Fakta Unik Mengenai Salju - Ilmu Pengetahuan

Fakta Unik Mengenai Salju - Ilmu Pengetahuan

Master
Monday, June 3, 2019

Fakta Unik Mengenai Salju
Fakta Unik Mengenai Salju

Fakta Unik Salju - Bagi mereka yang bermukim di negara 4 musim, (musim panas, musim dingin, musim semi dan musim gugur), melihat salju mungkin suatu hal yang biasa saja. Akan tetapi, lain cerita dengan mereka yang tinggal di negara 2 musim seperti Indonesia. Jangankan melihat salju, tatkala di beberapa daerah mengalami hujan es saja, reaksi masyarakat sontak menjadi heboh dan viral dalam waktu yang sangat singkat. Tunggu dulu, pada kesempatan kali ini kita tidak sedang ingin membahas mengenai hujan es. Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali kita akan membahas mengenai 5 fakta menarik tentang salju yang jarang diketahui orang orang. Langsung saja, untuk mempersingkat waktu. Simak uraian selengkapnya dibawah ini. Baca Juga : Mata Uang Tertinggi Di Dunia


Fakta Unik Mengenai Salju - Ilmu Pengetahuan


1. Salju Lebat Meningkatkan Resiko Kecelakaan

Di sebagian negara, tingginya intensitas salju kerap memicu peningkatan resiko kecelakaan bagi pengendara kendaraan bermotor dijalan raya. Hal ini sebabkan tumpukan salju yang memadat membuat permukaan jalan menjadi licin. Oleh karenanya, beberapa negara bersalju menggunakan garam dan kalsium klorida untuk menurunkan suhu salju agar lebih cepat mencair dan tidak membuat jalan menjadi licin akibat beku oleh salju.


2. Salju Membuat Orang Malas Untuk Beraktivitas

Bila Anda tertarik tinggal di negara bersalju, mungkin sebaiknya dipikirkan dengan matang terlebih dahulu. Sebab bukan rahasia lagi, suhu yang dingin umumnya akan membuat orang orang menjadi malas untuk beraktivitas dan lebih senang mengurung diri dikamar. Walhasil, sifat malas yang muncul pada diri kita pun akan menjauhkan kita dari aktivitas yang bersifat produktiv, yang tentu saja tidak baik untuk masa depan kita. Belum lagi, jika kita tidak terbiasa dengan suhu dingin yang ekstrim siap siap saja untuk langganan sakit jika tinggal di negara yang bersalju.


3. Kepingan Salju Super Besar

Siapa sangka, didalam Guinness Book of World Records tercatat bahwa terdapat kepingan salju super besar yang pernah ditemukan dengan ukuran sekitar 15 inci (lebar) dan 8 inci (tebal). Namun perlu diketahui, secara umum butiran salju memiliki ukuran yang tidak lebih dari 1,5 inci saja.


4. Warna Salju Adalah Bening (A.K.A Bening)

Bila Anda menganggap bahwa butiran salju berwarna putih, sungguh Anda telah keliru. Karena pada dasarnya, salju tidak memiliki warna apapun alias bening seperti air murni. Adapun warna putih yang terlihat pada butiran salju merupakan pantulan cahaya dari sinar matahari yang diserap oleh partikel partikel salju. Dari proses pantulan cahaya tersebutlah, warna putih dihasilkan seperti yang kita lihat pada umumnya.


5. Salju Bisa Menjadi Mematikan

Bila diantara Anda ada yang terinspirasi untuk tinggal di negara bersalju karena melihat dengan adegan romantis yang muncul di drama korea ataupun sejenisnya, Tahukah Anda, bahwa terkadang salju itu tidak seromantis apa yang kita bayangkan. Bayangkan saja, terdapat sebuah kejadian pada 14 April 1986. Dimana saat itu badai salju besar menyapu negara Bangladesh hingga menewaskan sebanyak 92 jiwa.

Fakta Menarik Tentang Salju Yang Jarang Diketahui

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai Fakta Unik Mengenai Salju. Almuhim, dimana pun kita bermukim, tentu sudah selayaknya kita bersyukur dengan iklim apapun yang diberikan kepada negara yang kita tempati. Sebab, masing masing iklim yang dimiliki setiap negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Bantu share artikel ini ke sosial media kalian sebagai bentuk support kepada situs pendidikan ini. Terima kasih.