Jembatan Terpanjang di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Jembatan Terpanjang di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Master
Monday, May 6, 2019

Jembatan Terpanjang di Dunia
Jembatan Terpanjang di Dunia


Jembatan Terpanjang di Dunia - Ilmu Pengetahuan


Seperti judul yang sudah kita semua lihat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar 10 jembatan terpanjang di dunia, yang tentunya akan sangat menarik serta menambah wawasan pengetahuan kita semua. Design jembatan yang akan kita sampaikan kali ini memiliki variasi yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya, dan tentunya, jembatan ini telah di desain sesuai dengan fungsi, karakteristik alam, serta sifat medan dimana jembatan ini dibangun. Baiklah, untuk mempersingkat waktu kita, langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai daftar 10 Jembatan Terpanjang di Dunia. Baca Juga : Kapal Selam Terbesar Di Dunia

Jembatan Terpanjang di Dunia
Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan Terpanjang di Dunia

1. Hong Kong–Zhuhai–Macau Bridge

Panjang : 55 km
Biaya pembangunan : $ 20 Milyar
Lokasi : Hongkong
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Pertama adalah Zhuhai Macau Bridge. Tidak tanggung tanggung, jembatan ini dibangun menggunakan 400.000 ton baja, dimana jumlah baja ini cukup untuk membangun sebanyak 60 Menara Eiffel. Selama masa konstruksi, terdapat sebuah musibah, diperkirakan sebanyak 18 pekerja telah tewas dalam proyek Hong Kong–Zhuhai–Macau Bridge. Cukup prihatin ya.


2. Lake Pontchartrain Causeway

Panjang : 38.442 km
Biaya pembangunan : $ 30 juta
Lokasi : Amerika Serikat
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Kedua adalah Lake Pontchartrain Causeway. Jembatan ini terdiri dari dua jalur paralel yang melintasi Danau Pontchartrain di Louisiana selatan, Amerika Serikat. Diperkirakan, panjang kedua jalur jembatan ini sekitar 23,83 mil (38,35 km). Ujung selatan Causeway berada di wilayah Metairie, Louisiana, yaitu sebuah wilayah di pinggiran kota New Orleans. Sedangkan ujung utara Causeway berada di Mandeville, Louisiana.


3. Manchac Swamp Bridge

Panjang : 36,69 km
Biaya pembangunan : $ 7 juta / mil
Lokasi : Amerika Serikat
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Ketiga adalah Manchac Swamp Bridge.  Jembatan ini terletak di St. John the Baptist Parish /Tangipahoa Parish, Louisiana, USA. Di Koordinat 30.302946°N 90.405807°W. Jembatan ini dibuka pada tahun 1979. Dan tiang-tiangnya tertancap sedalam 250 kaki (76 m) di bawah rawa. Diperkirakan biaya pembangunan jembatan ini mencapai $ 7 juta per mil-nya.


4. Runyang Yangtze River Bridge

Panjang : 35,66 km
Biaya pembangunan : ~ $ 700 juta
Lokasi : Jiangsu, China
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Keempat adalah Jembatan Sungai Runyang Yangtze. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang melintasi Sungai Yangtze disekitar wilayah Provinsi Jiangsu, Cina, di hilir Nanjing. Estimasi panjang jembatan ini diperkirakan sekitar 22,16 mil (35,66 km). Penduduk di sekitar wilayah jembatan Yangtze dapat mencapai lokasi Stasiun Kereta Api Zhenjiang dari Yangzhou, hanya sekitar 40 menit saja.


5. Hangzhou Bay Bridge

Panjang : 35,673 km
Biaya pembangunan : ~ $ 1,5 Miliyar
Lokasi : Jiaxing, Cixi City, China
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Kelima adalah Jembatan Hangzhou Bay. Jembatan ini pertama kali dibuka, sekitar 26 Juni tahun 2007. Jembatan Hangzhou Bay merupakan jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan ini diperkirakan telah menghabiskan dana sekitar $ 1,5 miliar. Estimasi panjang jembatan ini sekitar 35,673 km. Jembatan Hangzhou Bay merupakan salah satu jembatan trans-samudera terpanjang di dunia saat ini.

Jembatan Terpanjang di Dunia - Ilmu Pengetahuan


6. Donghai Bridge

Panjang : 32,5 km
Biaya pembangunan : ~ $ 1,2 Milyar
Lokasi : Shanghai dan Yangshan Port
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Keenam adalah Donghai Bridge. Jembatan ini adalah jembatan Tiongkok yang termasuk salah satu jembatan lintas laut terpanjang di dunia. Estimasi panjang jembatan ini sekitar ~ 32,5 km. Jembatan ini menghubungkan Area Baru Pudong di daratan Shanghai dengan wilayah Pelabuhan Yangshan Deep-Water lepas pantai di Kabupaten Shengsi, Zhejiang. Lanjut nomor 7..


7. Atchafalaya Basin Bridge

Panjang : 29,29 km
Biaya pembangunan : ~ $ 18 juta
Lokasi : Iberville Parish/ St. Martin Parish, Louisiana, USA
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Ketujuh adalah Atchafalaya Basin. Jembatan ini merupakan sepasang jembatan paralel di negara bagian A.S. Louisiana, antara wilayah Baton Rouge dengan Lafayette. Estimasi total panjang jembatan ini adalah ~ 29,29 km. Jembatan Atchafalaya Basin menempati posisi ketiga sebagai jembatan terpanjang di wilayah Amerika Serikat, dan menempati kursi ketujuh sebagai jembatan terpanjang di dunia.


8. Jiaozhou Bay Bridge

Panjang : 26,7 km
Biaya pembangunan : -
Lokasi : China
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Kedelapan adalah Jiaozhou Bay Bridge. Jembatan ini diinformasikan oleh perusahaan televisi resmi pemerintah, CCTV, menelan biaya sekitar CN ¥ 10 miliar (US $ 1,5 miliar). Sumber lain juga menginformasikan, Jiaozhou Bay Bridge menghabiskan biaya sebanyak CN ¥ 55 miliar (US $ 8,8 miliar). 


9. Jintang Bridge

Panjang : 26,54 km
Biaya pembangunan : -
Lokasi : G9211 Yongzhou Expy, Zhenhai, Ningbo, Zhejiang, Tiongkok
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Kesembilan adalah Jintang Bridge. Jembatan ini adalah jembatan jalan raya tipe kabel pancang yang dibangun di wilayah Zhejiang, Cina di Kepulauan Zhoushan. Jintang Bridge adalah jembatan terpanjang di kepulauan Zhoushan Trans-Oceanic Bridges dengan estimasi panjang sekitar 26,54 km. Pembangunan jembatan ini berhasil menghubungkan antara Pulau Jintang dengan wilayah Zhenhai, Ningbo.



10. Sultan Abdul Halim Muadzam Shah Bridge

Panjang : 24 km
Biaya pembangunan : -
Lokasi : Second Penang Bridge, Bayan Lepas, Penang, Malaysia
Keterangan : Jembatan Terpanjang di Dunia Posisi Kesepuluh adalah Sultan Abdul Halim Muadzam Shah Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di negara Malaysia, sekaligus wilayah Asia Tenggara. Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah telah terdaftar ke dalam Book of Records Malaysia. Jembatan ini juga dilengkapi dengan fitur Bantalan Karet Alam Redaman Tinggi (HDNRB), sehingga mampu meredam dan meminimalisir getaran atau gelombang seismik intensitas tinggi.

Jembatan Terpanjang di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Nah, sudah tahukan sekarang? Ternyata jembatan (Suramadu) di negara kita belum ada apa apanya dibandingkan 10 jembatan diatas. Yah, semoga saja Indonesia segera membangun jembatan panjang lainnya,  yang mungkin menghubungkan Pulau Sumatra dengan Pulau Papua, hehe. Itu saja pembahasan kita kali ini terkait 10 jembatan terpanjang di dunia. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, update terus wawasan dan pengetahuanmu hanya di ilmu pengetahuan.id. Jadilah masyarakat Indonesia yang cerdas dan berwawasan luas. Bye! Baca Juga : Kapal Laut Terbesar di Dunia

By : Ilmu Pengetahuan

Source : Google