Gedung Tertinggi Di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Gedung Tertinggi Di Dunia - Ilmu Pengetahuan

Master
Thursday, May 23, 2019

Gedung tertinggi di dunia
Unsplash.com

Gedung Tertinggi Di Dunia - Halo semua, kembali lagi di Situs ilmu pengetahuan. Media yang berisikan wawasan seputar ilmu pengetahuan umum, negara, geografi, biologi, kesehatan, sosial dan dunia hewan. Ketika seseorang memiliki wawasan yang luas, umumnya ia akan terlihat lebih bijaksana dan percaya diri ketika sedang bersosialisasi. Ngomong ngomong soal wawasan luas, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini situs ilmu pengetahuan.id telah merangkum 10 gedung tertinggi di dunia yang tentunya akan menambah wawasan pengetahuan Anda, khususnya dalam bidang pengetahuan umum. Nah untuk menghemat waktu kita, mari langsung saja kita simak bersama uraian selengkapnya di bawah ini.


Gedung Tertinggi Di Dunia - Ilmu Pengetahuan


1. Burj Khalifa (830m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi pertama adalah Burj Khalifa. Mungkin masih ada yang belum pernah mendengar nama gedung yang satu ini. Namun tahukah Anda, sampai saat ini (sampai artikel ini terbit), yang menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa. Gedung ini terletak di Dubai. Dan dibangun dalam tempo 6 tahun (Estimasi: 2004-2010). Gedung pencakar langit ini memiliki 160 lantai. Kebayang tidak kalau liftnya rusak, terus harus turun dari lantai paling atas. Pasti capek banget.
Gedung tertinggi di dunia
http://www.skyscrapercenter.com/building
/burj-khalifa/3


2. Tokyo Skytree (634m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi kedua adalah Tokyo Skytree. Gedung ini memiliki beragam fungsi, seperti :sebagai menara siaran, ruang observasi dan tempat rekreasi. Gedung Tokyo Skytree dibangun dalam kurun waktu 4 tahun (estimasi). Pembangunan gedung ini telah menghabiskan dana sekitar 40 Miliar Yen. Gedung ini terletak di wilayah sumida, Tokyo, Jepang. Gedung Tokyo Skytree dirancang oleh Niken Sekkei dengan menerapkan teknologi arsitektur tahan gempa. Penerapan teknologi tahan gempa ini tentu sangat penting, mengingat Jepang adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia.

Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com
/building/tokyo-sky-tree/9107


3. Shanghai Tower (632m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi ke3 adalah gedung Shanghai Tower. Pembangunan gedung ini memakan waktu selama 7 tahun oleh arsitek bernama marshall strabala dan Jun xia. Melihat jumlah lantai yang teramat banyak dari gedung ini, tentu Shanghai Tower memiliki beragam fungsi, seperti: sebagai perkantoran, restoran, pertokoan, Sky lobby dan pusat rekreasi. Pembangunan Shanghai Tower ini menghabiskan dana sekitar 2,2 miliar US Dollar. Gedung ini memiliki 121 lantai.
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/building/
shanghai-tower/56

4. Makkah Royal Clock Tower (601m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi keempat adalah Mekkah Royal Clock Tower. Gedung ini dihiasi emas seberat 35 kg berbentuk bulan sabit pada bagian puncaknya. Makkah Royal Clock Tower juga dikenal dengan sebutan Abraj Al Bait Tower. Proses pembangunan gedung ini memakan waktu lebih kurang 8 Tahun Lamanya. Makkah Royal Clock Tower memiliki fungsi utama sebagai tempat akomodasi para jemaah haji. Di sisi gedung ini terdapat sebuah Jam raksasa yang memiliki ukuran 3 kali lipat dari Jam raksasa Big Ben di London. Dan menariknya, pada malam hari jam ini akan mengeluarkan cahaya hijau yang dapat dilihat sejauh 17 km, dan pagi hari akan terlihat putih bahkan dari Jarak 12 km. Pada bagian hiasan jam Makkah Royal Clock Tower, terdapat dua juta buah lampu LED yang akan menyala pada setiap waktu shalat tiba. Dan yang membuat semakin amazing adalah cahaya dari lampu LED tersebut dapat terlihat sejauh 28 km. 
Gedung tertinggi di dunia
http://www.skyscrapercenter.com/
building/makkah-royal-clock-



5. World Trade Center (546m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi kelima ditempati oleh World Trade Center. Gedung ini juga dikenal dengan sebutan menara kembar 110 lantai. World Trade Center terletak di pusat kota New York City. Gedung World Trade Center difungsikan sebagai ruang perkantoran dan dirancang oleh salah seorang arsitek Jepang - Amerika bernama Minoru yamasaki. Pada tanggal 11 september tahun 2001, gedung World Trade Center mengalami musibah besar. Gedung tersebut hancur dihantam pesawat terbang, dan memakan banyak korban jiwa. Diperkirakan, tragedi yang dikenal dengan sebutan 911 tersebut merenggut sebanyak 3000 jiwa manusia.
Gedung tertinggi di dunia
https://www.panynj.gov/wtcprogress/
events-091101.html


6. Wilis Tower (527m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi keenam adalah Wilis Tower. Gedung pencakar langit ini dirancang oleh Skidmore, owings, dan merill dalam kurun waktu 4 tahun (sejak 1970-1974). Sebelum disematkan dengan nama Wilis Tower, gedung ini sempat memiliki nama Sears Tower. Namun pada tahun 2009 silam, namanya diubah menjadi Wilis Tower. Tentunya pengubahan nama gedung ini ada sebabnya. Alasan terbesarnya adalah mayoritas ruangan dari gedung ini dipakai oleh Wilis group. Pembangunan gedung pencakar langit ini didanai langsung oleh konglomerat bisnis eceran sears, roebuck and company. Gedung Wilis Tower memiliki 108 lantai, dengan total ketinggian sekitar 527 meter mencakup bagian tiang antena. 
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/
building/willis-tower/169


7. Taipei 101 (508m)

Berikutnya adalah Gedung Taipei 101. Pembangunan gedung pencakar langit ini lebih kurang memakan waktu sekitar 5 tahun. Pembangunan gedung raksasa di kota Taipei, Taiwan ini dirancang oleh seorang arsitek bernama C. Y. Lee. Taipei 101 sempat memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia pada tahun 2004 yang lalu. Gedung pencakar langit Taipei 101 memiliki sebuah keistimewaan, dimana lift dari gedung ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 60,6 km per jam, dan mampu membawa penumpang dari lantai 5 ke lantai 89 hanya dalam waktu 37 detik saja. Gedung yang dibangun dengan menghabiskan dana  1,934 miliar US Dollar ini memiliki 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai di bawah tanah. Gedung pencakar langit yang berbentuk mirip dengan pagoda ini berhasil memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia selama 6 tahun (sejak 2004-2010).
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/
building/taipei-101/117


8. Shanghai World financial Center (492m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi kedelapan adalah Shanghai World Financial Center. Pembangunan gedung ini telah menghabiskan dana sebanyak 1,2 miliar US dollar. Gedung pencakar langit ini difungsikan sebagai : Kantor, hotel, museum, pengamatan, tempat parkir, dan retail di wilayah kota Shanghai. Gedung yang dirancang oleh William pedersen ini sangat indah dan menarik, dimana bagian atas dari gedung ini tampak menyerupai pembuka botol raksasa Jika dilihat dari atas. Pembangunan Shanghai World Financial Center memakan waktu hingga 11 tahun lamanya (sejak 1997-2008). Saat ini, Gedung hanghai World Financial Center menduduki posisi ke 8 sebagai gedung tertinggi di dunia.
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/build
ing/shanghai-world-financial-center/131


9. International commerce Center (484m)

Gedung Tertinggi Di Dunia posisi kesembilan adalah International Commerce Center. Gedung pencakar langit ini dibangun pada tahun 2002 dan baru rampung pada tahun 2010 yang lalu. International Commerce Center memiliki lantai sebanyak 108 lantai, dimana fungsi utama dari gedung ini antara lain sebagai: hotel, ruang observasi, perkantoran, garasi parkir dan ritel. Pada saat peresmiannya, International Commerce Center sempat menjadi gedung tertinggi ke-4 di dunia (tahun 2010). Saat ini International Commerce Center menjadi bangunan tertinggi ke-5 di dunia berdasarkan jumlah lantainya. Pada tanggal 13 September 2009 sempat terjadi peristiwa, di mana 6 pekerja tewas akibat kecelakaan poros lift.
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/
building/international-commerce-centre/137


10. Petronas Twin Tower (451,9)

Gedung Tertinggi Di Dunia Posisi kesepuluh adalah Petronas Twin Tower atau menara kembar petronas. Meski saat ini Menara Petronas menduduki posisi kesepuluh, namun gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dari tahun 1998-2004. Gedung Petronas Twin Tower memiliki 88 lantai dan merupakan kantor minyak kelapa sawit terbesar Se-Asia. Gedung yang dirancang oleh César Pelli ini memiliki pondasi sedalam 120 meter dan menghabiskan biaya hingga 1,6 miliar US Dollar. Pada tanggal 12 September tahun 2001, terjadi sebuah peristiwa heboh di Gedung Petronas Twin Tower. Saat itu ribuan Orang berhamburan keluar dari gedung Petronas, karena telah menerima ancaman Terror bom. Gedung Petronas Twin Tower berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia.
Gedung Tertinggi Di Dunia
http://www.skyscrapercenter.com/
complex/154


Mungkin itu saja wawasan pengetahuan yang bisa kami bagikan di sore yang berbahagia ini terkait 10 gedung tertinggi di dunia, semoga bermanfaat. Baca juga rubrik pengetahuan lainnya di situs ini untuk menambah kekayaan ilmu Anda. Sampai jumpa!


By : Ilmu Pengetahuan