Penjelasan Metamorfosis Ayam - Ilmu Pengetahuan

Penjelasan Metamorfosis Ayam - Ilmu Pengetahuan

Master
Tuesday, May 7, 2019

Metamorfosis Ayam
Metamorfosis Ayam

Metamorfosis Ayam - Ilmu Pengetahuan

Metamorfosis Ayam - Apa kabar para pembaca di mana pun kalian berada. Apa yang terlintas dipikiran Anda bila mendengar kata ayam? Ayam goreng kah? Hewan peliharaan kah? Daging dengan harga murah kah? atau jangan jangan yang terlintas adalah ayam kampus? Tentu tidak! Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami dari tim situs ilmu pengetahuan akan berbagi sebuah topik pembahasan yang terkait dengan ilmu pengetahuan seputar biologi. Lebih tepatnya, seperti judul yang sudah kita lihat bersama sama. Tema kali ini adalah Penjelasan seputar metamorfosis ayam. Pada tema ini kita akan membahas apa saja sih tahap demi tahap perkembangan ayam. Dan bagaimanakah tahap perkembangan dari metamorfosis ayam tersebut. Baik! Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak uraian selengkapnya dibawah ini terkait siklus kehidupan metamorfosis ayam. Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Siklus Hidup


Penjelasan Singkat Metamorfosis Ayam

Sebagai pembuka dari intisari pembahasan, berikut di bawah ini penjelasan singkat seperti apakah hewan ayam tersebut dalam tinjauan klasifikasi. Berikut penjelasannya.

Ayam adalah jenis hewan yang berasal dari kingdom animalia dan termasuk deretan hewan yang berada pada kelas aves atau unggas. Hewan jenis Aves umumnya memiliki sebuah ciri khusus yang dapat kita lihat dari tampilan fisiknya. Dimana ciri khusus tersebut berupa sekumpulan bulu yang menutupi dan meliputi tubuh dari hewan tersebut. Hewan jenis Aves ini (ayam) umumnya dapat tumbuh dan berkembang dengan ukuran tinggi mencapai 30-45cm dengan bobot tubuh sekitar 1-3kg. Umumnya, lebar sayap ayam berkisar antara 45-60 cm dan mampu berlari hingga kecepatan maksimal sekitar 10km/jam. Golongan hewan ini sangat senang hidup berombong rombongan, memakan berbagai jenis biji bijian, buah buahan, dan termasuk memakan jenis serangga. Di alam bebas, hewan ini biasanya akan menjadi mangsa bagi spesies musang.


METAMORFOSIS AYAM - ILMU PENGETAHUAN

Metamorfosis Ayam
Metamorfosis Ayam

Spesies ayam hidup dengan melewati fase tumbuh kembang alias metamorfosis tidak sempurna, yang dikenal dengan istilah Hemimetabolisme. Adapun perincian selengkapnya terkait metamorfosis ayam tersebut adalah sebagai berikut.

Tahap Metamorfosis Ayam Pertama

Telur Atau Zigot
Tidak jauh berbeda dengan golongan atau jenis reptile pada umumnya, telur adalah wadah organik yang mengandung zigot, di mana embrio yang terdapat di dalamnya mampu berkembang hingga bertahan hidup dengan sendirinya. Dan apabila waktu (masa mengeram) telah usai, telur tersebut pun akan menetas dan lahir dalam bentuk nimfa. Umumnya, periode waktu atau masa pengeraman telur ayam akan berlangsung selama 21 hari (estimasi). Sedangkan metode pengeraman itu sendiri sangat bervariasi. Mulai dari yang alami, hingga menggunakan metode inkubator. Berikut dibawah ini selengkapnya tahap demi tahap dari metamorfosis ayam.

Tahap Metamorfosis Ayam Kedua

Anak Ayam / Nimfa
Setelah telur menetas, anak anak ayam ini akan membutuhkan tempat dengan kondisi suhu yang stabil dan tetap terjaga kehangatannya. Hal ini sangat penting, agar anak anak ayam tersebut dapat bertahan dan mengalami perkembangan fisik dengan baik. Saat ini tidak sulit menemukan alat penghangat buatan untuk ayam atau pun unggas. Perkembangan anak ayam yang baru menetas, umumnya akan mulai terlihat saat usia anak ayam menginjak 3 hari sejak hari kelahirannya. Dimana setelah hari ketiga tersebut, kita dapat mengamati kondisi anak ayam akan mulai menampakkan ciri ciri dari jenis kelaminnya. Hal ini dapat kita tandai dari perubahan bulu sayap pada anak ayam tersebut. Bagi anak ayam yang berjenis kelamin jantan, umumnya akan mengalami perkembangan bulu sayap yang cenderung lebih lambat dibandingkan dengan anak ayam yang berjenis kelamin betina. Anak ayam berjenis kelamin jantan yang berusia 3-5 hari, umumnya akan menunjukan bentuk bulu yang mirip seperti jarum kasar. Dan pada bagian ujung dari bulu sayap anak ayam jantan tersebut, akan  terlihat lebih menguncup. Sedangkan bentuk sayap yang dimiliki anak ayam berjenis kelamin betina umumnya akan terlihat lebih terbuka dan sedikit lebih lebar dibandingkan anak ayam berjenis kelamin jantan

Tahap Metamorfosis Ayam Ketiga

Ayam Dewasa
Pada fase ini, seekor ayam dewasa biasanya akan mulai memasuki masa berkembangbiak atau yang lebih dikenal dengan istilah masa reproduksi. Pada umumnya, usia ayam betina yang pas untuk memulai masa reproduksi yaitu sekitar 7-8 bulan, dimana saat itu ayam betina telah siap untuk dibuahi dan memiliki cadangan sel telur di dalam tubuhnya. Kondisi fisik ayam yang telah siap untuk dibuahi dapat terlihat dari pancaran bulu yang berkilap, jari kaki yang memanjang, kaki yang kering, dan bola mata yang bersih dan menjorok ke arah dalam.


Penjelasan Metamorfosis Ayam - Ilmu Pengetahuan

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini seputar metamorfosis ayam. Dan jangan lupa, ikuti dan pantau terus situs ilmu pengetahuan.id untuk mendapatkan informasi, wawasan dan ilmu pengetahuan. Jangan sungkan membagikan ilmu yang telah Anda dapat dari situs ini ke teman teman di sekolah anda. Dengan menshare artikel ini, berarti anda telah mendukung kemajuan situs pendidikan ini. Terima kasih. Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Siklus Hidup


By : Ilmu Pengetahuan