Negara Tertua Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Negara Tertua Di Dunia
Negara Tertua Di Dunia – Ilmu Pengetahuan


Negara Tertua Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Negara Tertua Di Dunia – Sedikit flashback mengenai sejarah, negara kita Indonesia berhasil merebut kemerdekaan dari tangan jepang pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan setelah itu, berdirinya Indonesia hingga saat ini sebagai salah satu negara berkembang dan berpotensi di Asia, khususnya Asia Tenggara. Dan berbicara mengenai terbentuknya sebuah negara, hari kemerdekaan bukanlah sebuah tolak ukur agar suatu negara dianggap sah ditengah tengah wilayah dunia. Melainkan sebuah negara dapat dianggap sah apabila telah terdapat wilayah sendiri dan memiliki sistem pemerintahan yang telah diakui oleh masyarakatnya. Dan tolak ukur ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. 

Berangkat dari kalimat pembuka diataslah, kali ini kita akan membahas mengenai 10 negara tertua di dunia yang tentunya jarang terdengan dan diketahui oleh kebanyakan orang.

Negara Tertua Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

1. YUNANI

Posisi pertaman ada Yunani, negara yang ber-ibukota di Athena ini diperkirakan telah berdiri sejak 3.200 SM. Bukan hanya menjadi negara tertua di dunia, Yunani juga merupakan tempat lahirnya budaya dunia barat yang terletak di Eropa bagian Tenggara. Dan jika kita sedikit melihat kebelakang, kita akan menemukan bahwa peradaban Yunani kuno sangat berpengaruh pada bahasa, sistem pendidikan, seni, filsafat, ilmu pengetahuan, dan politik.

2. MESIR

Di urutan kedua ditempati negara Mesir. Pasti kalian kenal dengan yang namanya Fir’aun. Benar, seorang raja durhaka yang berasal dari Mesir. Menurut para ahli sejarah, negara mesir kuno telah berdiri sejak sekitar 3.150 SM. Pada masa masa kerajaan, Mesir termasuk salah satu negara yang berkembang dengan sangat stabil, Hingga akhirnya Mesir harus takluk saat diserang oleh bangsa Romawi pada tahun 30 SM. Saat ini, Mesir dikenal sebagai negri Piramida, karena memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa bangunan Piramida yang sangat khas mencerminkan kehidupan masyarakat Mesir kuno.

3. INDIA

Negara tertua ke3 di dunia ini tercatat memiliki penduduk lebih dari 1 miliar jiwa . Dan menurut para ahli, negara yang memiliki populasi manusia terbanyak kedua di dunia ini telah terbentuk sejak tahun 3.000 SM, dan telah melakukan perdagangan dengan penduduk di Asia Barat. Dan saat ini, India telah dikenal sebagai salah satu negara dengan perkembangan teknologi paling maju di dunia.

4. TIONGKOK

Berikutnya adalah negara Tiongkok atau juga akrab disebut dengan negara China. Berdasarkan survey penduduk dunia, China memiliki jumlah penduduk paling banyak di dunia saat ini. Menurut para ahli sejarah, Tiongkok telah memiliki sebuah sistem pemerintahan pada tahun 1750 SM, lebih tepatnya pada zaman Dinasti Sang. Dan saat ini, Tiongkok atau yang lebih dikenal dengan China, merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian paling pesat di dunia.

5. ETIOPIA

Posisi kelima ditempati Etiopia. Negara ini terletak di benua Afrika dan termasuk salah satu negara tertua di dunia. Menurut para ahli sejarah, pemerintahan Etiopia pertama dibentuk pada tahun 980 SM, lebih tepatnya pada masa kerajaan Abyssinia. Dan satu hal yang unik dari Etiopia adalah negara ini merupakan satu satunya negara di benua Afrika yang tidak dijajah oleh bangsa Eropa.

6. JEPANG

Negara yang memiliki nama asli Nihonkoku ini terletak di benua Asia bagian Timur. Dan telah berkembang menjadi salah satu negara yang memiliki teknologi paling canggih di dunia. Adapun terkait usia dari negara Jepang sendiri berdasarkan mitologi tradisional yang tersebar, Jepang telah berdiri sejak tahun 648 SM, dan kala itu negara Jepang didirikan oleh kaisar Jimmu.

7. ARMENIA

Armenia adalah salah satu negara tertua di dunia yang terletak di benua Eropa – Asia. Dan menurut para ahli sejarah, negara ini telah berdiri sejak tahun 190 SM. Secara geografis, Armenia terbentang mulai dari Laut Hitam, sampai kearah Laut Kaspia dan Laut Mediterania. Menurut catatan sejarah, tepatnya di tahun 301 M, Armenia menjadi negara pertama di dunia yang mengakui agama kristen dan mengesahkannya sebagai agama di Armenia.

8. SAN MARINO

San Marino adalah salah satu negara tertua di dunia, sekaligus salah satu negara dari jajaran negara terkecil di dunia saat ini. Diperkirakan sistem pemerintahan di San Marino terbentuk pada tahun 301 M, oleh seorang tukang batu yang bernama Santo Marinus.

9. PRANCIS

Negara yang terkenal dengan menara Eifel ini ternyata masuk dalam daftar negara tertua di dunia. Bagaimana tidak? sejak tahun 987 M Prancis telah memiliki sistem pemerintahan dibawah kekuasaan Hugh Capet. Dan hingga kini, Prancis telah berkembang menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian paling maju di dunia dan tergabung menjadi salah satu negara dari daftar G20.

10. PORTUGAL

Posisi corot dari daftar negara tertua di dunia kali ini adalah Portugal. Negara ini terletak di benua Eropa bagian barat, dan menjadi salah satu negara yang menikmati standrt hidup relatif tinggi di dunia saat ini. Menurut sejarah, Portugal telah berdiri sejak tahun 1139.

Negara Tertua Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Bagaimana, sudah tahukan sekarang? Mungkin itu saja penjelasan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share artikel ini jika kamu merasa terbantu dengannya. Dan tetap update informasi serta wawasanmu di situs ilmu pengetahuan id setiap hari. Karena akan ada berbagai informasi terbaru yang hadir setiap harinya yang akan menambah wawasan serta ilmu pengetahuanmu.
Source picture : https://gohighbrow.com/the-great-sphinx-of-giza/