Peran Virus Dalam Kehidupan Part 2 – Ilmu Pengetahuan

Peran Virus Dalam Kehidupan
Peran Virus Dalam Kehidupan

Peran Virus Dalam Kehidupan Part 2 – Ilmu Pengetahuan

Peran Virus Dalam Kehidupan – Halo semua balik lagi di situs ilmu pengetahuan. Kemarin kita telah menjelaskan mengenai peran virus dalam kehidupan bagian pertama. Dan pada pembahasan tersebut, kita berfokus pada manfaat dari keberadaan virus tersebut. Adapun pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba menjelaskan mengenai hal-hal yang merugikan manusia dari keberadaan virus. Dan untuk menghemat waktu kita, mari langsung saja kita Simak uraian selengkapnya di bawah ini. Baca Juga : Peran Virus Dalam Kehidupan Part 1

2. Virus Yang Merugikan

Selain menguntungkan dalam beberapa hal, keberadaan virus yang merugikan juga patut kita perhitungkan. Sebagaimana yang kita ketahui, virus merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit pada tubuh manusia. Serangan inilah yang dapat merugikan manusia, bukan hanya materi, bahkan bila tidak ditangani dengan serius dapat mengancam nyawa seseorang. Adapun beberapa jenis penyakit yang dipicu oleh virus antara lain: demam berdarah, hepatitis, cacar air, kanker, ebola, mata belek, gondong, rabies, herpes, polio, cacar, pilek dan influenza.

Influenza

Apakah anda pernah terserang virus influenza? Saya rasa hampir semua orang pernah mengalaminya. Tahukah anda bahwa virus influenza berbentuk bulat? Seseorang yang terjangkiti atau terserang virus influenza umumnya akan mengalami beberapa ciri atau tanda seperti: hidung pilek, suhu tubuh yang meningkat, demam, Tidak selera makan serta nyeri otot. Virus influenza umumnya akan menyerang bagian atas dari saluran pernapasan seseorang. Dari hasil penelitian menyebutkan : setidaknya ada sekitar 190 jenis virus yang bisa menjadi pemicu influenza. Tentu saja, dengan banyaknya jenis virus yang mampu memicu influenza, bukan hal yang aneh bila seseorang baru saja sembuh dari influenza, ternyata kembali terserang influenza, disebabkan virus influenza yang lain.
Namun tidak perlu khawatir, sebab aktivitas dari virus ini dapat kita cegah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun cara yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat bervariasi, mulai dari menjaga waktu istirahat, rutin berolahraga, dan menjaga pola makan.

Cacar

Bila Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa virus influenza memiliki bentuk bulat, berbeda dengan virus cacar yang memiliki bentuk seperti bata yang berlapis dua membran. Virus cacar terdiri dari inti yang berisikan DNA pita rangkap. Di dalam DNA pita rangkap ini terkandung protein. Salah satu kelebihan virus cacar di antara virus lainnya adalah kemampuan bertahan terhadap kekeringan.  oleh karena itu adalah sebuah hal yang wajar, bila virus ini memiliki daya tular yang cukup tinggi dibandingkan virus-virus pada umumnya. Virus cacar umumnya dapat menyerang tubuh manusia. Dan biasanya, masuknya virus cacar ke dalam tubuh manusia adalah melalui saluran pernafasan bagian atas, lalu Kemudian menyebar ke dalam aliran darah. Virus yang menyebar melalui aliran darah pun berhenti dan berdiam di dalam jaringan kulit. Kemudian kulit pun menggelembung, lalu pecah dan menimbulkan bekas pada tubuh ataupun wajah. Diperkirakan, masa inkubasi dari virus cacar ini memakan waktu sekitar 12 hingga 16 hari.
Adapun gejala yang biasanya ditimbulkan dari virus cacar bila menginfeksi seseorang antara lain; sakit kepala, sakit punggung, menggigil, lesu, demam, dan badan terasa panas dingin. Sistem penularan penyakit cacar umumnya terjadi disebabkan kontak langsung dengan sumber infeksi, sekresi hidung, mulut, maupun benda-benda yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut, seperti: handuk, selimut, sprei, ataupun kain lap. Mengingat daya tular virus ini yang sangat kuat, para ahli kesehatan telah melakukan penelitian dan telah membuat vaksin cacar untuk mencegah penularan virus tersebut.

Polio

Virus yang satu ini umumnya menyerang ataupun menginfeksi anak-anak. Gejala yang ditimbulkan dari virus ini pun sangat bervariasi, seperti; tenggorokan sakit, mual, muntah, demam yang tinggi, mengantuk, sakit kepala, tulang leher terasa kaku ataupun tulang belakang yang terasa kaku. Virus yang satu ini (virus polio) sangat berbahaya. Sebab, apabila virus berhasil menyerang selaput otak dan merusak sel-sel saraf otak bagian depan, maka penderita atau orang yang terinfeksi virus tersebut akan mengalami kelumpuhan.  sumber dari virus polio ini biasanya berada di dalam saluran usus si penderita. Bila makanan yang telah terkontaminasi virus tersebut kita makan, maka otomatis kita pun akan tertular virus tersebut.  Disamping itu virus ini dapat menular melalui infeksi saluran pernapasan. Dan diperkirakan, masa inkubasi dari virus polio memakan waktu sekitar 3 hingga 35 hari atau 7 sampai 14 Hari. Penularan virus ini dapat kita cegah dengan memberikan vaksin polio. Di dalam vaksin tersebut terkandung vaksin salk dan Sabin. Dimana vaksin salk berfungsi untuk mengaktifkan produksi antibodi dalam serum. Sedangkan di dalam vaksin Sabin terkandung virus polio yang sudah dilemahkan.

Peran Virus Dalam Kehidupan Part 2 – Ilmu Pengetahuan

Karena keterbatasan waktu yang dimiliki penulis, kali ini kita hanya bisa mengupas mengenai 3 virus saja. Bila tidak berhalangan, besok kita akan melanjutkan dan menyelesaikan pembahasan terkait peran virus dalam kehidupan pada part yang ke 3. Terimakasih atas kunjungannya di situs ilmu pengetahuan, sampai jumpa. Bye!

By : Ilmu Pengetahuan



DAFTAR PUSTAKA

Buku Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Penulis : Ari Sulistyorini, Editing : Hadiat. 

Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009