkan 515.000 ton kelapa sawit dalam setahun.

Biasanya, hasil produksi perkebunan sawit Guatemala akan di distribusikan ke beberapa negara bagian Amerika. Dan sebagian sisanya akan di ekspor ke benua Eropa seperti Belanda dan Jerman. Hingga kini, perkebunan sawit Guatemala lebih kurang memiliki luas 300.000 hektar (tahun 2012).

 

7. EKUADOR

Awalnya Ekuador bukanlah negara yang mampu menghasilkan banyak kelapa sawit. Hingga terjadi momentum dimana pada tahun 1994 Ekuador mampu mengekspor kelapa sawit sebanyak 4.000 ton. Dan semenjak saat itulah perkembangan kebun kelapa sawit di Negara ini semakin berkembang pesat. Bahkan kini, Ekuador mampu menghasilkan 565.000 ton kelapa sawit dan menjadi negara terbesar kedua di benua Amerika yang mampu menghasilkan kelapa sawit.

 

6. PAPUA NUGINI

Di posisi ke6 sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia adalah Papua Nugini. Dalam setahun negara tetangga kita ini mampu menghasilkan 670.000 ton kelapa sawit. Bahkan bukan cuma itu, perkebunan kelapa sawit di Papua Nugini terbukti mampu menghidupi 166 ribu penduduk yang berada di pedesaan. Ditambah lagi, keuntungan dari hasil perkebunan sawit jauh lebih besar dibandingkan komoditas perkebunan lainnya, bahkan sampai 10 kali lipat.

 

5. NIGERIA

Sampai saat ini, Nigeria adalah produsen terbesar kelapa sawit di Benua Afrika. Meskipun kondisi sekarang telah berbeda, dahulu Nigeria adalah negara penghasil sawit terbesar di dunia. Bayangkan saja, 43% kelapa sawit yang tersebar diseluruh dunia dihasilkan oleh Nigeria, tapi itu dulu. Adapun sekarang, Nigeria hanya mampu menghasilkan 930.000 ton kelapa sawit dalam setahun. Yang dimana jumlah tersebut hanya sekitar 7% dari total jumlah kelapa sawit yang tersebar di seluruh dunia.

 

4. KOLUMBIA

Sama halnya seperti Ekuador, awalnya Kolumbia bukanlah pemain handal di dunia persawitan. Namun semenjak tahun 2000-an, terdapat lonjakan permintaan yang disebabkan biodiesel, hingga akhirnya pihak pemerintah memberikan perhatian intensif pada perkembangan kelapa sawit di Kolumbia.

Dan pada tahun 2006, Kolumbia mulai merasakan perkembangan yang sangat signifikan. Dimana negara ini mampu menaikan hasil produksi hingga 70%. Bukan hanya itu saja, pendapatan Kolumbia dari hasil kelapa sawit juga meningkat hingga sebesar 300%. Dari data tahun 2016, tercatat Kolumbia mampu menghasilkan kelapa sawit sekitar 1,2 juta ton per-tahun. Hal itu sekaligus mengukuhkan negara ini menjadi penghasil sawit terbesar di benua Amerika, dan menduduki posisi ke4 sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia.

 

3. THAILAND

Posisi ke3 negara penghasil sawit terbesar di dunia adalah sebuah negara yang juga merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Asia Tenggara. Apalagi kalau bukan Thailand. Negara yang dikenal dengan sebutan Lumbung Padi ASEAN ini mampu menghasilkan 2.180.000 ton kelapa sawit dalam satu tahun. Tentu saja hasil ini berbanding lurus dengan ukuran raksasa perkebunan sawit yang dimiliki Thailand, dengan luas hingga mencapai 4,7 juta hektar.

 

2. MALAYSIA

Bayangkan saja, lebih kurang 107 tahun lamanya Malaysia bergelut dengan dunia bisnis persawitan. Maka wajar saja, jika negara ini menduduki posisi ke2 sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Jumlah kelapa sawit yang di hasilkan pun bukan main main. Negara tetangga kita ini mampu menghasilkan 21 juta ton kelapa sawit dalam waktu 1 tahun saja. Angka ini sama dengan 60 kali lipat penghasilan kelapa sawit di negara Brazil. Wow!

 

1. INDONESIA

SELAMAT! dan ALHAMDULILLAH.. Negara kita berhasil menduduki posisi pertama sebagai penghasil sawit terbesar di dunia saat ini. Meski dahulu (ketika masa perang kemerdekaan), perkembangan kelapa sawit kita sempat terhambat, namun seiring berjalannya waktu, berkat usaha, doa, dan kerja keras masyarakat indonesia, tepatnya pada tahun 2016 silam. Indonesia secara resmi berhasil menduduki posisi pertama sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Dengan total jumlah sekitar 36 juta ton kelapa sawit, Indonesia menggeser posisi Malaysia turun ke peringkat kedua. Bravo Indonesia!!!

Itulah pembahasan singkat kita mengenai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Semoga bermanfaat. Jangan lupa, share artikel ini ke teman teman kalian agar mereka juga mengetahui apa yang kalian tahu.

 

Sumber : Google