Kucing Ras Rekomendasi Buat Kamu – Ilmu Pengetahuan

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing Ras Rekomendasi – Saya rasa banyak yang setuju jika kita mengatakan kucing adalah hewan yang paling banyak merebut hati manusia. Wajah dan tingkah lakunya sangat imut dan menggemaskan seakan mereka memiliki bakat alami untuk dicintai dan disayangi. Dalam istilah ilmiah hewan ini memiliki nama Felis Catus. Jenis hewan yang merujuk pada golongan hewan mamalia pemakan daging atau karnivora. Bila kita menghitung jenis ras kucing yang ada di seluruh dunia, tentu akan ada banyak sekali. Masing – masing dari ras kucing pun memiliki keunikan tersendiri, baik ukuran, bentuk, ataupun rambut yang dimiliki. Namun, dari sekian banyak ras kucing tersebut, disini situs ilmu pengetahuan telah menyusun 8 Jenis Kucing Ras Peliharaan Paling Populer yang bisa kami rekomendasikan untuk dipelihara. Baca Juga : Fakta Tentang Buaya Yang Belum Kamu Ketahui

Kucing Ras Rekomendasi Buat Kamu – Ilmu Pengetahuan

1. Kucing Ras Persia

Kucing Ras
Kucing Ras
Sudah tidak terbantahkan lagi. Siapa sih yang tidak kenal dengan nama kucing Ras Persia? Keimutan, keanggunan, dan kelemahlembutan kucing ras Persia ini membuatnya layak menyandang gelar primadona diantara banyak jenis kucing ras diseluruh dunia. Ciri khas-nya yang selalu tenang dan lembut, membuat orang – orang selalu jatuh hati kepada kucing ras yang satu ini. Kucing Persia ini ditandai dengan moncongnya yang pendek, wajah yang bulat, serta rambut yang panjang dan lebat. Pokoknya udah mirip banget sama boneka.

Jenis Kucing Ras Persia ini secara umum terbagi menjadi 4 jenis:

  • Kucing Persia medium
  • Kucing Persia Himalaya
  • Kucing Persia Pesek
  • Kucing Persia hidung datar

2. Kucing Ras Anggora

Kucing Ras
Kucing Ras
Tidak perlu diragukan lagi, kucing ras Anggora adalah yang paling populer di Indonesia, sampai – sampai dikalangan orang awam, seluruh kucing yang terlihat berambut panjang dan lebat selalu dikait -kaitkan dengan kucing Anggora. Jenis kucing Anggora dapat kita kenali dari karakteristik rambut yang panjang dan indah, kaki yang tinggi, badan yang ramping, hidung yang mancung dengan khas wajah berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang dan lebar. Kucing ras Anggora putih dengan ciri khas mata ganjil merupakan jenis Anggora yang paling diminati sampai saat ini.

3. Kucing Ras Maine Coon

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing ras yang satu ini namanya Maine Coon. Kucing Ras ini memiliki habitat asli di negara bagian Maine, Amerika Serikat. Kabarnya, nenek moyang Ras Maine Coon ini masih memiliki hubungan genetik dengan kucing Anggora, dan kucing hutan Norwegia. Asal usul nama kucing ini sendiri berasal dari sebuah legenda, dimana masyarakat saat itu meyakini telah terjadi perkawinan atau persilangan antara kucing setengah liar dengan spesies rakun. Sebab, ekor yang dimiliki kucing Ras Maine Coon ini memiliki kemiripan dengan ekor yang dimiliki rakun. Dari sinilah nama kucing ras Maine Coon berasal. Maine sendiri adalah nama dari negara bagian Amerika Serikat, dan Coon diambil dari kata “Racoon” yang berarti rakun. Kucing Ras Maine Coon termasuk spesies kucing ras yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari spesies kucing ras pada umumnya. Berat kucing jantan Maine Coon ini bisa tumbuh dengan berat mencapai 9 kg, adapun Maine Coon betina bisa tumbuh dengan berat mencapai 6 kg. Kucing ras Maine Coon memiliki rambut yang lembut, panjang dan juga lebat, terlebih lagi rambut yang tumbuh disekitar leher Maine Coon, terlihat mirip seperti surai yang ada pada singa. Keren deh..

4. Kucing Ras Birman

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing Ras Birman ini berasal dari negara Burma. Kita bisa dengan mudah mengenali spesies kucing ras yang satu ini. Sebab, spesies kucing ini memiliki ciri khas bola matanya yang berwarna biru. Ukuran tubuh dari kucing Ras Birman masih tergolong sedang, tidak terlalu besar tidak juga terlalu kecil. Kucing ras yang satu ini memiliki karakteristik tenang dan tidak terlalu agresif, manja dan cenderung penurut, membuat kucing ras Birman cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Mau pelihara?

5. Kucing Ras Ragdoll

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing ras Ragdoll merupakan jenis kucing ras dengan ciri khas rambut yang lembut dan ukurannya yang tidak terlalu panjang. Para pembaca tidak perlu heran jika sekilas kucing ras ragdoll ini terlihat seperti kucing ras Persia. Karena memang, konon kabarnya spesies kucing ragdoll  merupakan hasil persilangan dari kucing ras Persia. Jadi wajar kalau rada mirip. Teman – teman yang mencari kucing ras dengan karakteristik tubuh yang besar, tegap, namun memiliki sifat yang manja, spesies ras ragdoll adalah pilihan yang sangat tepat. Kucing ini sangat lembut, bersahabat dan tidak agresif. Spesies kucing ras ragdoll sangat cocok dijadikan hewan peliharaan karena memiliki kecerdasan yang cenderung tinggi dibandingkan spesies kucing ras pada umumnya.

6. Kucing Ras Exotic Short Hair

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing apalagi ini? ini adalah kucing ras Exotic Short Hair. Kucing ini merupakan kucing ras hasil persilangan antara kucing ras berbulu pendek Amerika dengan kucing ras Persia. Karakteristik, kepribadian, dan masalah kesehatan yang biasa di alami exotic short hair ini sama seperti apa yang dimiliki dan dialami kucing ras Persia. Kucing ras Exotic Short Hair bisa kita kenali dari bentuk badan yang pendek, otot yang kuat, bahu yang besar, dan tentunya bulu atau rambut yang pendek. Berat kucing ras exotic short hair ini bisa tumbuh mencapai 6 kg. Tampilan wajah kucing ras ini sangat khas dan benar – benar cocok dengan namanya exotic. Kucing jenis ini benar benar sangat unik, kepalanya besar, pipinya bulat dan berisi, dahinya lebar dan bola matanya besar membulat. Ciri khas lainnya bisa kita tandai dengan melihat seluruh anggota tubuhnya yang serba pendek, seperti ekor yang pendek, kaki yang pendek, leher yang pendek, sampai telinga yang dimiliki kucing ras yang satu ini pun juga ikut ikutan pendek dan kecil. 

7. Kucing Ras Scottish Fold

Kucing Ras
Kucing Ras
Kucing ras yang satu ini berasal dari Skotlandia. Kita dapat mengenal kucing ini dari telinganya yang berlipat. Dengan perawatan yang baik, kucing ras jenis ini bisa tumbuh dengan berat mencapai 6 kg (untuk jantan), dan 4 kg (untuk bentina). Bukan hanya telinganya yang berlipat, kucing scottish fold ini memiliki ciri khas mata yang besar dan membulat, kaki yang pendek, leher yang pendek, serta hidung yang pesek. Namun sedikit disayangkan, ternyata kucing ras scottish fold ini tergolong spesies ras kucing yang rentan terhadap penyakit. Secara umum golongan scottish fold ini biasa mengalami penyakit ginjal polikistik (sejenis kista yang tumbuh pada ginjal), serta kardiomiopati (kelainan pada jantung), Sejauh ini spesies kucing scottish fold diperkirakan bisa mencapai usia 15 tahun.

8. Kucing Ras Turkish Van 

Kucing Ras
Kucing Ras
Jika teman teman pembaca menganggap kucing adalah hewan yang sangat benci dengan air, sepertinya hal tesebut tidak berlaku bagi spesies kucing ras Turkish Van.  Lihatlah, betapa sukanya kucing ras ini bermain air,  sampai – sampai spesies ras Turkish van ini diberi gelar sebagai “Kucing Perenang“. Kucing Ras Turkish Van jantan biasanya bisa tumbuh seberat 7 kg, sedangkan yang betina biasanya bisa tumbuh dengan berat sekitar 6kg. Jenis kucing ini bisa kita kenali dari kepalanya yang berbentuk segitiga, hidung tidak terlalu mancung juga tidak terlalu pesek, ukuran dagu yang kecil, tulang pipi menonjol, serta daun telinga yang panjang dan lebar. Kucing Ras Turkish van ini sangat senang bermain air. Maka jangan heran kalau kita sering melihat kucing ras ini bermain disekitar bak mandi, kolam renang, bahkan wastafel, seperti pada gambar diatas.
Baiklah, itu saja pembahasan situs ilmu pengetahuan kali ini mengenai kucing ras rekomendasi buat para pembaca yang tertarik memelihara kucing. Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa.!

By : Ilmu Pengetahuan