Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia
Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia – Banyak orang menginginkan berlian karena memiliki banyak manfaat, keindahan, serta nilainya yang tinggi dimata masyarakat dunia. Namun pernahkah anda tertarik mengetahui dari manakah asal berlian tersebut? Berlian adalah salah satu batu mulia, yang juga biasa dikenal dengan sebutan intan. Batu ini ditambang dari dalam perut bumi kemudian diproses dengan metode penggosokan khusus, sehingga menghasilkan bentuk dan tampilan indah bercahaya. Secara umum, berlian biasa digunakan sebagai perhiasan, benda investasi, penentu identitas sosial, pisau bedah, mata bor, dan penahan radiasi industri. Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas seputar berlian. Lebih tepatnya, kami telah menyusun daftar negara terbesar yang telah masuk kedalam catatan kita sebagai penghasil berlian terbesar di dunia saat ini. Baiklah, untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak daftar selengkapnya dibawah ini. Cek this out! Baca Juga : Negara Penghasil Timah Terbesar Di Dunia

 

Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia
Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia

 

1. RUSIA

Produksi Berlian : ~ 41,9 juta karat / tahun
Perusahaan : ALROSA
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar pertama adalah Rusia. Negara ini menghasilkan dua kali lipat berlian dari berlian yang dihasilkan negara Botswana. Estimasi produksi berlian tahunan di negara ini sekitar 41,9 Juta Karat. Selain itu, harga per karat untuk berlian yang diproduksi di Rusia adalah sekitar US$ 101.

 

2. BOTSWANA

Produksi Berlian : ~ 20,8 juta karat / tahun
Perusahaan : Botswana Diamonds P.L.C.
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Kedua adalah Botswana. Estimasi harga berlian yang ditambang di negara ini sekitar US$ 144 per karat. Botswana adalah negara yang terkurung daratan di wilayah Afrika bagian Selatan. Bukan hanya tambang berlian, negara ini juga memiliki cadangan uranium, emas dan tembaga yang cukup banyak.

 

3. REPUBLIK DEMOKRASI KONGO

Produksi Berlian : ~ 16 juta karat / tahun
Perusahaan : Sebagian besar pertambangan berlian di negara ini tidak dikelola oleh perusahaan
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Ketiga adalah Kongo. Negara ini terkenal sebagai penghasil berlian dengan kualitas yang cukup baik, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Botswana mampu menghasilkan lebih dari 16 Juta karat berlian, dengan harga rata-rata per karatnya adalah US$ 8. AMazing!

 

4. AUSTRALIA

Produksi Berlian : ~ 13,6 juta karat / tahun
Perusahaan : Argyle Diamond Mine
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Keempat adalah Australia. Jika melihat data statistik, Australia mampu menghasilkan lebih dari 13,6 Juta karat berlian dalam jangka waktu satu tahun. Harga  berlian yang diproduksi di negeri kangguru ini dibandrol dengan harga yang sangat rendah. Estimasi harga rata-rata per karat berlian di negara ini sekitar US$ 23. Adapun faktor penyebab rendahnya harga berlian di Australia, sangat erat kaitannya dengan kualitas dan ukuran berlian yang diperoleh . Lanjut ke no 5.

 

5. KANADA

Produksi Berlian : ~ 11,7 juta karat / tahun
Perusahaan : Gachcho Kue
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia posisi Kelima adalah Kanada. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini mendapatkan posisi ke 5 sebagai negara penghasil berlian terbesar di dunia. Bukan hanya itu saja, pasar berlian pun telah membuktikan bahwa banyak orang lebih menyukai berlian Kanada, karena diproduksi dengan cara yang sangat etis.

 

6. ANGOLA

Produksi Berlian : ~ 9 juta karat / tahun
Perusahaan : Catoca Diamond Mine
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Keenam adalah Angola. Tambang berlian Catoca yang terdapat di Angola merupakan tambang berlian terbesar ke 4 di dunia. Berlian yang diproduksi di negara ini dibandrol dengan harga sekitar US$ 131. Negara Angola juga merupakan salah satu penghasil berlian terbesar, di sekitar wilayah Selatan Afrika. Lanjut no 7

 

7. AFRIKA SELATAN

Produksi Berlian : ~ 7,2 juta karat / tahun
Perusahaan : Baken Diamond Mine
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Ketujuh Adalah Afrika Selatan. Harga per karat berlian yang diproduksi di Afrika Selatan dibandrol sekitar US$ 193. Dan berbicara sedikit tentang sejarah, berlian dan emas ditemukan di Afrika Selatan masing-masing pada tahun 1967 dan 1884. Kondisi inilah yang menjadi salah satu pemicu meningkatnya imigran ke wilayah Afrika Selatan dengan tujuan mencari tambang mineral ini.

 

8. ZIMBABWE

Produksi Berlian : ~ 3,5 juta karat / tahun
Perusahaan : Murowa Diamond Mine
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar di posisi kedelapan adalah Zimbabwe. Negara ini menambang lebih dari 3,5 juta karat berlian dalam waktu setahun. Kondisi pasar berlian di Zimbabwe tidak jauh berbeda dengan pasar berlian di Australia. Harga berlian yang diproduksi Zimbabwe dibandrol dengan harga yang cenderung murah, dengan estimasi harga sekitar US$ 50.

 

9. NAMIBIA

Produksi Berlian : ~ 2,1 juta karat / tahun
Perusahaan : Namdeb Diamond Corp (Pty.) Ltd
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar kesembilan adalah Namibia. Negara ini merupakan salah satu negara yang terdapat di wilayah selatan Benua Afrika, dan menjadi salah satu produsen berlian terbaik di dunia saat ini. Tercatat, Namibia mampu memproduksi lebih dari 2,1 Juta karat berlian dalam waktu satu tahun, dengan bandrol harga yang sangat luar biasa per karatnya, yaitu sekitar US$ 591. Dari bandrol harga tersebut bisa kita pastikan, bahwa Namibia adalah negara penghasil berlian dengan bandrol harga tertinggi di dunia (saat ini). Lanjut nomor yang terakhir.

 

10. SIERRA LEONE

Produksi Berlian : ~ 500 ribu karat / tahun
Perusahaan : –
Keterangan : Negara Penghasil Berlian Terbesar Kesepuluh adalah Sierra Leone. Negara ini mampu memproduksi lebih dari 500 ribu karat berlian dalam waktu satu tahun. Adapun estimasi harga per karat berlian di negara ini sekitar US$ 309. Berlian yang diproduksi di Sierra Leone biasanya digunakan untuk kegiatan ilegal, seperti pencucian uang. Yang ini mah jangan diikuti..!

Negara Penghasil Berlian Terbesar Di Dunia

Sekedar informasi tambahan, negara kita Indonesia juga memiliki tambang berlian di wilayah Martapura, Kalimantan Selatan. Baiklah, mungkin itu saja penjelasan kita kali ini terkait negara penghasil berlian terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia tambang berlian. Jangan lupa, Update terus informasi dan wawasan pengetahuanmu hanya di situs Ilmu Pengetahuan.id. Sampai jumpa!

 

By : Ilmu Pengetahuan
Sumber data produksi berlian : www.worldblaze.in