Macam Macam Sistem Politik

Macam Macam Sistem Politik
Macam Macam Sistem Politik

 

Macam-Macam Sistem Politik

Setiap sistem politik memiliki cara sendiri-sendiri. Dengan demikian, suatu sistem politik memiliki banyak klasifikasi yang diperkenalkan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut.

a. Almond Powel
Dalam bukunya “Comparative Politics: System, Process, and Policy”, tokoh ini membagi macam-macam sistem politik dalam tiga kategori.

1) Sistem primitif yang intermittent
Sistem ini mencerminkan adanya suatu kebudayaan yang samar-samar dan bersifat agama.
2) Sistem tradisional dengan struktur-struktur bersifat pemerintahan politik yang berbeda-beda dan suatu kebudayaan subjek.
3) Sistem modern dimana struktur-struktur politik yang berbeda-beda berkembang serta mencerminkan aktivitas budaya politik partisipan.

 

b. Samuel Huntington
Dalam bukunya “The Clash of Civilazations and The Remaking of World Order”, tokoh ini membagi sistem politik dengan bertolok ukur pada pemegang kekuasaan negara dan hasil dari penggunaan kekuasaan tersebut.

1) Sistem Politik Demokrasi
Pihak yang berkuasa terdiri dari banyak orang serta kekuasaan negara tersebut terbatas pada bidang-bidang tertentu dan sebagian masyarakat memiliki kebebasan untuk mengatur kehidupannya sendiri.

2) Sistem Politik Nondemokrasi
Pihak yang berkuasa terdiri dari beberapa orang atau kelompok orang serta kekuasaan negara meliputi seluruh aspek kehidupan negara dan masyarakat. Sistem politik ini meliputi monarkhi absolut, kediktatoran/otoriter, rezim militer, rezim komunis.

 

c. Fred W. Riggs
Dalam bukunya “A Critique of Red W. Rigg’s Politic of Public Administration”, tokoh ini membagi macam-macam sistem politik dengan bertolok ukur pada empat institusi utama dalam sistem politik, yaitu eksekutif, birokrasi, legislatif, serta partai politik. Berdasarkan hal tersebut, sistem politik dibagi menjadi enam, yaitu sebagai berikut.

1) Sistem Politik Asepali
Sistem politik yang tidak memiliki eksekutif, birokrasi, legislatif, dan sistem kepartaian.

2) Sistem Politik Prosepali
Sistem politik yang tidak memiliki birokrasi, legislatif, dan sistem kepartaian, tetapi memiliki eksekutif.

3) Sistem Politik Ortosepali
Sistem politik yang tidak memiliki legislatif dan sistem kepartaian, tetapi memiliki eksekutif serta birokrasi.

4) Sistem Politik Heterosepali
Sistem politik yang tidak memiliki sistem kepartaian, tetapi memiliki eksekutif, birokrasi, dan legislatif.

5) Sistem Politik Metasepali
Sistem politik yang dimiliki eksekutif, birokrasi, legislatif, serta sistem kepartaian.

6) Sistem Politik Suprasepali
Sistem politik yang memiliki eksekutif, birokrasi, legislatif, dan sistem kepartaian serta ditambah dengan organ negara lainnya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Narasi

 

DAFTAR PUSTAKA
Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.