10 Negara Penduduk Terbanyak Di Dunia

Negara Penduduk Terbanyak
Negara Penduduk Terbanyak



10 Negara Penduduk Terbanyak Di Dunia – Bila kita definisikan secara tekstual, Negara merupakan sekumpulan / sekelompok orang yang menempati suatu wilayah, serta terorganisir oleh pihak pemerintah negara yang sah, dan bisa kita tandai dengan memiliki sebuah kedaulatan. Dikutip dari data PBB, saat ini ada sekitar 195 negara yang telah terdaftar secara resmi. 193 negara didalamnya adalah Negara yang berdaulat, dan sisa 2 nya digolongkan sebagai negara “saja”.

Pada kesempatan kali ini bukan terkait jumlah negara yang akan kita bahas. Melainkan seperti judul yang sudah kita lihat diatas, kita akan membahas mengenai topik 10 negara penduduk terbanyak di dunia. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian selengkapnya dibawah ini. Baca Juga : Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia




10 Negara Penduduk Terbanyak Di Dunia


1. Cina

Saya rasa kita semua kenal dengan negara ini. Percaya atau tidak, namun fakta membuktikan bahwa penduduk asli negara ini hampir tersebar diseluruh dunia. Dan salah satu fakta menarik lainnya, dalam 10 tahun terakhir ini, perkembangan ekonomi negeri tirai bambu ini bergerak dengan sangat signifikan. Dan hal ini terbukti, dengan perkembangan ekonomi china yang bertumbuh paling cepat didunia, dengan taksiran rata-rata 10% selama 30 tahun terakhir ini. Adapun jumlah penduduk di negara ini mencapai 1,386 miliar (2017).


2. India 

Posisi kedua negara penduduk terbanyak di dunia adalah India. Negara yang mahsyur akan industry perfilman Bollywood ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,339 miliar (2017). Berdasarkan luas wilayah yang dimiliki India, yaitu 3.287.263 km2 , estimasi kepadatan penduduk dinegara Bollywood ini sekitar 390 orang / km2 . 17,3% dari total jumlah penduduk di dunia berada di negara ini.


3. Amerika  Serikat 

Negara yang satu ini digadang gadang sebagai negara paling multicultural. Yap! Apalagi kalau bukan Amerika Serikat. USA atau Amerika serikat merupakan negara penduduk terbanyak ketiga didunia saat ini. Diperkirakan, jumlah penduduk yang berada di dalam negara ini sekitar 327,2 juta (2018). Dan dari total jumlah penduduk tersebut terdapat bermacam-macam suku dan ras dari berbagai negara di dunia. Berdasarkan estimasi sementara, kepadatan penduduk di USA sekitar 33 jiwa per km2 .


4. Indonesia

Posisi ke-4 negara penduduk terbanyak di dunia ditempati negara kita nih, Indonesia. Mungkin banyak yang tidak mengira, tapi inilah faktanya, negara kita duduk di posisi keempat dengan jumlah penduduk sekitar 264 juta (2017). Dan dari total keseluruhan penduduk tersebut, diperkirakan ada sekitar 1.340 suku beradasarkan data BPS tahun 2010. Estimasi kepadatan penduduk di wilayah Indonesia sekitar 137 jiwa per km2 . Menurut pendapat admin pribadi, bila di negara kita tidak diterapkan program KB, bisa jadi yang duduk di peringkat ketiga adalah negara kita Indonesia.


5. Brazil

Selain dikenal sebagai negara para ahli sepak bola, Brazil juga mahsyur akan seni bela diri capoeira (bela diri khas brazil). Sampai tahun 2017 yang lalu, Brazil memiliki jumlah penduduk sekitar 209,3 juta jiwa. Dari total jumlah penduduk tersebut, Brazil layak menduduki posisi kelima sebagai Negara penduduk terbanyak di dunia. Sekedar intermezzo bagi yang belum tahu, Bila Anda sering mendengar tentang keganasan hutan dan sungai amazon, kedua tempat tersebut berada di wilayah negara Brazil.


6. Pakistan

Posisi ke-6 negara penduduk terbanyak di dunia ditempati oleh Pakistan. Jumlah penduduk di negara ini sekitar 197 juta jiwa (2017). Negara yang sering berselisih dengan India ini memiliki luas wilayah sekitar 796.095 km persegi. Berdasarkan estimasi, kepadatan penduduk di negara ini sekitar 206 jiwa per km2 . Sekedar intermezzo, Di negara ini terdapat sebuah tambang garam bernama khewara,  Tambang garam tersebut menjadi sumber garam terbesar didunia karena mampu menghasilkan sekitar 35.000 ton garam  setiap tahunnya.



7. Nigeria

Posisi ketujuh ada Nigeria. Penduduk di negara ini bisa kita kenali dari warna khas kulit yang mereka miliki (gelap). Nigeria adalah salah satu negara dari sepuluh negara penduduk terbanyak didunia. Sampai tahun 2017 silam, jumlah penduduk di negara ini sekitar 190,9 juta jiwa. Dan bila ditinjau dari sektor ekonomi negara, perekonomian Nigeria bergerak dalam bidang manufaktur, keuangan, jasa, komunikasi, serta teknologi. 


8. Bangladesh

Bangladesh adalah sebuah negara yang terkenal dengan tindakan ilegal human trafficking. Jumlah penduduk di negara ini sekitar 164,7 juta jiwa (2017). Dari total penduduk tersebut, Bangladesh pun kita tempatkan di posisi kedelapan sebagai negara penduduk terbanyak di dunia. Tentunya, setelah mengetahui fakta bahwa negara tersebut kerap terjadi penjualan manusia, sebaiknya dipikirkan kembali jika ingin menjadi warga negara di negara tersebut. Sebab khawatir, ketika Anda pindah ke negara tersebut, justru Anda dan keluarga Andalah yang akan menjadi sasaran human trafficking. Cukup mencengangkan, harga seorang gadis perawan di Bangladesh dibandrol sekitar 3,2 juta rupiah.


9. Rusia

Berikutnya adalah Rusia. Selain dikenal sebagai negara yang memiliki iklim yang cukup ekstrim, Rusia juga dikenal sebagai negara penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk di negara ini sekitar 144,5 juta jiwa (2017). Berbicara mengenai iklim di negara ini, ketika memasuki musim dingin, suhu di Rusia bisa sangat rendah sekali. Bahkan suhu terendah di rusia bisa jatuh hingga angka – 50 derajat celcius. Kayaknya jualan bakso di sana bakal laris. hehe..


10. Jepang

Sugoi!! Posisi ke-10 negara penduduk terbanyak di dunia ditempati negara yang dikenal dengan pohon sakura dan samurai. Yap! Apalagi kalau bukan Jepang. Negara yang terkenal disiplin ini mempunyai jumlah penduduk sekitar 126,8 juta jiwa (2017). Dan bila kita memperkirakan ttal jumlah penduduk berdasarkan luas wilayah negara yang dimiliki Jepang, berarti kepadatan penduduk di negara ini sekitar 335 jiwa per kilometer persegi. Dan sebagai informasi tambahan, ibukota Jepang, yaitu Tokyo merupakan Ibukota terpadat di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 13,8 juta jiwa (2018).


Terima kasih atas perhatiannya, mungkin sekian saja uraian situs ilmu pengetahuan kali ini mengenai 10 negara penduduk terbanyak di dunia. Dukung terus dan support situs ini agar berkembang menjadi media informasi yang padat akan ilmu dan wawasan dengan membagikan artikel kami di sosial media Anda. Share yang Anda lakukan sangat berarti bagi kami. Sampai jumpa!


By : Ilmu Pengetahuan