Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Makanan Yang Mengandung Zat Besi
Makanan Yang Mengandung Zat Besi


Makanan Yang Mengandung Zat Besi
 – Zat besi merupakan nutrisi utama bagi tubuh yang memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan tubuh kita. Seseorang yang mengalami kekurangan zat besi akan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari penyakit yang ringan hingga masalah kesehatan yang serius ataupun kronis. Meskipun kondisi kekurangan zat besi bisa terjadi pada siapa saja, namun secara umum, pihak wanita dan anak anak cenderung lebih rentan mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Oleh sebab itu, menyadari akan pentingnya mineral zat besi ini, situs ilmu pengetahuan.id telah menyusun beberapa daftar makanan yang telah kami riset dan terbukti kaya akan kandungan mineral zat besi. Tentunya, dengan mengetahui daftar makanan yang mengandung zat besi ini, kita dapat lebih selektif memilih untuk menjaga kesehatan tubuh kita, agar terhindar dari beragam jenis penyakit yang terkait dengan zat besi. Simak uraian selengkapnya di bawah ini. Baca Juga : Manfaat Salad Buah Bagi Kesehatan

Makanan Yang Mengandung Zat Besi

SUMBER ZAT BESI HEME

Sumber zat besi heme adalah makanan yang mengandung zat besi yang berasal dari spesies hewan, seperti : 

  • Hati
  • Tiram
  • Kerang
  • Remis
  • Gurita
  • Daging Kambing
  • Daging merah seperti daging sapi dan domba
  • Ikan sarden kalengan
  • Ayam dan kalkun
  • Daging sapi muda
  • Ikan
  • Caviar
  • Kepiting
  • Bebek
  • Ikan Makarel
  • Telur

SUMBER ZAT BESI NONHEME

Sumber zat besi nonheme adalah makanan yang mengandung zat besi yang berasal bukan dari spesies hewan, seperti :

  • Sereal sarapan yang diperkaya zat besi 
  • Nasi 
  • Roti
  • Edamame
  • Pasta
  • Kacang dan lentil yang dimasak
  • Tahu
  • Labu
  • Kacang Koro 
  • Biji wijen
  • Buncis
  • Kacang Kapri
  • Kacang merah 
  • Kacang hijau
  • Kacang merah
  • Kacang kedelai
  • Aprikot kering
  • Kentang panggang
  • Batang brokoli
  • Bayam dan kangkung mentah dan matang
  • Kacang polong
  • Kacang hitam
  • Asparagus
  • Tomat
  • Bit
  • Markisa
  • Jeruk
  • Jeruk lemon
  • Melon
  • Kiwi
  • Stroberi
  • Alpukat
  • Sukun
  • Kurma

MANFAAT ZAT BESI UNTUK KESEHATAN TUBUH

  • Membantu meningkatkan Fungsi Kognitif Anda
  • Membantu Memasok oksigen dan meningkatkan kontraksi otot
  • Membantu Mencegah dan mengobati anemia
  • Membantu Meningkatkan sirkulasi oksigen didalam tubuh
  • Membantu Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu Mengobati kelelahan
  • Membantu Meringankan insomnia
  • Membantu Meningkatkan metabolisme tubuh

Dampak Tubuh Ketika Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan banyak kondisi buruk seperti:

  • Gangguan kemampuan fungsi kerja
  • Tubuh mudah lelah
  • Lemah tidak bertenaga
  • Lesu
  • Penurunan fungsi otak
  • Wanita hamil yang mengalami anemia (sebab kekurangan zat besi) dapat memicu kelahiran bayi seperti prematur, hingga kematian janin
  • Bayi yang kekurangan zat besi akan mengalami gangguan fungsi motorik
Tujuh dampak kekurangan zat besi diatas sekaligus menutup pembahasan kita kali ini terkait daftar makanan yang mengandung zat besi. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Seperti biasa, bantu situs ini untuk berkembang menjadi lebih baik dengan menshare artikel ini ke sosial media Anda. 1 share dari Anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih.