10 Hewan Pintar – Ilmu Pengetahuan

Hewan Pintar
Hewan Pintar

10 Hewan Pintar – Bisa dibilang, tidak ada satupun hewan di dunia ini yang mampu menyelesaikan ujian kalkulus rumit atau menulis essay yang membuat takjub semua orang. Tapi meskipun begitu, bukan berarti hewan hewan tersebut tidak memiliki kecerdasan atau tingkat intelegensi yang luar biasa. Beneran? Baiklah, bila Anda tidak percaya, simak uraian singkat kami dibawah ini mengenai 10 hewan paling pintar di dunia.

10 Daftar Hewan Pintar Situs Ilmu Pengetahuan

1. Simpanse dan kerabatnya

Para pakar berpendapat, simpanse dan kerabatnya adalah spesies hewan yang memiliki tingkat kecerdasan paling tinggi dibandingkan spesies hewan apapun. Hal ini dikarenakan, simpanse dan kerabatnya mampu membuat aneka peralatan untuk digunakan sebagai media saat berburu makanan. Bahkan, hewan hewan ini mampu menyusun strategi bersama, untuk mendapatkan hasil buruan yang diinginkan. Mereka juga hewan yang memiliki tingkatan status sosial, mampu mempengaruhi satu sama lain, memiliki kemampuan menipu, belajar menggunakan simbol, mengerti aspek bahasa manusia, konsep angka dan numerik. Jadi wajar saja bila simpanse duduk di posisi pertama dalam daftar hewan pintar kita.

2. Gajah

Gajah merupakan mamalia darat terbesar yang ada di permukaan bumi saat ini. Dimana berat yang dimilikinya bisa mencapai 7 ton, dengan tinggi sekitar 4 meter. Penggolongan gajah kedalam daftar hewan pintar situs ilmu pengetahuan dikarenakan gajah mampu mengenali dirinya di cermin, sehingga mengindikasi kesadaran diri dan kognisi. Disamping itu, seekor gajah ternyata juga mampu menggunakan peralatan meski tidak sehebat simpanse. Bukan hanya itu saja, menurut para peneliti, spesies gajah merupakan hewan yang memiliki ingatan yang kuat, karena mampu mengingat rute migrasi yang sangat jauh tanpa tersasar.

3. Lumba Lumba

Siapa sih yang tidak tahu dengan hewan yang satu ini? Selain dikenal sebagai hewan yang suka menolong, ternyata lumba lumba juga memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Hal ini bisa kita saksikan dimana para lumba lumba dikebun binatang mampu berinteraksi sangat baik dengan para pelatihnya. Bahkan bukan cuma itu, kemampuan gelombang suara (sonar) yang dimiliki lumba lumba ternyata juga diadopsi oleh manusia dalam pengembangan teknologi kapal selam. Dimana gelombang suara (sonar) yang dikeluarkan didalam air dapat dipantulkan kembali saat menyentuh suatu benda. Sehingga, kapal selam yang bergerak didalam air tidak perlu takut menabrak karang dan sejenisnya, karena telah dilengkapi teknologi sistem sonar. Keren banget nih!

4. Burung Kaka Tua

Hewan pintar di posisi ke-4 yaitu burung kaka tua. Secara umum, spesies burung kaka tua bisa kita temui di seputar wilayah tropis. Dan sebagaimana yang kita ketahui bersama, jenis burung kaka tua memang memiliki kemampuan dalam meniru perkataan manusia apabila dilatih dengan benar. Bahkan bukan hanya itu, jika seekor kaka tua benar benar terlatih, ia juga mampu menjawab pertanyaan dari kita. Dan hal ini biasa kita temui di kawasan kebun binatang.

5. Domba

Siapa sih yang tidak tahu namanya domba. Tapi tahukah Anda? Ternyata ada fakta yang sangat menarik yang dimiliki hewan yang satu ini. Berdasarkan penelitian, seekor domba ternyata mampu mengenali sekaligus mengingat wajah manusia,bahkan hingga beberapa tahun lamanya.

6. Tikus

Siapa sangka, tikus yang dikenal sebagai hewan hama ternyata bisa masuk kedalam daftar hewan pintar pada artikel kita kali ini. Dikalangan para peneliti atau ilmuwan, tikus memang kerap dijadikan sebagai bahan eksperimen. Menurut pendapat para ahli, spesies tikus memiliki kondisi psikologi yang nyaris sama dengan manusia. Menurut para ahli, seekor tikus ternyata bisa merasakan sedih, gembira dan stress sebagaimana yang dialami manusia.

7. Anjing

Bisa dibilang, masuknya anjing kedalam daftar hewan pintar kita kali ini bukanlah sesuatu hal yang mengejutkan. Kecerdasannya sudah sangat mahsyur di tengah tengah kehidupan manusia, baik itu membantu pekerjaan sepele, seperti : menjaga hewan ternak, hingga pekerjaan penting seperti memburu jejak para kriminal yang melarikan diri. Bahkan bukan hanya itu, penciuman anjing yang super tajam telah terbukti mampu melacak barang yang disembunyikan oleh para kriminal, hanya dengan mencium aroma benda yang dicontohkan.

8. Gurita

Hewan pintar yang satu ini biasa dijadikan pangan (takoyaki) di negara jepang. Menurut hasil penelitian, seekor gurita ternyata mempunyai daya ingat yang sangat baik, bahkan bukan hanya ingatan jangka pendek, spesies gurita juga memiliki ingatan jangka panjang yang cukup baik. Didalam sebuah labolatorium dilakukan sebuah uji coba, dimana seekor gurita yang dimasukkan kedalam sebuah toples tertutup, ternyata mampu meloloskan diri dengan cara memutar tutup toples dari arah dalam.

9. Burung Gagak

Hewan pintar di posisi ke-9 adalah burung gagak. Pasti kamu tahukan burung yang satu ini? Iyap! burung berwarna gelap ini memiliki intelegensi yang cukup baik dalam memecahkan sebuah permasalahan hanya dengan menggunakan sumber daya yang ada disekitarnya. Seekor gagak mampu membuat peralatannya sendiri untuk membantu kehidupannya sehari hari. Bayangkan saja, seekor buruk gagak mampu menggunakan potongan roti, untuk dijadikan umpan pada ikan yang telah ia incar untuk dimangsa.

10. Burung Merpati

Posisi terakhir dalam daftar hewan pintar kita kali ini ditempati burung merpati. Sebelum ada pak pos yang bertugas mengantar surat dari rumah ke rumah, burung merpati ini sudah lebih dulu ditugaskan mengantar surat ke berbagai tempat, sesuai perintah dari majikannya. Baik itu kediaman raja atau masyarakat biasa. Hal ini dikarenakan, burung merpati ternyata mampu mengingat informasi visual, baik berupa gambar, foto, atau objek apapun yang terlihat oleh kedua matanya.
Mungkin itu saja uraian singkat kita kali ini mengenai hewan pintar yang ada di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita seputar dunia fauna. Jangan lupa, bantu share artikel kita di sosial media Anda sebagai bentuk dukungan kepada situs ilmu pengetahuan Indonesia. Sampai jumpa.

By : Ilmu Pengetahuan