Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Mata Uang Tertinggi Di Dunia
Mata Uang Tertinggi Di Dunia


Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Halo semua, balik lagi disitus ilmu pengetahuan. Ngomong ngomong soal mata uang, mata uang apa saja sih yang sudah pernah kamu pegang? Dolar kah? Pound Sterling kah? Euro kah? Riyal kah? atau Ringgit? Jika pernah memegang beberapa jenis mata uang, menurutmu mata uang manakah yang memiliki nilai tertinggi di dunia saat ini? Tunggu dulu. Sebelum menjawabnya, alangkah baiknya jika kamu membaca terlebih dahulu uraian kita dibawah ini. Sebab seperti judul yang sudah kita lihat bersama, pada kesempatan  kali ini kita akan membahas mengenai 10 mata uang tertinggi di dunia. Langsung saja, simak uraian selengkapnya di bawah ini. Baca Juga : Mata Uang Terendah di Dunia

Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

1. Dinar Kuwait

1 KWD = 3,29 USD
Kode mata uang – KWD
Bank Pusat : Central Bank of Kuwait
Keterangan: Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia saat ini yang menempati posisi pertama. Meskipun Kuwait adalah negara yang kecil, namun kekayaan yang dimiliki negara ini sangat luar biasa. Nilai kurs tertinggi mata uang kuwait sangat dipengaruhi dari ekspor komoditas minyak ke pasar global.

2. Dinar Bahrain

1 BHD = 2,65 USD
Kode mata uang – BHD
Bank Pusat : Central Bank of Bahrain
Keterangan: Dinar Bahrain menempati posisi kedua sebagai mata uang tertinggi di dunia saat ini. Negara yang terletak di Teluk Persia ini menyimpan kandungan minyak bumi yang sangat berlimpah. Dan menariknya, mata uang dinar Bahrain tidak mengalami perubahan kurs terhadap dolar AS selama 14 tahun.

3. Rial Oman

1 OMR = 2,60 USD
Kode mata uang – OMR
Bank Pusat : Central Bank of Oman
Keterangan: Perlu diketahui, salah satu negara semenanjung Arab yang memiliki lokasi strategis dan tingkat kesejahteraan hidup yang tinggi adalah Oman. Rial Oman menempati posisi ketiga sebagai mata uang tertinggi di dunia saat ini. Bahkan sangking tingginya nilai mata uang Rial Oman, pemerintah terpaksa mengeluarkan uang kertas dengan nilai 1/4 dan 1/5 Rial Oman.

4. Dinar Yordan

1 JOD = 1,41 USD
Kode mata uang – JOD
Bank Pusat : Central Bank of Jordan
Keterangan: Mungkin sedikit sulit untuk menjelaskan mengapa dinar Yordan memiliki nilai yang tinggi. Sebab negara ini tidak memiliki sumber daya penting seperti minyak. Tapi meskipun begitu, nilai 1 dinar Yordan setara dengan 1,41 dolar AS. Dan dinar yang dimiliki Yordan merupakan salah satu dari 10 mata uang dunia paling kuat serta paling stabil saat ini.

5. Pound Sterling

1 GBP = 1,26 USD
Kode mata uang – GBP
Bank Pusat : Bank of England
Keterangan: Pound Sterling menduduki posisi ke 5 sebagai mata uang tertinggi di dunia saat ini. Meskipun banyak yang mengira bahwa mata uang ini akan menduduki posisi kesatu, nyatanya mata uang negara Inggris ini harus menerima bahwa dirinya menempati posisi kelima.

Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

6. Dolar Kepulauan Cayman

1 KYD = 1,20 USD
Kode mata uang – KYD
Bank Pusat : Cayman Islands Monetary Authority
Keterangan: Dolar Kepulauan Cayman berada di posisi ke 6 sebagai mata uang tertinggi di dunia. Saat ini kepulauan Cayman dikenal sebagai salah satu negara surga pajak dunia dan negara dengan pusat perbankan terbesar kelima di dunia.

7. Euro 

1 EUR = 1,14 USD
Kode mata uang – EUR
Bank Pusat : European Central Bank
Keterangan: Euro adalah salah satu mata uang tertinggi di dunia yang saat ini menempati posisi ketujuh dunia. Selain itu, Euro merupakan mata uang paling berpengaruh kedua di dunia setelah dolar AS. 

8. Franc Swiss

1 CHF = 1,04 USD
Kode mata uang : CHF
Bank pusat : Swiss National Bank
Keterangan: Franc Swiss merupakan salah satu mata uang tertinggi di dunia saat ini. Dan tidak hanya itu, negara ini juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia saat ini. Disamping memiliki mata uang yang stabil, sistem perbankan di negara ini juga dikenal dengan “Kerahasiaan Bank” yang sangat tinggi. 

9. Dolar Amerika Serikat

1 USD = 1,00 USD
Kode mata uang – USD
Bank Pusat : Federal Reserve System
Keterangan: Karena kepemimpinan ekonomi dunia AS, mata uang yang dimilikinya mendapatkan gelar “mata uang cadangan dunia”. Dengan kata lain, kita bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan dolar di negara mana pun.

10. Dolar Kanada

1 CAD = 0,75 USD
Kode mata uang : CAD
Bank Pusat : Bank of Canada
Keterangan: Dolar kanada adalah salah satu mata uang tertinggi di dunia, sekaligus mata uang cadangan terbesar kelima di dunia.

Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Gimana? Sudah tahukan sekarang? Ternyata sampai saat ini dinar negara Kuwaitlah yang menempati posisi pertama sebagai mata uang tertinggi di dunia saat ini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan para pembaca. Bila para pembaca merasa terbantu dengan artikel ini, kami sungguh berterima kasih jika Anda berkenan membagikan artikel ini di media sosial Anda. Sampai jumpa!