Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia
Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia


Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia 
– Bila Anda belum tahu apa itu kopi (meski mustahil), Kopi merupakan salah satu jenis minuman seduh terpopuler di dunia yang dihasilkan dengan cara memanggang biji tanaman kopi. Riwayat sejarah kopi telah berlangsung sejak berabad abad silam. Coba bayangkan, sejarah telah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman sudah ditemukan sejak 800 Sebelum Masehi. Dan hingga saat ini, telah lebih dari 75 negara di dunia, yang menanam dan membudidayakan tanaman kopi. 

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, produksi kopi organik pun kian berkembang pesat. Ditambah lagi, metode pengolahan kopi yang semakin modern membuat citarasa dan aroma kopi yang dihasilkan tetap terjaga dengan sangat baik. Dari zaman dahulu hingga sekarang, kopi Arabika dan Robusta adalah jenis kopi yang paling populer dan menjadi favorit para penikmat kopi di seluruh dunia. Namun, pada kesempatan kali ini, kita tidak sedang ingin membahas mengenai citarasa kopi paling populer di dunia, melainkan seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan menguraikan 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia versi situs ilmu pengetahuan. Untuk meringkas waktu, simak selengkapnya dibawah ini. Baca Juga : Negara Muslim Terbanyak

Pokok Pembahasan

Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

1. Brazil

Posisi pertama negara penghasil kopi terbesar di dunia ditempati oleh Brazil. Negara ini mampu mendominasi pasar ekspor kopi sejak tahun 1830. Dan diperkirakan, negara Brazil mampu menghasilkan 2.249.010 ton kopi setiap tahunnya. Perkebunan kopi yang dimiliki negara Brazil memiliki luas sekitar 27.000 km². Negara ini berhasil menguasai 30% dari total perdagangan kopi di seluruh dunia.

2. Vietnam

Posisi kedua ditempati oleh Vietnam. Negara yang beribukota Hanoi ini, terbukti mampu memproduksi kopi dengan jumlah yang sangat fantastis. Bagaimana tidak, Vietnam mampu menghasilkan biji kopi sebanyak 1,3 juta ton setiap tahunnya. Angka produksi ini, bahkan 5 kali lipat dari total produksi kopi yang dihasilkan perkebunan Guatemala.

3. Kolumbia

Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia posisi ketiga ditempati Kolumbia. Diperkirakan, tanaman kopi mulai menyebar di negara Kolumbia sejak tahun 1790. Untuk saat ini, Kolumbia tercatat mampu memproduksi sekitar 570.000 ton kopi setiap tahunnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan nasional, kopi yang dihasilkan Kolumbia juga di ekspor ke beberapa negara, seperti : AS, Jerman, Prancis, Jepang dan Italia.

4. Indonesia

Urutan ke4 negara penghasil kopi terbesar di dunia ditempati negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Secara umum, biji kopi di Indonesia dihasilkan oleh para petani kecil yang memiliki lahan rata rata sekitar 2 hektar. Indonesia mampu menghasilkan kopi sekitar 559.000 ton dalam setahun. Indonesia menghasilkan kopi tidak semata mata untuk memenuhi kebutuhan kopi nasional saja. Melainkan, sebagian dari hasil produksi kopi yang dihasilkan Indonesia juga  diekspor ke berbagai negara seperti AS, Eropa Timur, Jepang, dan Rusia.

5. India

Diposisi kelima ada India. Negara ini merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang membudidayakan ribuan spesies tanaman, dan tanaman kopi adalah salah satunya. Budidaya kopi di negara ini mampu menghasilkan angka panen yang cukup besar untuk memasukkan India kedalam daftar negara penghasil kopi terbesar di dunia. Bagaimana tidak? India mampu menghasilkan kopi sebanyak 306.000 ton dalam waktu satu tahun.

6. Ethiopia

Posisi keenam ditempati Ethiopia. Negara ini merupakan produsen utama kopi di wilayah Afrika. Total luas wilayah perkebunan kopi di wilayah ini mencapai 4.000 km² dengan total produksi sekitar 264.000 ton kopi setiap tahunnya. Dengan luasnya lahan budidaya kopi di negara ini, adalah sesuatu yang wajar jika banyak penduduk menggantungkan “hidupnya” dari usaha budidaya kopi tersebut.

7. Meksiko

Posisi ketujuh ada Meksiko. Negara ini adalah negara penghasil kopi terbesar ke7 di dunia dengan angka produksi sekitar 252.000 ton kopi pertahunnya. Negara ini juga mengekspor kopi ke beberapa negara luar setelah memenuhi kebutuhan kopi di negaranya. Adapun jenis kopi yang paling banyak dibudidayakan di negara ini adalah jenis kopi Arabika.

8. Peru

Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia posisi kedelapan adalah Peru. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini mengalami peningkatan produksi kopi yang sangat signifikan, dengan menyentuh angka sekitar 241.000 ton kopi setiap tahunnya.

9. Honduras

Berikutnya adalah Honduras. Negara ini merupakan salah satu penghasil kopi organik terbaik di dunia. Budidaya kopi ini sendiri di Honduras dimulai sejak akhir abad ke-19. Saat ini, negara yang terletak di benua Amerika ini mampu menghasilkan 240.000 ton kopi setiap tahunnya (estimasi), dan menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

10. Guatemala

Terakhir ada Guatemala. Disamping memiliki geogerafis dan suhu yang cocok untuk pembudidayaan kopi, Guatemala juga telah memproduksi kopi sejak tahun 1850 silam. Dengan jumlah produksi kopi yang mencapai angka rata rata 234.000 ton pertahun, Guatemala masuk kedalam daftar 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia saat ini.
Bagaimana? Menarik bukan? Ternyata yang menempati posisi pertama sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah Brazil. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini mengenai daftar negara penghasil kopi terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman teman sekalian. Jangan lupa, tambah terus wawasan dan ilmu pengetahuanmu hanya di situs ilmu pengetahuan. Bye!