Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan

Masjid Di Jepang
5 Daftar Masjid Di Jepang

Masjid Di Jepang – Bangunan Masjid merupakan tempat peribadahan bagi umat yang memeluk agama islam (muslim). Didalam masjid, ummat muslim melakukan ibadah sholat, dzikir, musyawarah, belajar (kajian), dan segala kegiatan bermanfaat lainnya yang semakin menambah keimanan. Bagi pemeluk agama Islam yang berada di negara Indonesia, tentu tidak sulit untuk bisa menemukan masjid. Sebagaimana yang kita tahu, mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam. Bahkan, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tapi bagaimana, jika kita berada di negara yang mayoritas penduduknya bukan penganut agama islam? Pastinya akan sulit menemukan masjid di negara tersebut.
Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini situs ilmu pengetahuan telah menyusun 5 daftar masjid di salah satu negara yang jumlah penduduk beragama Islamnya adalah kaum minoritas. Benar! negara tersebut adalah JEPANG. Mari kita simak bersama daftar masjid di Jepang selengkapnya dibawah ini.

5 Masjid Di Jepang 

1. Masjid Fukuoka

Masjid Di Jepang
Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan
Model Bangunan : 1 kubah dan 1 Menara
Alamat : 3-2-18 Hakozaki, Higashi-ku, Fukuoka-shi, Postal Code : 812-0053
Keterangan : Masjid Fukuoka atau Fukuoka Mosque adalah masjid pertama di pulau Kyūshū di Jepang. Masjid ini dibangun pada tahun 2009, dan dibuka secara resmi pada 12 April 2009. Masjid ini bertujuan untuk melayani sekitar 1.000 ummat muslim yang berada di Prefektur Fukuoka, sekaligus untuk melayani orang-orang di Jepang yang tertarik dengan agama Islam. Lantai pertama gedung masjid digunakan untuk ruang sholat kaum pria, sedangkan lantai keduanya diperuntukan sebagai ruang sholat kaum wanita. Dibagian lantai dasar, terdapat sebuah aula serba guna, perpustakaan, dan dapur. Adapun lantai ketiga, diperuntukan sebagai ruangan kelas dan dapur.

2. Masjid Kobe

Masjid Di Jepang
Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan
Model Bangunan : 2 Menara
Alamat : 2-25-14 Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kobe-shi, Postal Code: 650-0004
Keterangan : Masjid Kobe atau Kobe Mosque didirikan pada Oktober 1935 di Kobe dan merupakan masjid pertama yang berada di Jepang. Masjid ini dikenal sebagai masjid muslim Kobe (神 戸 ム ス リ ム モ ク). Keberadaan masjid Kobe terletak di salah satu daerah wisata paling terkenal di Kobe, yang masih identik dengan arsitektur bangun khas gaya lama negara barat.

3. Masjid Tokyo Camii

Masjid Di Jepang
Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan
Model Bangunan : Luas bangunan 734 m², luas tanah 1.477m², 2 menara setinggi 41,48 m, dan kubah utama setinggi 23,25 m. 
Alamat : Distrik Ōyama-chō Shibuya, Tokyo, Jepang
Keterangan : Masjid Tokyo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tokyo Camii, merupakan masjid dengan pusat kebudayaan Turki yang terletak di wilayah distrik Ōyama-chō di lingkungan Shibuya di Tokyo, Jepang. Sekitar tahun 1986 masjid ini terpaksa harus dihancurkan karena kerusakan struktural bangunan. Dan pada tahun 1998, masjid ini kembali dibangun oleh arsitektur bernama Muharrem Hilmi Senalp. 

4. Masjid Asakusa

Masjid Di Jepang
Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan
Model Bangunan : 1 kubah dan kapasitas 80 orang
Alamat : 111-0025, Tokyo, Taito-ku, 1-9-12 Higashi Asakusa; Japan.
Keterangan : Masjid Daar Al-Arqam memiliki nama lain yaitu Masjid Askusa. Masjid Asakusa ini berada di wilayah pusat kota Tokyo yang dibangun pada tahun 1998. Masjid Asakusa dikelola oleh Yayasan Masjid Jepang (JMF). Yayasan ini adalah salah satu departemen di Lembaga Lingkaran Islam Jepang, yang tentunya memiliki peranan penting dalam penyebaran atau syiar agama Islam di negara Jepang.

5. Masjid Jepang

Masjid Di Jepang
Masjid Di Jepang – Ilmu Pengetahuan
Model Bangunan : 1 kubah, 4 menara.
Alamat : Tsushima, Aichi Japan.
Keterangan : Masjid Jepang atau The Japan Mosque adalah masjid Muslim Ahmadi, yang terletak di Tsushima, di wilayah pinggiran kota Nagoya, Prefektur Aichi. Masjid Jepang ini resmi dibuka pada 20 November tahun 2015 oleh Mirza Masroor Ahmad, yang merupakan khalifah kelima Komunitas Muslim Ahmadiyah. Saat ini, Masjid Jepang adalah masjid terbesar di negara sakura, dengan daya tampung jamaah sekitar 500 orang.

5 Daftar Masjid Di Jepang 

Wah, jadi tahukan sekarang? Setelah membaca artikel ini, tentu Anda tidak perlu khawatir lagi mencari masjid saat berada di negara Jepang, sebab 5 daftar masjid diatas bisa Anda jadikan referensi tentunya. Itu saja pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa, update terus wawasan dan ilmu pengetahuan Anda hanya di Situs Ilmu Pengetahuan.id. Bye!