Wilayah dan Perwilayahan Part 4

Wilayah dan Perwilayahan
Wilayah dan Perwilayahan

 

Wilayah dan Perwilayahan Part 4 – Ilmu Pengetahuan

Wilayah dan Perwilayahan – Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas pola persebaran penduduk dan kaitannya dengan wilayah serta perwilayahan part 3. Dan seperti judul yang sudah para pembaca lihat, kali ini kita masih melanjutkan mengenai wilayah dan perwilayahan part 4 yang berfokus pada lingkup bentang alam dari sebuah perwilayahan.  Untuk mempersingkat waktu kita, mari langsung saja kita masuk ke inti pembahasan kita kali ini. (Baca Juga : Wilayah dan Perwilayahan Part 3). Ditinjau berdasarkan lingkup bentang alamnya, wilayah pedesaan yang terdapat di Indonesia bisa dikelompokkan kedalam 5 jenis.

1. Desa pantai
Jenis yang pertama adalah Desa Pantai. Dari namanya saja tentu sudah bisa kita tebak, Desa jenis ini terletak di daerah pantai. Akan tetapi, tidak semua sisi dari jenis desa pantai selalu sama dengan desa pantai lainnya, baik dalam pola pengaturan lahannya ataupun dalam corak kehidupan penduduknya. Sebab, sisi sisi tersebut sangat bergantung dengan kondisi wilayah dari masing masing desa pantai tersebut. Pola pengaturan lahan serta corak kehidupan penduduk yang bermukim di wilayah pantai yang landai, tentunya akan relatif berbeda dengan desa pantai yang berada di wilayah pantai perbukitan.

2. Desa di Dataran Rendah
Tidak jauh berbeda dengan desa di wilayah pantai, desa-desa di dataran rendah juga memiliki variasi masing-masing sesuai dengan sejarah dan perkembangannya. Desa-desa di wilayah ini umumnya cenderung lebih leluasa dalam mengatur pola lahan maupun teritorial wilayahnya dibandingkan dengan desa desa di wilayah pantai maupun pegunungan.

3. Desa di di Wilayah Pegunungan
Desa desa yang berada di daerah pegunungan, umumnya sangat bergantung pada kondisi alam yang dimilikinya. Rumah penduduk di kawasan desa pegunungan bisa kita kenali dari susunannya yang bersaf saf secara hierarki, di celah-celah perbukitan atau di lembah-lembah pegunungan ataupun di kanan kiri sungai.

4. Desa Pedalaman
Desa pedalaman merupakan desa yang terletak jauh dari pusat Kota dan umumnya desa dengan tipe seperti ini berada di tempat yang sangat terisolir. Desa dengan model seperti ini dapat kita temui wilayah Papua dan Kalimantan.

5. Desa di Perkotaan
Pola Desa seperti ini biasanya sudah termasuk wilayah perkotaan. Meskipun disebut dengan nama desa, namun kawasan pedesaan seperti ini, ketika memenuhi persyaratan yang dibutuhkan bagi sebuah kota, maka Wilayah Desa tersebut juga bisa disebut dengan kota

Mungkin hanya sedikit ini yang bisa kita sarikan mengenai  wilayah dan perwilayahan dalam lingkup bentang alam, khususnya wilayah pedesaan. Dalam pembahasan selanjutnya, kita akan membahas masih mengenai wilayah dan perwilayahan, namun dengan judul artikel yang berbeda, yaitu pola keruangan kota. Ditunggu yah! Jangan lupa, share artikel ini dengan teman sekolahmu agar mereka juga bisa mengerjakan tugas sekolahnya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

By : Ilmu Pengetahuan

DAFTAR PUSTAKA
Geografi 3 – Untuk SMA dan MA Kelas XII – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009. Disusun : Nurmala Dewi , Editor : Sugeng Setyono