Manfaat Salad Buah - Ilmu Pengetahuan

Manfaat Salad Buah - Ilmu Pengetahuan

Master
Wednesday, June 5, 2019

Manfaat Salad Buah
Manfaat Salad Buah


Manfaat Salad Buah - Halo para pembaca dimana pun Anda berada. Umumnya, cara paling populer di tengah masyarakat kita dalam menikmati buah, jika tidak dimakan langsung, akan diblender dicampur dengan sedikit air dan dijadikan minuman rasa buah alias jus. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada cara lain untuk menikmati kesegaran buah, serta manfaat yang terkandung didalam buah tersebut. Benar! Kita bisa menikmati kelezatan dan manfaat dari aneka buah buahan, dengan meraciknya menjadi salad buah.

Namun sayang, banyak masyarakat umum yang belum faham dan meragukan salad buah sebagai menu diet sehat, dengan beralasan kandungan gula yang tinggi di dalam buah tidak baik untuk kesehatan. Para pembaca sekalian, perlu diketahui,  konsumsi gula yang berlebih memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, dan merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit diabetes. Akan tetapi, gula yang berbahaya di sini adalah gula pasir, gula batu, gula aren, sirup, dan segala makanan yang mengandung pemanis buatan. Adapun kandungan gula yang terdapat pada buah berbentuk fruktosa. Dan fruktosa ini hanya akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar. Dan sangat sangat mustahil, mengasup fruktosa dalam jumlah besar kedalam tubuh melalui konsumsi salad buah. Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan membahas mengenai manfaat salad buah bagi kesehatan. Untuk uraian selengkapnya langsung saja simak dibawah ini.


Manfaat Salad Buah - Ilmu Pengetahuan


Mengkonsumsi salad buah memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Didalam salad buah terkandung serat, vitamin, protein, mineral dan antioksidan. Berikut dibawah ini adalah sekilas penjabaran mengenai manfaat salad buah bagi kesehatan.

1. Vitamin A

Manfaat salad buah yang pertama adalah kaya akan kandungan vitamin A.  Perlu diketahui, vitamin A terbagi kedalam dua jenis: yang pertama adalah retinoid. Retinoid merupakan kelompok vitamin A yang bersumber dari segala produk hewani. Kedua adalah betakaroten, betakaroten merupakan kelompok vitamin A yang bersumber dari tanam tanaman / tumbuh-tumbuhan. Dengan mengkonsumsi salad buah, tubuh kita akan mendapatkan asupan vitamin A yang cukup dan akan memberikan banyak khasiat pada tubuh, seperti: menjaga kesehatan mata dan merawat kecantikan kulit.


2. Vitamin B1

Manfaat salad buah yang kedua adalah kandungan vitamin B1 didalamnya. Vitamin ini biasa disebut tiamin. Dan memiliki fungsi mengubah asupan karbohidrat menjadi bentuk energi. Disamping itu vitamin B1 ini juga berguna untuk merawat fungsi sistem saraf, jantung dan otot agar bekerja dengan baik. Bukan hanya itu, vitamin B1 juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit beri-beri serta meningkatkan daya tahan tubuh.


3. Vitamin B5

Kandungan Vitamin B5 yang terkandung didalam salad buah dikenal dengan nama asam pantotenat. Vitamin ini bersifat larut di dalam air. Tidak hanya berfungsi sebagai pemecah karbohidrat menjadi energi, vitamin ini juga bertugas memecah protein dan lemak. Selain itu, vitamin B5 juga berperan penting dalam menjaga kinerja otak, hormon steroid serta menghasilkan sel darah merah didalam tubuh.


4. Vitamin B6

Piridoksin atau Vitamin B6 yang terkandung didalam salad buah berperan penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Termasuk diantara manfaat piridoksin / vitamin B6 adalah mengurangi risiko penyakit jantung, memperbaiki suasana hati, penambah nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.


5. Vitamin C

Manfaat salad buah yang kelima adalah kaya akan kandungan vitamin C. Selain dapat mencegah kanker, kandungan vitamin C ynng terkandung di dalam salad buah juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yang berguna untuk menjaga keindahan kulit.


6. Vitamin E

Bila Anda ingin memiliki kulit kencang dan awet muda, konsumsilah salad buah secara teratur. Didalam salad buah kita akan mendapatkan asupan vitamin E yang cukup, yang berperan penting sebagai antioksidan yang terlibat dalam banyak proses tubuh. Vitamin E yang terkandung di dalam salad buah akan beroperasi sebagai antioksidan alami, dan membantu melindungi struktur sel didalam tubuh kita. Mengkonsumsi vitamin E secara teratur akan membantu meremajakan kulit lebih optimal.


7. Kalium

Manfaat salad buah yang ketujuh yaitu kaya akan kandungan kalium. Kalium di dalam salad buah berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Kalium juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah, fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.


8. Asam Folat

Dengan mengkonsumsi salad buah secara teratur, kebutuhan asam folat tubuh pun akan senantiasa terpenuhi. Asam folat merupakan senyawa protein yang berperan penting dalam membentuk sel darah merah serta memproduksi DNA didalam tubuh. Tidak hanya itu, asam folat juga berperan penting bagi kesehatan ibu hamil untuk mencegah kecacatan pada bayi yang dikandung.


9. Mangan

Manfaat salad buah yang terakhir dalam daftar kita kali ini adalah kandungan mangan yang terdapat didalam salad buah. Sekitar tahun 1930, para ahli peneliti nutrisi menetapkan : bahwa orang dewasa membutuhkan kadar mangan sekitar 15-20 miligram setiap harinya. Adapun fungsi mangan bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai penangkal radikal bebas, menjaga kesehatan tulang, membantu metabolisme, membantu penyerapan vitamin, mengatur kadar glukosa darah dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa jenis buah yang umum dijadikan sebagai racikan salad buah adalah:
  • Apel
  • Semangka
  • Anggur
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Jeruk
  • Buah Naga
  • Mangga

Nah, itulah sekilas penjelasan ringan kita terkait manfaat salad buah bagi kesehatan tubuh. Setelah membaca dan mengetahuinya, kami yakin, Anda semakin tertarik lagi untuk menjaga pola hidup sehat dengan ragam menu unik yang sehat dan kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Sekian penjelasan dari situs ilmu pengetahuan, sampai jumpa dan terima kasih. Share artikel ini sebagai bentuk supportmu terhadap situs pendidikan kami.


By : Ilmu Pengetahuan