Peran Virus Dalam Kehidupan Part 1 - Ilmu Pengetahuan

Peran Virus Dalam Kehidupan Part 1 - Ilmu Pengetahuan

Master
Wednesday, May 22, 2019

Peran Virus Dalam Kehidupan
Peran Virus Dalam Kehidupan


Peran Virus Dalam Kehidupan Part 1 - Ilmu Pengetahuan


Peran virus dalam kehidupan - Balik lagi dengan situs ilmu pengetahuan id, kemarin kita telah menjelaskan mengenai cara reproduksi bagian ketiga yang berfokus pada penjelasan siklus lisogenik. Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas mengenai peran virus dalam kehidupan. Dan untuk mempersingkat waktu kita, Mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


1. Virus yang Menguntungkan

Jika kita berbicara mengenai peranan virus dalam kehidupan manusia, tentu ada banyak hal yang bisa kita bahas. Dan salah satu yang paling penting adalah virus dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan kita. Gimana bisa? Perlu diketahui, sebuah DNA merupakan pembawa materi genetik yang dapat mengubah sifat dari makhluk hidup. Dan kemarin telah kita jelaskan mengenai siklus lisogenik, di mana DNA bakteri dapat bergabung dengan DNA virus, sehingga menjadikan DNA bakteri mengandung DNA virus. Saat terjadi sebuah proses, dimana DNA virus menjadi aktif dan menghancurkan DNA bakteri, ketika itu DNA bakteri tidak akan hancur seluruhnya dan akan menyisakan sebagian DNA bakteri. Oleh karena itu, meskipun DNA virus menghancurkan DNA bakteri, di dalam DNA virus masih terkandung sejumlah gen bakteri.

Contoh : apabila sebuah DNA virus mengandung DNA bakteri (A), dan DNA virus tersebut menginfeksi bakteri (B), maka dengan otomatis bakteri (B) tersebut makan mengandung DNA dari virus dan DNA bakteri (A). Sehingga, dampak dari proses ini adalah sifat yang dimiliki bakteri (A) akan menurun kepada bakteri (B). Dari penjelasan teori di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam hal tertentu manusia dapat mengambil keuntungan dari keberadaan virus. Dan dibawah ini telah kami rangkum 3 peran virus dalam kehidupan, yang berhasil ditemukan oleh para ahli.


A. Memproduksi Vaksin

Peran virus dalam kehidupan pertama yang bisa kita ambil dari virus adalah membantu kita dalam memproduksi vaksin. Vaksin adalah adalah patogen yang telah dilemahkan, dan tidak memiliki daya untuk memberi ancaman (bahaya) menyerang manusia. Dalam hal ini, tidak semua virus bisa dimanfaatkan untuk memproduksi vaksin (Hanya beberapa saja). Tubuh seseorang yang telah diberi vaksin, dengan sendirinya akan memproduksi antibodi patogen tertentu untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga, apabila patogen (dari luar) tersebut menyerang ke dalam tubuh, maka tubuh pun akan lebih kebal, karena telah memproduksi antibodi patogen tersebut.


B. Menghasilkan Antitoksin

Peran virus dalam kehidupan kedua yang bisa kita ambil dari virus adalah dengan menggabungkan DNA virus dengan gen yang memiliki sifat menguntungkan. Sehingga, apabila virus menginfeksi sebuah bakteri, maka gen yang menguntungkan yang terdapat di dalam virus tersebut akan ikut terbawa dan tertanam di dalam sel bakteri yang diinfeksi oleh virus tersebut. Dalam hal ini, para ahli bisa memanfaatkan gen manusia. Karena gen manusia adalah gen yang menguntungkan dan dapat mengendalikan produksi antitoksin. Dengan memanfaatkan DNA virus untuk membawa DNA manusia ke dalam DNA bakteri, hal ini akan menguntungkan bagi manusia. Sebab, sel bakteri tersebut akan memiliki atau mengandung gen manusia penghasil antitoksin. Dimana sebelumnya gen bakteri tidak mengandung antitoksin manusia, menjadi mampu menghasilkan antitoksin yang sama dengan antitoksin manusia.

Saat bakteri melakukan pembelahan terus menerus, maka bisa dipastikan, bakteri baru (yang dihasilkan dari pembelahan) akan mengandung antitoksin yang dihasilkan oleh DNA manusia. Dari proses ini, kita bisa memisahkan antitoksin yang telah dihasilkan, dan memanfaatkannya untuk melawan penyakit tertentu pada manusia. Dengan rekayasa genetik, para ahli bisa memanfaatkan virus sebagai perantara, untuk memasukkan gen manusia maupun gen makhluk hidup lainnya ke dalam sel bakteri. Tentunya, Hal ini bertujuan agar sel bakteri yang diinfeksi oleh virus, dapat membawa sifat gen manusia maupun gen makhluk hidup lainnya. (Lanjut ke Peran virus dalam kehidupan yang ketiga)


C. Melemahkan Bakteri

Umumnya, virus yang menyerang bakteri patogen adalah jenis virus yang menguntungkan. Apabila DNA virus lisogenik ternyata menginfeksi DNA bakteri patogen, maka bakteri tersebut pun akan berubah menjadi lemah dan tidak berbahaya lagi bagi makhluk hidup.

Mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai peran virus dalam kehidupan. Dalam pembahasan selanjutnya kita akan menjelaskan mengenai peran virus dalam kehidupan bagian kedua yang akan berfokus pada dampak-dampak buruk atau yang merugikan dari virus bagi manusia. Sampai jumpa!


By : Ilmu Pengetahuan



DAFTAR PUSTAKA

Buku Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Penulis : Ari Sulistyorini, Editing : Hadiat
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009