Apa itu Nanoteknologi - Ilmu Pengetahuan

Apa itu Nanoteknologi - Ilmu Pengetahuan

Master
Tuesday, May 28, 2019

Apa itu Nanoteknologi
Apa itu Nanoteknologi

Apa itu Nanoteknologi - Nanoteknologi adalah cabang ilmu teknologi yang menangani partikel dengan ukuran kurang dari 100 nanometer, khususnya pengelolaan partikel dan bit diskrit. Bidang ini (Nanoteknologi) memerlukan metode dalam ukuran skala ultra-kecil dan telah berkembang menjadi bidang studi teknis yang mendalam. Berbagai aplikasi nanoteknologi saat ini berusaha untuk memperbaiki beberapa masalah signifikan yang telah terjadi selama bertahun-tahun lamanya. Beberapa masalah tersebut biasanya terkait dengan masalah hukum, lingkungan, etika, medis, dan mental.


Apa itu Nanoteknologi - Ilmu Pengetahuan


Penerapan Nanoteknologi

Dalam pengaplikasian atau penerapan sistem nanoteknologi biasanya akan mencakup beragam aspek kehidupan saat ini seperti : bidang elektronik, biomedis, optik, biologi, komputasi, komunikasi, dan teknik. Pemerintah sepenuhnya mendukung proyek-proyek yang bertujuan memajukan nanoteknologi melalui pembentukan Inisiatif Nanoteknologi Nasional.


Manfaat Nanoteknologi Dalam Pengobatan

Dalam dunia kesehatan, nanoteknologi berperan sangat penting dalam membantu perkembangan signifikan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi seputar kesehatan. Melalui penggunaan nanoelectronic biosensors dan nanomaterials, inovasi kesehatan dan pengobatan yang lebih baik dapat terwujud. Industri farmasi mengharapkan ide-ide baru dapat selalu muncul, terutama melalui pemberian obat, pencitraan vivo, dan terapi baru. Di masa depan, diharapkan nanoteknologi dapat membantu memperbaiki jaringan dan sel tubuh melalui nanoteknologi molekuler.


Peran Nanoteknologi Terhadap Lingkungan Hidup

Sistem nanoteknologi sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah terkait dengan lingkungan hidup. Nanoteknologi akan mencari solusi jangka panjang untuk pencemaran lingkungan yang semakin hari semakin mengancam kondisi bumi kita saat ini. Dengan Green nanotechnology kita akan menciptakan sebuah produk yang tidak hanya bermanfaat bagi kita, namun juga bertujuan untuk menjaga lingkungan hidup dari pencemaran lingkungan. Teknologi ini, nantinya akan menghasilkan suatu produk yang tidak berbahaya bagi lingkungan hidup, menggunakan suhu yang rendah, dan tentunya ramah lingkungan. 


Manfaat Nanoteknologi Dalam Perkembangan Pertanian

Nanoteknologi juga berupaya memberikan solusi untuk ketahanan pangan. Secara global, masalah yang ditimbulkan oleh kekeringan telah menyebabkan pengurangan produksi pangan khususnya di sektor pertanian. Dalam hal ini, sistem nanoteknologi akan membantu teknologi yang ada dari Genetically Modified Organisms (GMOs) dalam menemukan cara baru untuk meningkatkan produksi pangan. Disamping itu, nanoteknologi bertujuan untuk menghilangkan bahaya yang terkait dengan GMO. Oleh karena itu, penggunaan sistem nanoteknologi secara luas akan mengarah pada produksi pangan yang lebih baik dan berusahan meningkatkan hasil produksi pertanian, guna meminimalisir ancaman kelaparan yang telah banyak merenggut nyawa di berbagai negara miskin.


Peran Nanoteknologi Dalam Rekayasa & Sains

Nanoteknologi juga berperan penting dalam bidang teknik. Melalui nanoteknologi, ilmu teknik akan berkembang menjadi lebih tepat dan jauh lebih handal. Tingkat akurasi yang tinggi didalam ilmu teknik telah menunjukkan pengurangan yang signifikan terhadap berbagai masalah mekanik yang telah merajalela, seperti: kecelakaan kerja atau bahkan kematian. Dalam biologi, nanoteknologi juga berperan penting dalam membantu mempelajari jaringan dan sel secara lebih akurat. Dalam kimia, penggunaan sistem nanoteknologi akan membantu kita menemukan lebih banyak unsur dan atom saat penelitian, sehingga riset yang kita lakukan akan lebih baik dibandingkan dengan studi sebelumnya. Terakhir, nanoteknologi juga digunakan dalam penelitian dan desain (R &) untuk meningkatkan hasil riset serta inovasi. Kemajuan teknologi dalam penelitian melalui bidang ini akan mengarah pada penemuan yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan manusia.


Apa itu Nanoteknologi Dan Penjelasannya

Penggunaan sistem nanoteknologi dalam beberapa tahun terakhir ini, telah membawa peningkatan yang signifikan sangat banyak dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, para ahli telah memperingatkan terkait beberapa dampak negatif dari nanoteknologi yang masih belum diketahui. Dampak negatif dari partikel nano kecil ini dapat menyebabkan masalah besar di masa depan jika langkah-langkah baru tidak segera ditemukan. Oleh karena itu, nanoteknologi harus diteliti dengan sangat cermat, untuk menentukan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh akumulasi partikel nano di tengah tengah lingkungan kita.

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini terkait apa itu nanoteknologi, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita. Bila kamu rasa artikel ini bermanfaat, bantu share di sosial mediamu sebagai bentuk dukunganmu dalam membangun situs ilmu pengetahuan. Dengan bantuan share darimu berarti kamu telah berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa. Trims.


By : ILMU PENGETAHUAN
Source Photo : Rost-9D/iStockphoto