Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Gurun Pasir Terluas Di Dunia
Gurun Pasir Terluas Di Dunia


Gurun Pasir Terluas Di Dunia
 – Bila Anda belum mengetahui apa itu gurun, gurun adalah suatu daerah / kawasan yang menerima lebih sedikit curah hujan dari wilayah normal pada umumnya. Dan biasanya curah hujan didaerah gurun berada dibawah angka 250mm/tahun. Bukan hanya itu, spesies makluk hidup yang biasanya dapat bertahan diwilayah gurun jumlahnya juga sangat sedikit dan memiliki keistimewaan khusus dibandingkan dengan makhluk hidup pada di wilayah non gurun. 

Mungkin secara umum, pandangan masyarakat terhadap gurun sangat identik dengan padang pasir, meskipun sebenarnya gurun tidak harus selalu berupa tanah kering alias padang pasir yang gersang. Sebab, makna atau definisi gurun itu sendiri bisa mencakup kawasan beku yang minim curah hujan seperti wilayah Antartika atau Arktik.
Dan berangkat dari kalimat pembuka kita di atas, dan judul yang sudah kita lihat bersama, tentu semua sudah mengetahui bahwa kita akan membahas mengenai 10 Gurun Pasir Terluas Di Dunia. Tapi sebelum lanjut, kami ingin sedikit mengingatkan kepada para pembaca. Tambah terus informasi dan wawasan pengetahuanmu hanya di situs ilmu pengetahuan.id. Kami akan menyajikan beragam info menarik yang tentunya sarat akan manfaat dan mencerdaskan masyarakat indonesia. 

Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Gurun Pasir Terluas Di Dunia
Gurun Pasir Terluas Di Dunia

1. GURUN SAHARA

Luas : 9.200.000 km²
Lokasi : Afrika Utara
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Pertama Adalah Gurun Sahara. Gurun ini Merupakan gurun pasir terbesar dan paling luas di dunia. Bagian tengah dari gurun ini adalah kawasan yang paling gersang,  dan tidak ada vegetasi yang tumbuh di kawasan ini.

2. GURUN ARAB

Luas : 2.330.000 km²
Lokasi : Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Kedua Adalah Gurun Arab. Curah hujan tahunan di gurun ini rata-rata sekitar 100mm, namun di titik kawasan / daerah yang paling kering, volume curah hujan bisa jauh lebih ekstrem. Diperkirakan hanya menerima curah hujan sekitar 30-40 mm saja dalam setahun.

3. GURUN KALAHARI

Luas : 900.000 km²
Lokasi : Afrika Selatan
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Ketiga Adalah Gurun Kalahari. Gurun ini merupakan sabana semi-kering yang luas, dan terletak di wilayah Afrika selatan. Gurun Kalahari juga merupakan rumah bagi beberapa vegetasi khusus, dimana sebagian besarnya merupakan bentuk tanaman gurun seperti jenis kaktus dan semak tertentu. Lanjut ke posisi 4.

4. GURUN SURIAH

Luas : 500.000 km²
Lokasi : Suriah, Yordania, Arab Saudi, dan Irak
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Keempat Adalah Gurun Suriah. Gurun ini merupakan gurun yang sangat unik. Karena merupakan perpaduan antara gurun pasir sejati dengan Stepa (padang rumput).  Gurun Suriah mencakup sebagian dari wilayah Suriah, Irak, Yordania, dan Saudi Arabia.

5. GURUN CHIHUAHUA

Luas : 362.600 km²
Lokasi : Meksiko dan AS
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Kelima Adalah Gurun Chihuahua. Gurun ini merupakan gurun terbesar ketiga di wilayah bumi bagian barat dan merupakan yang terbesar kedua di wilayah Amerika Utara, setelah Gurun Lembah Besar. Next posisi ke 6.

Gurun Pasir Terluas Di Dunia

6. GURUN GREAT VICTORIA

Luas : 348.750 km²
Lokasi : Australia
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Keenam Adalah Gurun Great Victoria. Gurun ini berada pada koordinat -29° 09′ 7.78″ S dan 129° 15′ 34.72″ di wilayah Australia Barat dan Australia Selatan. Adapun ukurannya, gurun ini memiliki lebar lebih kurang 800 km, dengan cakupan wilayah seluas 348.750 km².

7. GURUN THAR

Luas : 320.000 km²
Lokasi : India dan Pakistan
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Ketujuh Adalah Gurun Thar. Selain nama “Gurun Thar“, gurun ini juga biasa disebut dengan “Gurun Besar India“. Di dalam wilayah gurun ini terdapat beberapa danau air asin, seperti : Sambhar, Kuchaman, Didwana, dan Kharaghoda. Terkait penyebab munculnya rasa asin pada air danau diatas, berasal dari pelapukan bebatuan di wilayah tersebut.

8. GURUN GREAT SANDY

Luas : 284.993 km²
Lokasi : Australia
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Kedelapan Adalah Gurun Great Sandy. Gurun ini merupakan gurun pasir terbesar kedua di kawasan Australia setelah Gurun Great Victoria. Gurun Great Sandy meliputi wilayah seluas 284.993 km². Lanjut ke posisi ke 9.

9. GURUN SONORAN

Luas : 260.000 km²
Lokasi : Meksiko dan AS
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Kesembilan Adalah Gurun Sonoran. Gurun ini merupakan gurun Amerika Utara yang mencakup sebagian besar wilayah Amerika Serikat Barat Daya di wilayah Arizona dan wilayah California, termasuk Meksiko Barat Laut. Next posisi terkahir.

10. GURUN SIMPSON

Luas : 176.500 km²
Lokasi : Australia
Penjelasan Singkat : Gurun Pasir Terluas Di Dunia Posisi Kesepuluh Adalah Gurun Simpson. Gurun ini merupakan gurun pasir terbesar keempat di wilayah Australia. Gurun Simpson memiliki satu ciri khas yang jarang dimiliki oleh gurun pasir pada umumnya, dimana butiran pasir pada gurun Simpson ini cenderung berwarna kemerah-merahan.

Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Sekian dulu penjelasan kita kali ini mengenai Gurun Pasir Terluas Di Dunia. Jangan lupa update terus informasi dan wawasan pengetahuanmu hanya di Ilmu Pengetahuan.id. Jangan lupa, bantu share artikel ini di sosial media anda sebagai bentuk support terhadap situs ini. Karena dengan support andalah kami dapat semangat untuk mengupdate beragam ilmu pengetahuan lainnya. Terimakasih dan sampai jumpa.!