Sistem Informasi Geografis – Ilmu Pengetahuan

Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis – Ilmu Pengetahuan

Sistem Informasi Geografis – Halo semua, balik lagi di situs ilmu pengetahuan. Pada rubrik geografis sebelumnya, kita telah membahas mengenai contoh-contoh tenaga eksogen. Dan Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan membahas mengenai sistem informasi geografis. Dan untuk mempersingkat waktu kita. Langsung saja simak uraian selengkapnya mengenai pembahasan kita kali. Baca Juga : Contoh Tenaga Eksogen

 

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis

Sistem informasi geografis atau disingkat dengan SIG adalah sebuah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, serta menganalisis informasi geografis. Dengan adanya sistem informasi geografis, informasi permukaan bumi yang sebelumnya disajikan hanya dalam bentuk peta yang dibuat secara manual, kini dapat diolah dan ditampilkan dalam bentuk informasi digital. Sistem informasi geografis juga mampu menampilkan bentuk keaslian dan kelengkapan dari sebuah informasi, lebih baik dibandingkan dengan cara manual sebelumnya.

Sistem informasi geografis bekerja dengan cara menyimpan data sesuai dengan data asli yang dimilikinya. Namun, agar data yang ditampilkan melalui sistem informasi geografis menjadi akurat, maka data yang dimasukkan ke dalam database tentunya harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi pula. Di samping berperan sebagai alat pengolahan data keruangan, teknologi sistem informasi geografis juga mampu menyajikan informasi terkait sumber daya yang dimiliki dari sebuah wilayah atau ruang tertentu. Oleh karena itu, dengan teknologi sistem informasi geografis, kita tidak hanya mampu membuat peta dengan tingkat akurasi yang tinggi, Namun kita juga mampu menghasilkan suatu sistem informasi yang bersifat aplikatif, sehingga dapat digunakan oleh para perencana ataupun para pengambil kebijakan untuk kepentingan Pengolahan Sumber Daya dari sebuah wilayah.

Kajian mengenai pemetaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam materi pembelajaran geografis. Sebab, di dalam kajian terkait pemetaan, kita akan mempelajari mengenai ruang di permukaan bumi, persebaran, jarak, letak, fungsi, potensi, dan beragam objek permukaan bumi. Perkembangan sistem informasi terkait data keruangan di era kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, semakin hari semakin dibutuhkan saja. Sebab, Seiring berjalannya waktu, sistem informasi geografis akan semakin membutuhkan data dengan keakuratan yang tinggi, praktis, serta efisien.

Dalam beberapa dekade terakhir ini, Penggunaan istilah sistem informasi geografis atau disingkat SIG semakin akrab di telinga para ahli geografis. Sebagaimana yang sudah kita jelaskan di atas, secara umum, teknologi sistem informasi geografis bertujuan menciptakan peta digital, dengan menggunakan komputer dan memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Namun seperti yang sudah kita Jelaskan juga, teknologi sistem informasi geografis ini tidak hanya sebatas membuat peta dalam bentuk digital saja. Lebih daripada itu, teknologi ini juga mampu mengolah data keruangan dengan menggunakan perangkat komputer. Sampai saat ini tidak ada ada definisi baku mengenai sistem informasi geografis. Sebab definisi SIG itu sendiri akan terus berkembang, bertambah, dan bervariasi Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi. Meskipun begitu, terdapat beberapa definisi dari berbagai sumber, terkait pengertian sistem informasi geografis. Berikut pengertiannya

1. Sistem informasi geografis (SIG) adalah teknologi informasi yang cepat menganalisis, menyimpan dan menampilkan baik data spesial maupun non spesial. Sistem informasi geografis mengombinasikan kekuatan perangkat lunak basis data relasional dan paket perangkat lunak CAD. (Guo 20).

2. Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografis. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi :

  • Akuisisi dan Verifikasi data
  • Kompilasi data
  • Penyimpanan data perubahan dan updating data
  • menyimpan dan pertukaran data memanipulasi data
  • memanggil  data
  • Mempresentasikan data
  • Menganalisis data

3. Sistem informasi geografis  (SIG) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memeriksa, mengintegrasi, memanipulasi, menganalisis, serta menampilkan data-data yang berhubungan dengan posisi posisi di permukaan bumi. (Rice, 20).

 

Dari segi istilah, sistem informasi geografis (SIG) terdiri dari dua pengertian, yaitu: sistem informasi dan informasi geografis.

Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis

Sistem informasi adalah keterpaduan kerja untuk mendapatkan informasi dalam pengambilan keputusan. Dalam sistem ini terdapat komponen data, manusia, perangkat lunak, perangkat keras, dan beragam aktivitas yang terlibat dalam pengolahan serta analisis data, untuk menghasilkan sebuah keputusan.

Informasi geografis adalah Kumpulan data ataupun fakta terkait dengan lokasi si keruangan di permukaan bumi. Data dan fakta tersebut disusun sedemikian rupa, sehingga mampu memberikan informasi terbaru yang bersifat geografis dan berbeda dari sumber data awalnya saat masih terpisah pisah.

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan sistem informasi lebih cenderung kepada proses pengolahan data internal dalam sistem geografis. Sedangkan yang dimaksud dengan informasi geografis, lebih kepada hasil yang disajikan berupa data informasi terkait keruangan permukaan bumi.

Mungkin itu saja penjelasan kali ini terkait sistem informasi geografis yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu teman teman yang sedang mengerjakan tugas. Bila Anda merasa terbantu dengan artikel ini, bantu kami dengan membagikan artikel ini di sosial media kalian. Terima kasih, Salam dari situs ilmu pengetahuan.

By : Ilmu Pengetahuan

 

DAFTAR PUSTAKA Sistem Informasi Geografis

Geografi 3 – Untuk SMA dan MA Kelas XII – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009Disusun : Nurmala Dewi, Editor : Sugeng Setyono.

Partner : Contoh-Contoh.Com