Mamalia Laut – Ilmu Pengetahuan

Mamalia Laut
Mamalia Laut

Mamalia Laut – Bila ditinjau dari segi bahasa secara umum, mamalia merupakan jenis hewan vertebrata yang biasanya memiliki sebuah ciri khusus berupa kelenjar susu. Mamalia juga identik sebagai makhluk hidup yang berhabitat di wilayah daratan. Namun, meski hewan jenis ini selalu diidentikan dengan spesies hewan darat, tidak sedikit pula jenis hewan mamalia yang mendiami lautan sebagai tempat tinggal atau yang biasa kita sebut dengan habitat. Dan pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama. Kita akan membahas mengenai jenis mamalia laut yang tentunya akan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita seputar dunia hewan. Langsung saja, simak uraian selengkapnya dibawah ini: Baca Juga : Fakta Menarik Kucing

Mamalia Laut – Ilmu Pengetahuan

1. Paus

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Omnivora
Usia Maksimal : 211 tahun (Paus Arktik)
Berat Maksimal : 181 Ton (Paus Biru)

Keterangan : Mamalia laut pertama dalam daftar kita kali ini adalah Paus. Spesies Paus bernapas menggunakan paru paru, mempunyai sedikit rambut, memiliki kelenjar susu, berdarah panas, mempunyai 4 ruang didalam jantung. Saat ini spesies paus terbagi  kedalam dua kelompok paus, yaitu paus bergigi (Odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Paus bergigi atau Odontoceti adalah jenis paus pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernapasan. Paus bergigi merupakan kerabat dekat lumba-lumba dan pesut. Adapun Paus tidak bergigi atau Mysticeti umumnya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.

2. Lumba Lumba

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Karnivora
Usia Maksimal : 55-60 tahun
Berat Maksimal : 11 ton

Keterangan : Lumba Lumba memiliki ciri sebagai berikut : menyusui, memiliki kemampuan pendengaran ultrasonik, bernapas dengan paru paru, dan dikenal sebagai mamalia laut yang memiliki tingkat intelegensi yang baik, serta suka menolong. Spesies mamalia laut yang satu ini tergolong sebagai mamalia yang cerdas. Lumba-lumba juga mampu menolong manusia, dan apabila lumba-lumba sudah terlatih, ia bahkan mampu melompati lingkaran api, seperti yang sering ditampilkan di acara sirkus. 

3. Singa Laut

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Karnivora
Usia Maksimal : 20-30 tahun
Berat Maksimal : 90=181 kg
Keterangan : Singa laut adalah spesies hewan laut menyusui, yang memiliki ciri berupa lendir disekujur tubuhnya yang membuat badan mereka menjadi licin. Singa laut merupakan salah satu spesies dari enam genera pinnipedia modern. Habitat mamalia laut yang satu ini meliputi perairan subarktik hingga tropis, baik itu pada belahan bumi bagian utara atau belahan bumi bagian selatan dengan pengecualian di samudra Atlantik.

4. Anjing Laut

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Karnivora
Usia Maksimal : 30-46 tahun
Berat Maksimal : 350 kg (Anjing laut macan tutul)

Keterangan : Hewan ini memiliki ciri ciri sebagai berikut: menyusui, memiliki 4 buah sirip, kulit yang berlendir, bernapas menggunakan paru paru, dan tidak memiliki daun telinga. Tubuh mamalia laut yang satu ini mampu beradaptasi dengan sangat baik untuk habitat akuatiknya. Kaki depan yang dimiliki anjing laut berukuran cukup besar dan berbentuk seperti sirip. Tubuh anjing laut berbentuk menyempit ke belakang. Jenis anjing laut terkecil adalah Arctocephalus galapagoensis, dimana ukuran dewasa dari jenis ini memiliki berat sekitar 30 kg dan panjang sekitar 1.2 meter. Sedangkan jenis anjing laut terbesar adalah anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina), dimana ukuran dewasa dari jenis ini memiliki panjang maksimal hingga 4 meter dan berat mencapai 2200 kg.

5. Walrus

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Karnivora
Usia Maksimal :  –
Berat Maksimal : 1700 kg

Ciri ciri : Menyusui, bernapas dengan paru paru, memiliki taring yang panjang, tidak memiliki daun telinga, dan permukaan tubuhnya ditumbuhi rambut rambut halus. Mamalia laut ini sangat mudah dikenali karena memiliki gading. Untuk ukuran, Walrus Pasifik dewasa bobotnya bisa mencapai 1700 kg dan hanya dilampaui oleh anjing laut gajah. Walrus adalah salah satu jenis hewan sosial.

6. Dugong

Mamalia Laut
Mamalia Laut
Klasifikasi : Kingdom Animalia
Kelas : Mamalia
Jenis : Herbivora
Usia Maksimal : 22-25 tahun
Berat Maksimal : 300 kg

Keterangan : Ciri ciri dugong antara lain ialah : menyusui, bernapas dengan paru paru, kepala yang bulat, mata yang kecil, dan memiliki kulit yang tebal serta licin, Dugong atau Duyung tidak tergolong kedalam jenis ikan karena merupakan mamalia laut yang menyusui anak anaknya. Disamping itu, dugong juga masih merupakan kerabat evolusi dari spesies gajah. Dugong merupakan satu-satunya hewan yang mewakili suku Dugongidae. Dan tahukah Anda, dugong merupakan satu-satunya lembu laut yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik. 

Mamalia Laut

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini seputar mamalia laut. Semoga bermanfaat, dan menambah ilmu pengetahuan para pembaca seputar dunia fauna. Bantu share artikel ini di sosial media Anda sebagai bentuk dukungan dalam membangun situs ilmu pengetahuan di Indonesia. Terima kasih dan sampai jumpa.

By : Ilmu Pengetahuan