10 Hewan Tercepat Di Dunia - Ilmu Pengetahuan

10 Hewan Tercepat Di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Master
Monday, June 10, 2019

Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia


Hewan Tercepat Di Dunia - Bila kita berbicara mengenai kecepatan, para ahli / peneliti meyakini bahwa secara umum, manusia dapat berlari hingga kecepatan 64km / jam. Itu berarti manusia mampu menempuh jarak kurleb 17 meter hanya dalam waktu satu detik saja. Kecepatan yang cukup fantastis memang. Akan tetapi,  jangan terlalu senang dulu. Karena kecepatan tersebut sungguh tidak ada apa-apanya dimata para hewan yang akan kita bahas berikut ini. Seperti judul yang sudah Anda lihat semua, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menguraikan 10 hewan tercepat di dunia yang cukup membuat Anda tercengang saat mengetahuinya. Baiklah, langsung saja kita simak uraian selengkapnya dibawah ini. Baca Juga : 10 Hewan Pintar Daftar Situs Ilmu Pengetahuan


10 Hewan Tercepat Di Dunia


1. Burung Peregrine Falcon


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia

Diposisi pertama predikat hewan tercepat di dunia dipegang oleh Peregrine Falcon. Burung ini juga dikenal sebagai alap-alap kawah berukuran besar (50cm). Spesies peregrine falcon biasanya akan memangsa burung-burung yang berukuran kecil semisal: burung merpati, nuri dan kerabat dekatnya. Asal tahu saja, predikat hewan tercepat di dunia yang dipegang oleh burung ini bukan main-main. Sebab pasalnya, seekor burung peregrine falcon mampu bermanuver serta melesat 3x lebih cepat dibanding hewan darat paling cepat di dunia, yaitu (Cheetah). Serius!! INI BUKAN MAIN-MAIN!!. Seekor Peregrine Falcon mampu terbang dengan kecepatan 389KM / JAM. 


2. Spin Tailed Swift (Spesies Burung)


Hewan Tercepat Di Dunia
source : https://commons.wikimedia.org/wiki/
File:White-throated_Needletail_-_Cropped.jpg

Posisi kedua predikat hewan tercepat di dunia dipegang oleh burung spin tailed swift. Spesies burung ini juga dikenal dengan sebutan kapinis jarum Asia. Burung ini memiliki habitat di wilayah Asia Utara, dan Cina, dan merupakan seekor burung hutan pemakan serangga. Seekor Spin Tailed Swift mampu terbang dengan kecepatan 169km / jam. Berbeda dengan frigate bird yang berukuran cukup besar, spesies burung kapinis jarum asia ini benar-benar kecil dan sesuai dengan namanya (jarum). Size dari seekor spin tailed swift lebih kurang hanya sebesar telapak tangan orang dewasa (20cm). Burung ini memiliki corak hitam, punggung yang kecoklatan, dagu dan kerongkongan berwarna putih.


3. Frigate Bird 


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia 

Hewan tercepat di dunia yang menduduki posisi ketiga dalam daftar kita kali ini adalah Frigate Bird. Kemampuan meluncur di udara yang dimiliki frigate bird sudah menjadi keahliannya dari lahir. Tahukah Anda, seekor frigate bird mampu melesat dengan kecepatan 153km perjam?



4. Black Marlin


Hewan Tercepat Di Dunia
source : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Iziko_Black_Marlin.JPG


Posisi ke-4 dalam daftar kita kali ini ditempati oleh spesies ikan. Secara umum ikan ini memiliki ukuran hingga 4,65 meter dan berat mencapai 750kg. Spesies ikan yang satu ini mampu mengalahkan seluruh spesies hewan air dalam adu kecepatan. Seekor black marlin mampu melesat bagai peluru didalam air, dengan kecepatan 130km / jam. Seekor Black Marlin biasa hidup di wilayah perairan samudra pasifik dan samudra atlatik.



5. Cheetah


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia 

Siapa yang tidak kenal hewan yang satu ini? Bisa dikatakan, Cheetah adalah salah satu Sang Maestro dalam hal kecepatan dan keseimbangan di dunia fauna. Cheetah memiliki body yang terstruktur agar mampu melaju dengan sangat kencang. Seekor cheetah mampu melesat dengan kecepatan mencapai 120km / jam. Cheetah adalah spesies kucing besar, yang berhasil menyabet predikat hewan darat tercepat di dunia. Struktur kaki yang super kokoh dan bentuk tubuh yang super aerodinamis, membuat seekor cheetah mampu berlari dengan kecepatan mencapai 100km / jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja.


6. Sailfish / Ikan Layaran


Hewan Tercepat Di Dunia
source : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Mahe_Beach
_-_author_with_the_sailfish_by_J._Strzelecki.JPG

Sesuai dengan nama yang dimiliki ikan ini, tampilan fisik sailfish memiliki desain layaknya sebuah layar yang terbentang dibagian atas punggungnya. Jenis ikan sailfish terbagi menjadi 2 spesies, Sailfish atlantik dan sailfish indo-pasifik. Spesies ikan sailfish mampu berenang dengan kecepatan 110km per jam. Kecepatan ini membawa sailfish menduduki peringkat ke6 sebagai hewan tercepat di dunia, dan peringkat ke2 sebagai hewan tercepat di wilayah perairan. 


7. Todak (Spesies Ikan)


Hewan Tercepat Di Dunia
source : http://translationfocus.blogspot.com/2015/03
/tercemar-akibat-merkuri-tahap-merkuri.html

Spesies ikan yang satu ini memiliki desain seperti pedang pada bagian moncongnya. Spesies ikan todak bisa tumbuh dengan ukuran panjang mencapai 2 - 4,6 meter, serta bobot mencapai 650kg. Seekor ikan todak mampu bergerak dengan sangat cepat didalam air hingga menyentuh angka 97km per jam. 


8. Pronghorn Antelope (Kijang Pronghorn)


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia

Predikat hewan tercepat di dunia di posisi ke-8 ditempati oleh kijang pronghorn. Sekilas, bentuk kijang pronghorn mirip seperti rusa pada umumnya. Hanya saja kijang pronghorn ini memiliki tanduk yang cenderung lebih pendek dibandingkan rusa pada umumnya. Akan tetapi, meskipun kijang ini mirip dengan bentuk rusa, kecepatan kijang pronghorn sangat jauh berbeda dibandingkan kecepatan yang dimiliki rusa pada umumnya. Sebab, seekor kijang pronghorn mampu melaju hingga kecepatan 88,5km perjam.


9. Wildebeest


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia

Wildebeest merupakan spesies hewan pemakan tumbuhan yang memiliki bentuk cukup unik. Sekilas, bentuk wildebeest ini mirip seperti kawin silang antara spesies banteng dengan kuda. Seekor wildebeest memiliki kecepatan satu level diatas si raja hutan. Sekalipun hewan ini masuk kedalam daftar hewan tercepat di dunia, hal itu bukan berarti wildebeest ini aman dari serangan predator. Sebab kecepatan hewan ini masih terbatas pada range 80,5km / jam. 


10. Singa


Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia


Posisi corot dalam daftar kita kali ini ditempati  si Raja Hutan, alias Singa. Hewan buas yang satu ini bukan hanya dikenal sebagai raja hutan saja, Seekor singa memiliki struktur kaki yang kokoh, yang membuatnya mampu berlari dengan kecepatan 80 km perjam. Kecepatan tersebutlah yang membawa singa bertengger di urutan ke-10 sebagai hewan tercepat di dunia

Mungkin itu saja uraian singkat kita mengenai 10 daftar hewan tercepat di dunia. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar dunia fauna. Bantu kami membangun situs yang berisi ilmu pengetahuan ini dengan membagikan artikel ini ke sosial media Anda. Terima kasih!



By : Ilmu Pengetahuan